Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Renungan 2 Tesalonika 2:13-17 Yesus Kristus Bukan Pengharapan Kosong

Judul Renungan; Bukan Pengharapan Kosong

Berdasarkan 2 Tesalonika 2:13-17 (TB) 

13 Akan tetapi kami harus selalu mengucap syukur kepada Allah karena kamu, saudara-saudara, yang dikasihi Tuhan, sebab Allah dari mulanya telah memilih kamu untuk diselamatkan dalam Roh yang menguduskan kamu dan dalam kebenaran yang kamu percayai. 

14 Untuk itulah Ia telah memanggil kamu oleh Injil yang kami beritakan, sehingga kamu boleh memperoleh kemuliaan Yesus Kristus, Tuhan kita. 

15 Sebab itu, berdirilah teguh dan berpeganglah pada ajaran-ajaran yang kamu terima dari kami, baik secara lisan, maupun secara tertulis. 

16 Dan Ia, Tuhan kita Yesus Kristus, dan Allah, Bapa kita, yang dalam kasih karunia-Nya telah mengasihi kita dan yang telah menganugerahkan penghiburan abadi dan pengharapan baik kepada kita,  17 kiranya menghibur dan menguatkan hatimu dalam pekerjaan dan perkataan yang baik

Melalui Renungan Saat Teduh tentang pengharapan kali ini, saya mengajak Anda untuk merenungkan dan mengambil pelajaran penting dari 1 Tesalonika 2:13-17. Tentang pengharapan seperti apa yang diberikan atau dijanjikan oleh Allah melalui Alkitab.

Apakah ini tentang manusia atau tentang Dia yang menjadi pengarang utama Alkitab?

Pengharapan seperti apa yang sesuai dengan janji-Nya? Sehingga Anda tidak sembarangan mengklaim janji yang tertulis di Alkitab.

Selanjutnya kita akan merenungkan, bagaimana harapan ini sebenarnya adalah Injil Yesus Kristus yang sudah dipersiapkan Allah bahkan sebelum dunia dijadikan. 

Jika dilihat dari sudut pandang ruang dan waktu maka kita akan mengerti. Sepanjang sejarah kehidupan yang ada di Alkitab, merupakan gambaran dari Yesus Kristus, sampai penggenapan kehidupan, kematian, kebangkitan-Nya, naik ke Sorga dan kedatangan-Nya yang kedua kali.

Anda harus benar-benar mengerti hal ini, sebagai dasar pengharapan Anda yang telah mengaku orang percaya kepada Kristus. Anda tidak menjadi orang-orang yang seperti ditulis oleh Yesaya 64:4 (TB) “Tidak ada telinga yang mendengar, dan tidak ada mata yang melihat seorang allah yang bertindak bagi orang yang menantikan dia; hanya Engkau yang berbuat demikian.”

Baiklah  telinga kita mendengar, mata kita melihat setiap keajaiban ketika kita benar dalam memandang dan mengharapkan pengharapan yang dituliskan di Alkitab. Harapan itu seperti yang ditulis 1 Korintus 2:9 (TB) Tetapi seperti ada tertulis: “Apa yang tidak pernah dilihat oleh mata, dan tidak pernah didengar oleh telinga, dan uang tidak pernah timbul di dalam hati manusia: semua yang disediakan Allah untuk mereka yang mengasihi Dia.

Kasih kepada Allah, berakar dari pengharapan yang nyata dari Allah. Saya tegaskan bahwa harapan ini bukan harapan kosong sehingga Anda semakin cinta dunia dan menyembah berhala. Ini bukan tentang Anda, bukan tentang saya tapi tentang Yesus Kristus yang adalah harapan itu sendiri.

Saya berdoa kiranya Renungan ini dapat memberkati Anda dan membawa Anda pada pengertian yang lebih dalam dan benar tentang Alkitab yang adalah Injil Yesus Kristus. Khotbah Kristen kali ini, akan berpusat pada Injil sudah tentu.

Selamat menikmati setiap poin renungan firman Tuhan berdasarkan 2 Tesalonika 2:13-17 dengan judul bukan pengharapan kosong.

