Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Renungan Pagi Keluarga Kristen 2021 Oktober Bahan Saat Teduh

Renungan Pagi Keluarga Kristen 2021 Oktober Bahan Saat Teduh

Renungan Kristen Seri Oktober

Ketika Kristus menjadi pusat kehidupan, pertumbuhan iman haruslah menjadi yang utama, kehidupan rohani yang semakin sehat. Haruslah  kehidupan Kristen kita, terus berjalan untuk semakin serupa Kristus, semakin mengasihi apa yang Kristus kasihi dan membenci yang Yesus benci.

Berjuang untuk tetap ada dalam kehidupan yang kudus, kehidupan yang suci, kehidupan yang mengasihi jiwa-jiwa. Di  mana Yesus disalibkan untuk menyelamatkan jiwa yang terhilang, jiwa yang mati untuk dapat bangkit kembali bersama-sama dengan Dia. Hidup dalam kemuliaan Allah dan terus menikmati kemuliaan itu, sampai selama-lamanya.

Renungan pagi, saya berdoa kiranya melalui renungan kali ini, kehidupan Anda semakin betumbuh, bertobat dan melihat hanya kepada keindahan Kristus. Kuasa yang benar-benar besar dan baiklah Anda dan saya kagum hanya kepada kuasa yang besar ini dan hidup untuk memuliakan dan kagum pada di dalam kemuliaan dan kebesar Allah, semakin hari semakin mengasihi jiwa-jiwa.

Baca Juga:

Renungan Pagi Keluarga Kristen 2021 Oktober Bahan Saat Teduh

1. Manis seperti madu

Bacaan Injil Renungan Keluarga Harian Oktober 2021

Ayat Alkitab Amsal 16:24

Amsal 16:24 (TB) Perkataan yang menyenangkan adalah seperti sarang madu, manis bagi hati dan obat bagi tulang-tulang.

Terkadang hati saya lebih dipenuhi oleh kedengkian daripada rasa syukur dan mulut saya lebih banyak mengucapkan keluhan daripada rasa syukur dan mulut saya lebih banyak mengucapkan keluhan daripada pujian. Terkadang saya lebih memilih kesembuhan saya dari rsasa sakit daripada manisnya kehadiran Allah. ~ Paul David Tripp “Penderitaan” 159

Saya langsung saja, ini bukan tentang perkataan yang manis dari sesama, bukan juga sebuah kata penghiburan bagi diri bahwa semuanya baik-baik saja. Bukan juga sebuah pujian bahwa Anda seorang yang luar biasa dan pandai. Padahal Anda pemalas dan tidak pernah mengerjakan sesuatu dengan sungguh-sungguh.

Perkataan yang menyenangkan di sini, saya tidak ingin Anda salah memahaminya. Saya tidak ingin Anda berbohong untuk sesuatu yang menyenangkan. Maka Anda tidak tegas terhadap diri Anda untuk meninggalkan dosa. Untuk sesuatu yang menyenangkan maka Anda sebagai  pengkotbah berusaha menyenangkan telinga pendengar Anda, maka Anda berbohong. Ketika melakukan hal baik, maka tingkap langit terbuka. Pengkotbah yang demikian harus bertobat.

Hanya perkataan Allah, yang benar-benar menyenangkan, firman adalah makanan rohani, suatu kesukaan bagi kehidupan yang telah ditebus dengan darah yang mahal. Kristus yang telah menjadi manusia, disalibkan dan bangkit. Ini semua tentang Anda dan saya mati atas dosa dan bangkit untuk hidup bersama-sama Roh Kudus dan berjalan di jalan menyakitkan. Karena jalan ini melawan natur  Anda dan saya yang berdosa dan membawa kita pada rasa manis yang sejati, kesenangan yang sejati kekal.

Pemazmur dengan jelas memberikan kepada kita, bahwa yang manis bagi diri, hanyalah janji Allah (Mazmur 119:103). Madu ini berisi kehidupan kekal, kemuliaan yang hilang ada dalam Dia, Dia yang telah disalibkan dan menghidupkan manusia yang mati.

Rasa manis setiap ayat firman, merupakan kasih karunia yang besar, Anda dan saya dapat mengerti firman karena Roh Kudus ada dalam kita, Roh Kudus bersemayam dan kehidupan kita diperbaharui dari hari ke hari. Oleh kuasa Ilahi dari Allah Roh Kudus, dijadikan baru dan hidup hanya untuk menikmati kemuliaan Allah melalui Alkitab yang kita sukai, firman yang memperkenalkan kita, Allah yang menyelamatkan kita dari kutuk dosa yang mengerikan.

Kesenangan hanya ketika kekudusan yang Kristus berikan benar-benar ada di dalam kita, marilah kita berjuang untuk hidup dalam kekudusan. Kesenangan dan kegemberaan ketika firman meresap di dalam hati dan pikiran, berdoalah sehinga Roh Kudus benar-benar nyata bagi Anda dan saya ketika kita mempelajari firman. Dan tidak ada kesenangan dalam kehidupan tanpa firman Allah, tidak akan pernah ada kegembiraan ketika Kristus tidak menjadi pusat kehidupan Kristen Anda dan saya.

Baiklah perkataan yang menyenangkan itu, sekarang menjadi bagian Anda dan saya secara nyata, yaitu firman Tuhan, yang direnungkan siang dan malam.

