Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Renungan Roma 3:23 Kekristenan Merupakan Kehidupan yang Mematikan Dosa

Renungan Roma 3:23 Kekristenan Merupakan Kehidupan Yang Mematikan Dosa

Ayat Alkitab Roma 3:23

Judul Renungan; Kekristenan Merupakan Kehidupan Yang Mematikan Dosa 

Roma 3:23 Karena semua telah berbuat dosa dan telah kehilangan kemuliaan Allah

Kita adalah manusia berdosa dan telah kehilangan kemuliaan Allah. Manusia diciptakan oleh Allah, menurut gambar dan rupa-Nya. Manusia merupakan gambaran yang indah dari kemuliaan Allah. Tugas utama manusia menguasai apa yang ada dalam dunia. Hanya dengan tunduk kepada Allah, pencipta mereka.

Namun sangat disayangkan ketika malaikat jahat hadir, ia membalik semuanya. Ia menyatakan bahwa Allah adalah pribadi jahat yang tidak berintegritas. Ia menyatakan bahwa Allah mengikat manusia agar manusia hanya tunduk kepada-Nya, sebenarnya manusia dapat menjadi seperti Allah, manusia dapat bebas. Kebohongan ini, sampai sekarang terus iblis kumandangkan ke telinga manusia setiap hari.

Hal yang menyedihkan manusia dengan segala keindahan dan kemuliaan yang Allah taruh dalam dirinya. Percaya kepada malaikat tersebut. Manusia memiliki keinginan untuk menjadi seperti Allah. Manusia melihat buah pengetahuan yang baik dan jahat yang akan menjadikan mereka seperti Allah. Buah tersebut sangatlah indah, untuk dimakan.

Ini adalah awal dari dosa menjadi gaya hidup manusia, sampai kepada kehidupan Anda dan saya. Dosa memiliki arti salah sasaran atau tidak tepat sasaran. 

Kita harus mengerti hal ini secara jelas. Dosa memiliki definisi yang baik buah yang membinasakan. Kita harus tahu sasaran yang tepat. Dan kita harus benar-benar menyadari bahwa kehidupan kita saat ini tanpa Kristus sedang hidup pada jalur yang tidak tepat sasaran.

Tahukah Anda, kehidupan yang tidak tepat sasaran, jika kita tidak mengakui realita ini lalu bertobat. Maka upah dosa adalah maut. Kehidupan yang seharusnya menyembah Allah dan menguasai bumi beserta isinya. Yang terjadi adalah kebalikannya, manusia menyembah apa yang ada dalam dunia ini.

Manusia memberontak pada Allah, mereka tidak menginginkan Allah sejati. Mereka lebih suka allah ciptaan tangan dan imajinasi mereka sendiri. Saudaraku kita semua sudah masuk dalam lubang hitam ini, lubang yang membawa kita kepada kebinasaan kekal.

Ketika seorang bayi lahir ke dunia, hal utama yang memang menjadi natur seorang bayi tersebut adalah ia merupakan seorang manusia yang sama seperti Anda dan saya. Manusia yang terjebak dalam lubang hitam kebinasaan. 

Maka kita memerlukan kuasa yang sangat besar, kuasa yang mampu mengangkat kita dari lubang tersebut. Lubang hitam yang membohongi kita, lubang yang menyatakan bahwa kita adalah allah. Kita harus mengakui hanya ada satu Allah, Allah pencipta langit dan bumi.

Puji Tuhan oleh kasih karunia kita telah dibenarkan dengan cuma-cuma karena penebusan dalam Kristus Yesus. Yesus yang adalah jalan pendamaian. Dalam darah-Nya, oleh iman kita beroleh kehidupan yang penuh pengharapan. Hal ini menunjukkan keadilan Allah dan kasih Allah. Keduanya seimbang dan melimpah.

Penebusan Kristus membebaskan kita dari dosa-dosa yang dimana kita semua orang berdosa, mengundang kita yang bukan lagi budak, melainkan musuh besar dosa. Kita diberikan kemampuan melawan tuan kita yang pertama (dosa). Tuan jahat yang selalu memasukkan kita dalam lubang gelap.

Saudaraku Kekristetanan adalah kehidupan mematikan dosa (berdoa sungguh-sungguh dan bergumul sungguh-sungguh untuk mematikan dosa), kehidupan yang setiap hari berperang melawan dosa. Melawan tipu daya iblis dan mematikan kecintaan kita terhadap segala kenikmatan dosa dalam dunia ini.

Rasa cinta kita pada Tuhan, didasari pada karya keselamatan yang Allah kerjakan. Roh Kudus yang ada dalam diri kita memampukan kita, selalu mengabarkan Injil kepada diri kita. Pengetahuan yang benar akan Tuhan, membawa kita melihat kehidupan yang dipenuhi dosa, membawa kita pada pengertian bahwa orang di sekitar kita adalah gambaran diri kita yang sebenarnya budak dosa, sebenarnya pendosa, yang sebenarnya cinta pada dosa.

"Kematian dosa di dalam diri kita dan rasa benci yang terus-menerus terhadap dosa adalah tujuan kita untuk semakin cinta pada Kristus melalui pertobatan sejati dan ibadah pribadi harian kita."

