Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Renungan Harian 2 Korintus 5:21


Kehidupan yang Dibenarkan 

Dia yang tidak mengenal dosa telah dibuat-Nya menjadi dosa karena kita, supaya dalam Dia kita dibenarkan oleh Allah. 2 Korintus 5:21

Hai orang Kristen yang meratap! Mengapa engkau menangis? Apakah engkau meratapi kebobrokanmu sendiri? 

Pandanglah kepada Tuhanmu yang sempurna, dan ingat, engkau dipenuhi di dalam Dia (Kolose 2:10); engkau di hadapan Allah sama sempurnanya dengan kalau saja engkau tidak pernah berbuat dosa; tidak, lebih dari itu, Tuhan Sang Kebenaran kita telah memakaikan pakaian ilahi untukmu, sehingga engkau memiliki lebih dari kebenaran manusia—engkau memiliki kebenaran Allah. 

O engkau yang meratap karena dosa keturunan dan rusaknya dirimu, ingatlah, tidak satu pun dosamu yang dapat menghukum engkau. 

Engkau telah belajar untuk membenci dosa; tapi engkau telah belajar juga untuk mengetahui bahwa dosa bukanlah milikmu — dosa telah diletakkan di atas kepala Kristus. 

Posisimu bukan dalam dirimu sendiri—melainkan di dalam Kristus; penerimaan atas dirimu bukan di dalam dirimu, melainkan di dalam Tuhanmu; hari ini, di dalam keberdosaanmu, engkau diterima Tuhan sebaik ketika engkau berdiri di depan takhta-Nya, bebas dari segala kebobrokan. 

O, kumohon padamu, berpeganglah pada pemikiran yang berharga ini, sempurna dalam Kristus! Sebab engkau telah "dipenuhi di dalam Dia." [1] 

Dengan mengenakan pakaian Juruselamatmu, engkau sama kudusnya dengan Sang Kudus. "Siapakah yang akan menghukum mereka? 

Kristus Yesus, yang telah mati? Bahkan lebih lagi: yang telah bangkit, yang juga duduk di sebelah kanan Allah, yang malah menjadi Pembela bagi kita?" (Roma 8:34) Hai orang Kristen, hendaklah hatimu bersukacita, karena engkau "dikaruniakan-Nya di dalam Dia, yang dikasihi-Nya" (Efesus 1:6) [2] — apa yang engkau takuti? 

Biarlah senyum selalu di wajahmu; hiduplah di dekat Tuanmu; hiduplah di pinggiran Kota Surgawi; karena segera, ketika waktumu telah tiba, engkau akan bangkit di mana Yesusmu duduk, dan memerintah di sebelah kanan-Nya; dan semua ini adalah karena Tuhan ilahi "yang tidak mengenal dosa telah dibuat-Nya menjadi dosa karena kita, supaya dalam Dia kita dibenarkan oleh Allah."

Dialah Kebenaran Kita

Betapa kita dapat dengan tenang, beristirahat di dalam Dia, Sang Juruselamat dunia yang telah memberikan diri-Nya kepada pendosa seperti kita. 

Ini adalah keindahan dari kasih sejati yang berasal dari pencipta, ketika hati dan pikiran merenungkan hal ini, betapa besar sukacita mengalir dari hati yang bersyukur dan ingin selalu memuji dan muliakan TUHAN. 

Lihatlah terus saudaraku kepada Sang Injil yang telah menjadi dosa, Dia adalah Yesus kekasih hati kita, Dia adalah korban yang sempurna. Hanya ketika percaya kepada Dia, kita dapat menikmati hidup untuk selalu berjalan dalam kehendak-Nya.

Anugerah yang melimpah itu, dialirkan dari sungai kasih-Nya, memberikan kehidupan yang baru dalam kesejahteraan abadi yang berasal dari Allah sendiri. Dia menciptakan kita untuk diri-Nya, maka dari itu Allah tidak akan melepaskan kita untuk hidup dalam dosa.

Jika demikian indahnya kehidupan di dalam Kristus, marilah terus berdiam di dalam Dia dan menikmati hari-hari untuk merenungkan Injil. Betapa kasih Allah yang sempurna telah diberikan kepada mereka yang percaya. Kita yang dibenarkan karena kebenaran Yesus yang sempurna selama Ia hidup di dalam dunia yang fana.

Muliakan Tuhan sampai selama-lamanya.

Hati ini terus saja ingin terpikat oleh keindahan.

Lihatlah kepada Yesus, betapa Dialah tujuan kehidupan ini.

____________________

[1] Dalam KJV, complete in him

[2] Dalam KJV, he hath made us accepted in the beloved, Dia telah membuat kita diterima di dalam yang dikasihi-Nya

RENUNGAN PAGI (diterjemahkan dari Morning and Evening: Daily Readings, Charles H. Spurgeon).

Isi renungan ini bebas untuk disalin dan disebarluaskan.

Renungan karya Charles H. Spurgeon ini, telah menjadi bahan saat teduh wajib oleh penulis selaku pembaca, hasil refleksi pribadi pelajaran-pelajaran rohani yang menguatkan dan memperkenalkan kepada Allah yang sejati telah penulis sediakan dibawah tulisan asli karya clasik. (Dialah Kebenaran Kita)

Posting Komentar untuk "Renungan Harian 2 Korintus 5:21"

 Dapatkan sumber daya berpusat pada Injil, melalui renungan-renungan yang berpusat pada Injil;

Klik Gambar di Bawah;