Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Tanda Pertumbuhan Orang Percaya dalam Kasih Karunia

 6 Tanda Pertumbuhan Orang Percaya dalam Kasih Karunia oleh JC Ryle

Izinkan saya menerima begitu saja bahwa kita tidak mempertanyakan  realitas  pertumbuhan dalam kasih karunia, dan kepentingannya yang sangat  besar . Sejauh ini bagus. Tetapi sekarang Anda ingin tahu  bagaimana  seseorang dapat mengetahui apakah dia bertumbuh dalam kasih karunia atau tidak?

Saya menjawab pertanyaan itu, pertama-tama, dengan mengamati bahwa kita adalah penilai yang sangat buruk atas kondisi kita sendiri - dan bahwa para pengamat sering kali mengenal kita lebih baik daripada diri kita sendiri. Tetapi saya menjawab lebih lanjut bahwa tidak diragukan lagi ada  tanda-tanda besar dan tanda-tanda pertumbuhan dalam kasih karunia -  dan di mana pun Anda melihat tanda-tanda ini - Anda melihat jiwa yang tumbuh. Sekarang saya akan melanjutkan untuk menempatkan beberapa tanda ini sebelum Anda secara berurutan.

1. Salah satu tanda pertumbuhan dalam kasih karunia adalah kerendahan hati yang meningkat. 

Pria yang jiwanya tumbuh, merasakan  keberdosaan  dan  ketidaklayakannya  sendiri setiap tahun.

  • Dia siap untuk berkata dengan Ayub, "Aku keji!"
  • Dan dengan  Abraham , "Aku debu dan abu!"
  • Dan dengan  Yakub , "Aku tidak layak menerima belas kasihan-Mu!"
  • Dan dengan  David , "Saya cacing!"
  • Dan dengan  Yesaya , "Aku ini seorang yang najis bibir!"
  • Dan dengan  Peter , "Saya orang berdosa, ya Tuhan!"

( Ayub 40:4 ;  Kejadian 18:27 ;  32:10 ;  Mazmur 22:6 ;  Yesaya 6:5 ;  Lukas 5:8 ). Semakin dia mendekat kepada Tuhan, dan semakin dia melihat kekudusan dan kesempurnaan Tuhan - semakin dia menyadari  dosa  dan ketidaksempurnaannya yang tak terhitung jumlahnya. Semakin jauh dia melakukan perjalanan ke Surga - semakin dia mengerti apa yang Paulus maksudkan ketika dia berkata,

"Aku belum sempurna!"

"Aku tidak pantas disebut rasul!"

"Aku kurang dari semua orang suci!"

"Aku adalah kepala orang berdosa!"

( Filipi 3:12 ;  1 Korintus 15:9 ;  Efesus 3:8 ;  1 Timotius 1:15 ).

Semakin matang dia untuk kemuliaan, semakin, seperti jagung matang - dia menundukkan kepalanya. Semakin terang dan jelas terang Injilnya  -  semakin dia melihat kekurangan  dan  kelemahan  hatinya  sendiri. Ketika pertama kali bertobat, dia akan memberitahu Anda bahwa dia hanya melihat sedikit dari mereka – dibandingkan dengan apa yang dia lihat sekarang. Adakah yang tahu apakah dia bertumbuh dalam kasih karunia? Pastikan bahwa Anda mencari ke dalam untuk meningkatkan kerendahan hati.

2. Tanda pertumbuhan lain dalam kasih karunia adalah bertambahnya IMAN dan KASIH terhadap Tuhan kita Yesus Kristus. 

Orang yang jiwanya bertumbuh, menemukan lebih banyak di dalam Kristus untuk beristirahat setiap tahun, dan lebih bersukacita karena dia memiliki Juruselamat yang demikian. Tidak diragukan lagi dia melihat banyak hal di dalam Dia, ketika pertama kali dia percaya. Imannya berpegang pada penebusan Kristus, dan memberinya harapan. Tetapi saat dia bertumbuh dalam kasih karunia, dia melihat ribuan hal di dalam Kristus yang awalnya tidak pernah dia impikan!