Pengertian ini membawa kita pada kebesaran kasih karunia yang ada dalam Yesus. melihat betapa indahnya dan berharganya karya salib yang telah diberitakan kepada kita melalui Injil. 

Ini adalah tingkat kebebasan batin yang memberikan warna dalam kehidupan dan kemuliaan bagi Allah melalui kehidupan kita yang dipenuhi kuasa Roh Kudus  untuk memberitakan Injil dan memuridkan.

Maka disinilah penekanan utama Kekristenan yang adalah pertobatan sejati, agar kehidupan hanya puas oleh Kristus dan melakukan kehendak Kristus saja. Sebab kita ini buatan Allah diciptakan dalam Kristus Yesus untuk melakukan pekerjaan baik, Ia mau supaya kita hidup hanya dalam Yesus.

Kiranya Allah Roh Kudus selalu memampukan Anda dan saya untuk selalu memenangkan perperangan melawan kecenderungan dosa-dosa kita setiap saat. AMIN


________________________________________________

Renungan Seri pertama roma 3:23 21/072020

Keindahan Injil Atau Kabar 

Baik Keselamatan Bagi Manusia

Injil adalah berita sukacita atau kabar baik yang harus di dengar oleh semua orang.  Kehidupan kita ketika belum mendengar akan berita sukacita itu. Kita begitu buta bahkan kehidupan kita dibentuk oleh berita-berita yang lain yang mengajarkan kita untuk berpusat pada diri sendiri.

kekuatan kita, kemampuan pribadi kita yang lebih tragis kehidupan kita diukur oleh ukuran dunia. Akan membawa kita kepada kematian kekal. Syukur kepada Allah berita sukacita itu mengajarkan kita untuk tidak berpusat pada diri sendiri tetapi pada Kristus dan Roh Kudus memampukan kita untuk bergantung pada-Nya bukan pada kekuatan pribadi kita.  Berita sukacita itu yaitu Kristus yang menyelamatkan kita dan Ia pula yang memampukan kita. 

Injil adalah Yesus Kristus. Injil adalah berita sukacita yang mengajarkan, mengingatkan kita.

Roma 3:23 (TB) Karena semua orang telah berbuat dosa dan telah kehilangan kemuliaan Allah.
Bahwa kita telah berdosa di hadapan Allah, dan kematian kekal menanti kita semua. Tetapi syukur kepada Allah Yesus Kristus yang dalam kemahakuasaan-Nya rela merendahkan diri untuk menggantikan posisi kita.

Allah memiliki kerinduan agar setiap orang mengenal-Nya. Tetapi tidak ada yang bisa mengenal-Nya, karena kasih-Nya Ia mengaruniakan Yesus Kristus untuk menjadi jalan pendamai antara manusia dan Allah dengan cara Yesus ditimpakan hukuman dosa kita.

Yohanes 3:16 TB. Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya b kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.

Ia yang begitu kudus, suci tak bercacat rela datang ke dunia untuk menyelamatkan kita. Kehidupan saya dibenarkan oleh Yesus Kristus, bukan  ketaatan saya. 

Satu-satunya cara agar mengenal Dia dan mencintai Dia yaitu  mengairi batin kita dengan firman-Nya dari hari ke hari, sebagai amunisi untuk berjuang melawan dosa-dosa yang sudah tertanam dalam diri kita, kecenderungan kita yang suka berbuat dosa bahkan sangat mencintai dosa.

Hari-hari ini mari kita mencari pengertian yang baru setiap hari melalui apa yang kita kerjakan.  Begitu sering membandingkan kehidupan Anda dengan orang lain, bahkan Anda merasa kita lebih hebat, dan dosa-dosa terselubung lainnya. Maka sangat perlu Yesus hadir dalam bidang kehidupan Anda agar pengertian baru itu semakin nyata mengubahkan hati Anda. 

Pengertian baru itu mengajarkan Anda untuk melihat diri Anda di dalam Yesus, ketika Anda melihat diri Anda di dalam Yesus. Anda akan mendapati bahwa begitu tak layak, najis, kotor tidak suci dan tidak ada yang harus Anda banggakan.  

Semua karena Karunia Allah dalam Kristus. Jadi tidak ada yang perlu Anda banggakan. Yang harus Anda banggakan adalah Kristus. Amsal 8:13 TB. Takut akan TUHAN ialah membenci kejahatan; aku benci kepada kesombongan, kecongkakan, tingkah laku yang jahat, dan mulut penuh tipu muslihat.
 
Saya berdoa kiranya keindahan Injil mengubahkan Anda yang pada dasarnya menyukai dosa. Tetapi saat memandang betapa indah-Nya Injil yang adalah pribadi Yesus Anda benar-benar meninggalkan dosa yang telah memperbudak Anda. AMIN

Posting Komentar untuk "Renungan Roma 3:23 Kekristenan Merupakan Kehidupan yang Mematikan Dosa "

 Dapatkan sumber daya berpusat pada Injil, melalui renungan-renungan yang berpusat pada Injil;

Klik Gambar di Bawah;