1. Pengharapan kosong dari kesesatan

Sebelum Anda dan saya mengerti pengharapan yang benar, yang menjadi benang merah Alkitab dari Kejadian-Wahyu. Kita akan belajar untuk mengerti pengharapan kosong yang dijanjikan oleh hamba-hamba kacau dan ini sungguh menyesatkan. Membawa jiwa seseorang ke dalam kekosongan dan rasa frustasi yang teramat dalam.

Pengharapan yang tidak berasal dari kekekalan Allah, ini adalah pengharapan yang ada di dalam kuasa setan. Kuasa yang mengikat dan menjerat banyak orang. Sama seperti yang ditulis pada ayat-ayat sebelumnya. 

2 Tesalonika 2:4 (TB) “yaitu lawan yang meninggikan diri di atas segala yang disebut atau yang disembah sebagai Allah. Bahkan Ia duduk di Bait Allah dan mau menyatakan diri sebagai Allah.”  

Mereka adalah orang-orang yang melawan Allah. Membawa segala hal yang baik-baik atas nama Allah.

Mereka adalah pendurhaka yang datang dari iblis, “Kedatangan si pendurhaka itu adalah pekerjaan Iblis, dan akan disertai pekerjaan Iblis, dan akan disertai rupa-rupa perbuatan ajaib, tanda-tanda dan mujizat-mujizat palsu, dengan rupa-rupa tipu daya jahat terhadap orang-orang yang harus binasa karena mereka tidak menerima dan mengasihi kebenaran yang dapat menyelamatkan mereka.”

Semua ini berasal dari kengerian dari jalan penderitaan yang terpisah dari Allah. Baiklah Anda dan saya berjaga-jaga akan hal ini, kita  secara serius harus memberikan diri kepada Allah dan menolak semua kesesatan yang seperti ini, pengharapan yang kosong dari dunia yang telah memberontak terhadap TUHAN.

Celakalah kita yang menyukai semua kesesatan ini, baiklah kita melihat hati kita dan membawanya kepada Kristus dan Roh Kudus kiranya menginsapkan kita setiap waktu. “supaya dihukum semua orang yang tidak percaya akan kebenaran dan yang suka kejahatan.” 

Baiklah kita membenci semua kesesatan yang tidak berpusat pada Kristus, kesesatan yang memuliakan manusia. Kehidupan yang tidak mengejar kemuliaan Allah dan kehidupan yang benar-benar memberontak terhadap Allah dan memiliki harapan fana ke dunia, kiranya Anda dan saya bertobat! 

2. Pengharapan yang menghibur

Injil Yesus Kristus adalah sumber pengharapan kita, ini merupakan pengharapan kekal yang memberikan penghiburan. Bagaimana tidak menghiburkan, Anda dan saya memiliki Kristus  yang setia, Ia TUHAN yang telah melepaskan kita dari kutuk perbudakan dosa, bahkan perbudakan itu sendiri.

Dengan darah yang mahal, darah yang kudus, Ia yang tidak pernah melakukan dosa, Ia sendiri yang merelakan tubuh-Nya. Ia menjadi manusia, bahkan bukan hanya itu, Ia masuk dalam titik kehidupan  yang paling rendah. Sehingga orang-orang yang paling jahat dan tidak berpengharapan sekalipun. Beroleh Dia yang benar-benar memandang betapa berharganya jiwa-jiwa yang kekal.

Tidak seperti pengharapan dunia, ini adalah harapan kepada kemuliaan Allah. Sebaiknya pertobatan kita membawa kita lebih dalam lagi mengenal Dia dan melakukan setiap rancangan-Nya untuk kehidupan. 

Roh Kudus adalah penghibur, ini bukanlah penghiburan kosong  yang membawa Anda semakin cinta dunia. Penghiburan dari Roh Kudus merupakan penghiburan yang membawa Anda kepada Kristus dan semakin cinta kepada Kristus dan memberitakan Kristus. Itulah pengharapan yang menghibur, memberikan sukacita sejati yang tidak akan di dapatkan dari pengejaran akan dunia. 