Injil yang menyatakan bahwa Anda dan saya layak binasa. Namu puji Tuhan karena kebesaran belas kasihan Allah, maka kita menerima Kristus sebagai milik berharga. Dia bersama kita dan kita bersama Dia untuk semakin serupa dengan Dia selama-lamanya.

Terimakasih untuk firman yang menyenangkan, untuk hati yang baru dikuasai Roh Kudus, sehingga aku dapat merasakan kebenaran-Mu. Begitu menyenangkan, perkataan-Mu yang mendidik membuatku semakin sadar akan kehidupanku yang berdosa dan harus membenci dosa. dan terimakasih untuk janji-janji-Mu yang terus Kau nyatakan di dalam kehidupanku. Amin.


2. Madu dan gandum

Bacaan Injil Renungan Keluarga Harian Oktober 2021

Ayat Alkitab Mazmur 81:17

Mazmur 81:16 (TB) Tetapi umat-Ku akan Kuberi makan gandum yang terbaik dan dengan madu dari gunung batu Aku akan menyenangkannya.

Saya sangat senang bangun tidur di pagi hari. Saya sangat menyukai fakta bahwa oleh kasih karunia Allah, saya menginvestasikan karunia-karunia saya setiap harinya dalam hal-hal yang memiliki signifikansi kekekalan. ~ Paul David Tripp “Penderitaan” 180.

Gandum dan madu dari Tuhan, tidak selalu baik bagi Anda dan saya, meskipun manis tetapi pada dasarnya pahit bagi tubuh berdosa kita. Gandum yang menyenangkan dan mengenyangkan, akan sangat kurang, ketika daging ingin dipuaskan oleh dosa. karena itu Anda dan saya harus berjuang bersama Kristus untuk mematikan dosa-dosa kita. 

Karena baik itu madu dari Allah dan gandum dari Allah, dapat juga berupa didikan Allah (Ibrani 12). Saudaraku, madu dan gandum bagi Kristus adalah cawan murka Allah (Filipi 2), di mana kemuliaan dari Allah bagi Kristus diawali dengan kesakitan, rasa malu, kesepian, difitnah, diludahi dan mati sebagai seorang penjahat. 

Saya ingin Anda mengerti bahwa cara Allah, menyenangkan Anda dan saya dengan kesenangan sejati. Tidak akan pernah sama dengan apa yang ada di pikiran Anda, menyenangkan bagi kita selalu membawa kita pada kebinasaan dan terus kehilangan kemuliaan Allah.

Saya ingin Anda mengerti bahwa Kristus adalah Roti kehidupan, makanan yang sangat Anda dan saya perlukan, keinginan terdalam diri kita adalah Injil. Di mana Kristus dan pengorbanan-Nya dikabarkan, di mana kasih-Nya satu-satunya sumber sukacita sejati dan didikan-Nya adalah kesukaan sehingga kita semakin hari semakin serupa dengan Kristus saja.

Saudaraku, madu dan gandum dari Allah, merupakan makanan kekal, kalau pun adanya berkat jasmani, itu adalah bonus. Semua itu untuk memberitahukan Anda dan saya untuk selalu melihat kepad Dia yang mengaruniakan Kristus, yang melepaskan kita dari dosa, membawa kita pada hati dan pikiran yang kudus untuk semakin membenci dosa.

Bersukacita dalam rancangan kekal Allah, inilah makanan itu, gandum dan madu dari Allah. Hidup dalam Kristus, melayani Dia bersukacita dalam Dia dan memuji dan memuliakan Allah Bapa. Menyembah dan melihat bahwa diri Anda dan saya tidak ada samasekali hal-hal yang perlu dipertahankan, tidak ada kebenaran yang ada dalam diri kita dan tidak ada hal yang dapat kita berikan kepada Allah, selain dosa dan semua dos aitu diubah menjadi kemuliaan oleh karena Kristus telah menerima hukuman dosa dan kita diberikan kebenaran Kristus.

Makna kasih yang luar biasa besar, kita diberikan secara Cuma-Cuma kekudusan, kebenaran, dan kesucian. Untuk hidup dalam pertobatan setiap hari, hidup dalam kesukaan akan kemuliaan kekal dari Allah. Madu dan gandum itu adalah kemuliaan yang sangat kita perlukan. Hanya ketika Kristus menjadi pusat, hanya ketika Injil satu-satunya yang kita tanamkan di hati dan pikiran setiap hari. Maka manisnya madu, manisnya firman Allah dan rasa kenyang dari Allah, penuh karena Allah yang menciptakan kita.

Maka akhirnya tujuan kita berikutnya adalah melayani sesama. Membagikan madu yang manis itu, berbagi gamdum yang mengenyangkan memuaskan itu dan hidup bagi sesama kita sehingga. Lahir pertobat-petobat yang mengasihi Kristus, rela berkorban untuk Kristus dan hidup dalam kemuliaan setiap hari. Hanya untuk Kristus saja dimuliakan dan dikabarkan dalam kehidupan yang sementara saat ini.

Bapa yang sangat benar, aku bersukacita di dalam didikan-Mu itu adalah gandum dan roti, sukacita sejati yang merusak kecenderungan berdosaku. Dan aku dapat merasakan bagaimana kasih-Mu mengalir dalam hidupku dan aku akan selalu ingin merasakan kehadiran Kristus saja dan biarlah aku melayani Kristus saja, kuasa Roh Kudus yang aku inginkan selalu. Amin.

Posting Komentar untuk "Renungan Pagi Keluarga Kristen 2021 Oktober Bahan Saat Teduh "