Kasih  dan  kuasa -Nya  ,

Hati dan niat-Nya,

Jabatan-Nya sebagai Pengganti, Perantara, Imam, Pengacara, Dokter, Gembala dan Sahabat

 - membuka diri ke jiwa yang tumbuh dengan cara yang tak terkatakan. Singkatnya, dia menemukan  kesesuaian  dalam Kristus dengan kebutuhan jiwanya, yang setengahnya dulu tidak diketahuinya! Adakah yang tahu jika dia bertumbuh dalam kasih karunia? Kemudian biarkan dia melihat ke dalam untuk menambah pengetahuan, dan mengasihi Kristus.

3. Tanda pertumbuhan lain dalam kasih karunia adalah peningkatan KEKUDUSAN hidup dan tingkah laku.  

Orang yang jiwanya bertumbuh, semakin berkuasa atas dosa, dunia dan iblis setiap tahun. Dia menjadi lebih berhati-hati. . .emosinya, perkataannya dan perbuatannya. Ia lebih memperhatikan tingkah lakunya  dalam  setiap hubungan kehidupan. Dia berusaha lebih untuk menjadi serupa dengan gambar Kristus dalam segala hal, dan untuk mengikuti Dia sebagai teladannya  —  juga untuk percaya kepada-Nya sebagai  Juruselamatnya . 

Dia tidak puas dengan pencapaian lama dan anugerah sebelumnya. Dia melupakan hal-hal yang ada di belakang, dan menjangkau hal-hal yang sebelumnya, menjadikannya  "Lebih Tinggi!" "Ke atas!" "Maju!" "Maju!" Filipi 3:13 ). Di bumi, dia haus dan rindu untuk memiliki  kehendak  yang lebih selaras dengan kehendak Tuhan. Di Surga, hal utama yang ia cari, selain kehadiran Kristus — adalah keterpisahan total dari segala dosa. Adakah yang tahu jika dia bertumbuh dalam kasih karunia? Kemudian biarkan dia mencari ke dalam untuk peningkatan kekudusan.

4. Tanda lain dari pertumbuhan dalam kasih karunia adalah peningkatan SPIRITUALITAS rasa dan pikiran. Pria yang jiwanya tumbuh, lebih tertarik pada hal-hal spiritual setiap tahun. 

Dia tidak mengabaikan tugasnya di dunia. Ia melaksanakan dengan setia, rajin dan teliti — setiap hubungan kehidupan, baik di dalam maupun di luar negeri. Tetapi hal-hal  yang paling dia sukai  adalah hal-hal rohani. Kesenangan  dan  rekreasi  dunia, semakin berkurang tempat di hatinya . Dia tidak mengutuk mereka sebagai benar-benar berdosa, juga tidak mengatakan bahwa mereka yang ada hubungannya dengan mereka akan masuk Neraka. 

Dia hanya merasa bahwa mereka memiliki  cengkeraman yang terus berkurang pada afeksinya sendiri - dan secara bertahap tampak lebih kecil dan lebih remeh di matanya. Rekan spiritual, pekerjaan spiritual, percakapan spiritual — semakin berharga baginya. Adakah yang tahu jika dia bertumbuh dalam kasih karunia? Kemudian biarkan dia mencari ke dalam untuk  meningkatkan spiritualitas rasa .

5. Tanda lain dari bertumbuhnya kasih karunia adalah bertambahnya KASIH kepada sesama.  

Pria yang jiwanya tumbuh, semakin penuh cinta setiap tahun - cinta kepada semua orang - tetapi terutama cinta terhadap saudara.