Yesus menjelaskan, carilah dahulu Kerajaan Allah dan Kebenarannya. Maka semua kebutuhan ditambahkan kepadamu. Kebenaran itu adalah Kristus, Kerajaan Allah adalah Yesus yang harus memeberintah kehidupan Anda, cita-cita-Nya baiklah menjadi cita-cita kita dan tujuan-Nya adalah Tujuan kita. 

Saudaraku pandanglah kepada Yesus yang telah disalibkan itu, baiklah Anda dan saya selalu menginginkan Kristus dan hidup untuk kemuliaan dan memuliakan Dia. “Dan Ia, Tuhan kita Yesus Kristus, dan Allah, Bapa kita, yang dalam kasih karunia-Nya telah mengasihi kita dan yang telah menganugerahkan penghiburan abadi dan pengharapan baik kepada kita.”

3. Pengharapan yang menguatkan

Baiklah Injil tertanam di dalam hati dan pikiran kita, Injil setiap hari bagi diri, tidak ada yang lain. Segala kesusahan, semua cemas hati, kesesatan yang mengerikan. Semua itu baiklah kita buang, berikan Firman kepada pikiran dan hatimu.

Segala kekuatan dan kemuliaan yang memuaskan hanya akan Anda dapatkan dari Allah. Allah yang Anda kenal dan Allah mengenal Anda. baiklah Anda selalu berpusat kepada Kristus, kehidupan baru yang menginginkan Kristus. 

Pengenalan akan Allah dan sifat-sifat-Nya bacalah kitab Mazmur! Jika kehidupan Anda selalu melekat kepada Kristus. Anda akan menemukan diri Anda bersukacita karena-Nya dan kekuatan untuk melawan dosa dan mematikan dosa yang mendukakan.

Kristus, Kristus tolonglah kami yang tersesat ini, baiklah kehidupan kami hanya berpusat kepada-Mu dan mencari Engkau dan kekuatan kami hanya kami dapatkan dari-Mu. Engkaulah kekuatan dan yang kekal, kekuatan yang berasal dari sorga dan kekuatan yang setia karena Kau adalah sahabat kami.

Baiklah semua kekaguman kita, kemuliaan yang kita keluarkan dari mulut. Semua pujian semua pengharapan. Semua cita-cita, semua pekerjaan, semua tujuan. Hanya kepada Kristus Sang pengharapan sejati yang memberikan kepada Anda kekuatan kekal. “kiranya menghibur dan menguatkan hatimu dalam pekerjaan dan perkataan yang baik.”

2 Korintus 1:6 (TB) “Jika kami menderita, hal itu menjadi penghiburan dan keselamatan kamu; Jika kami dihibur, maka hal itu adalah untuk penghiburan kamu, sehingga kamu beroleh kekuatan untuk dengan sabar menderita kesengsaraan yang sama seperti kami derita.”

Yesus Tuhan kita, memperingatkan, bahwa dunia membenci kita, ketika Injil yang menjadi pusat kehidupan. Injil akan sangat-sangat dibenci, setan akan menguasai semua orang yang masih mati dan membawa kita yang mencintai Injil dalam api dunia karena rasa benci dunia kepada Injil.

Tetapi tetaplah kuat, karena pengharapan kita di dalam Yesus memberikan penghiburan dan kekuatan. Baiklah kita menginjili diri kita setiap hari dan Kristus saja arah pandang kita dan keselamatan dan kekuatan serta penghiburan.

Terimakasih telah bersama saya merenungkan untuk melihat pengharapan yang berasal hanya di dalam Kristus Tuhan kita, Kiranya Anda dapat mengerti. Pengharapan seperti apa  yang terkandung di dalam Yesus. Damai sejahtera dari Allah kita dan Tuhan kita Yesus Kristus serta Injil dari Roh Kudus melimpah atas kehidupan Anda dan saya. AMIN

Posting Komentar untuk "Renungan 2 Tesalonika 2:13-17 Yesus Kristus Bukan Pengharapan Kosong"