Cintanya akan menunjukkan dirinya  secara aktif -  dalam kecenderungan yang tumbuh untuk melakukan kebaikan, mengambil masalah bagi orang lain, bersikap baik kepada semua orang, bermurah hati, bersimpati, bijaksana, berhati lembut dan perhatian.

Cintanya akan menunjukkan dirinya  secara pasif -  dalam kecenderungan yang tumbuh untuk menjadi lemah lembut dan sabar terhadap semua orang, untuk bertahan dengan provokasi dan tidak mempertahankan haknya, untuk menahan dan bersabar daripada pertengkaran. Jiwa yang tumbuh akan mencoba untuk menempatkan konstruksi terbaik pada perilaku orang lain, dan untuk mempercayai semua hal dan mengharapkan semua hal, bahkan sampai akhir. 

Tidak ada tanda yang lebih pasti dari kemerosotan dan kejatuhan dalam anugerah — selain kecenderungan yang meningkat untuk  mencari-cari kesalahan , mencari lubang, dan melihat kelemahan orang lain. Adakah yang tahu jika dia bertumbuh dalam kasih karunia? Kemudian biarkan dia mencari ke dalam untuk meningkatkan cinta kepada orang lain.

6. Satu lagi tanda pertumbuhan dalam kasih karunia, adalah meningkatnya SEMANGAT dan ketekunan dalam berusaha berbuat baik kepada jiwa-jiwa. 

Orang yang benar-benar bertumbuh, akan menaruh minat yang lebih besar pada keselamatan orang berdosa setiap tahunnya. Misi di dalam dan luar negeri, segala upaya untuk menyebarkan Injil, upaya apa pun untuk meningkatkan terang Injil dan mengurangi kegelapan Injil — semua hal ini setiap tahun akan mendapatkan tempat yang lebih besar dalam perhatiannya.

Dia tidak akan menjadi "lelah dalam berbuat baik", hanya karena dia tidak melihat setiap usahanya berhasil. Dia tidak akan peduli untuk kemajuan pekerjaan Kristus di bumi, seiring bertambahnya usia, meskipun dia akan belajar untuk berharap lebih sedikit. 

Dia hanya akan bekerja, apa pun  hasilnya  - memberi, berdoa, berbicara, mengunjungi, sesuai dengan posisinya - dan menganggap pekerjaannya sebagai hadiahnya sendiri. Salah satu tanda paling pasti dari penurunan rohani — adalah penurunan minat tentang jiwa orang lain, dan pertumbuhan kerajaan Kristus. Adakah yang tahu apakah dia bertumbuh dalam kasih karunia? Kemudian biarkan dia mencari ke dalam untuk  meningkatkan kepedulian  tentang keselamatan jiwa.

Para agamawan terkemuka itu  , yang satu-satunya gagasan tentang Kekristenan adalah keadaan kegembiraan dan ekstasi abadi, yang memberi tahu Anda bahwa mereka telah jauh melampaui wilayah konflik dan penghinaan jiwa - orang-orang seperti itu pasti akan menghargai tanda yang saya miliki. ditetapkan sebagai "sah", "duniawi", dan "cenderung pada perbudakan". Saya tidak bisa menahannya. Saya tidak menyebut siapa pun master dalam hal-hal ini. Saya hanya berharap pernyataan saya diadili  dalam keseimbangan Kitab Suci. 

Dan saya sangat percaya bahwa apa yang telah saya katakan tidak hanya Alkitabiah — tetapi sesuai dengan pengalaman orang-orang kudus yang paling terkemuka di setiap zaman. Tunjukkan pada saya seorang pria di mana  enam tanda  yang telah saya sebutkan dapat ditemukan. Dialah orang yang dapat memberikan jawaban yang memuaskan atas pertanyaan: "Apakah kita bertumbuh?" Itulah tanda pertumbuhan yang paling dapat dipercaya dalam kasih karunia. Mari kita memeriksanya dengan cermat dan mempertimbangkan apa yang  kita sendiri  ketahui tentangnya.

Sumber: