Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Maleakhi 1:5 Matamu Akan Melihat

Maleakhi 1:5 Matamu Akan Melihat
Foto oleh Raphael Brasileiro: pexels.com

Maleakhi 1:5 (TB) Matamu akan melihat dan kamu sendiri akan berkata: ”Tuhan maha besar sampai di luar daerah Israel.”

Bukankah kita ini hanya manusia biasa yang rentan terhadap dosa, kita adalah penyembah-penyembah berhala yang jahat dan binasa. Sama seperti bangsa Israel yang selalu jatuh dalam dosa, demikianlah gambaran nyata dari kehidupan kita di masa modern. Kita hidup di dalam dunia yang menginginkan kenyamanan, kesenangan dan kehidupan sesuai dengan cita-cita kita. Tetapi kita perlu tahu satu hal, bahwa dunia ini akan lenyap dengan segala keinginannya dan kehidupan tidak semakin baik, kita semakin tua dan kematian menantikan kita di masa depan.

Demikianlah kehidupan bangsa Israel, mereka dilenyapkan dari kehidupan yang berkelimpahan, dibuang di negeri asing dan ketika mereka kembali ke tanah mereka. Mereka masih hidup sesuka hati mereka, mereka hidup seolah-olah menyembah Tuhan. Tetapi mereka pada dasarnya  sedang mengenyangkan diri mereka sendiri dan tidak percaya pada kuasa Allah bahkan kasih Allah terhadap kehidupan bangsa mereka.

Cerita bangsa Israel di dalam Alkitab, diberitakan secara jujur, di mana semua itu menunjukkan kegagalan manusia yang tidak dapat menyelamatkan diri sendiri. Semakin Anda berjuang untuk keselamatan Anda, semakin Anda menemukan setiap bagian kecil dari kelemahan diri Anda, yang mengarahkan Anda ke dalam kebinasaan kekal yang mengerikan. Dosa adalah kematian, dosa adalah perbudakan, dosa adalah pemberontakan kita terhadap Tuhan yang menciptakan kita. Dan karena dosa kita sekarang hidup dalam berbagai penderitaan dan diakhiri dengan kematian kekal.

Hanya ketika kita memiliki Kristus, hidup kita sekarang benar-benar diubahkan. Melihat kebesaran Allah melalui cerita Alkitab, membawa kita sadar bahwa kita manusia lemah yang benar-benar membutuhkan kasih karunia. Dan kasih itu dinyatakan melalui Pribadi Yesus Kristus, Dia yang disalibkan untuk ditimpakan kepada Dia kematian kita, dosa-dosa kita dan segala kegagalan kita, segala hal yang buruk. Agar kita yang pendosa binasa, dapat melihat kemuliaan Allah, melalui iman percaya kita kepada Yesus.

Jadi sekarang, Anda dan saya dapat datang kepada Yesus dan bertobat dari segala dosa kita. Dan dapat mengerti bahkan merasakan kebesaran kuasa Allah, keindahan Yesus menyadarkan kita akan kehidupan yang bermakna dan memiliki tujuan yang bernilai kekal. Kita dapat memuji Allah dan menyembah Dia yang menciptakan kita, untuk sebuah kehidupan yang penuh kasih dan memuaskan di dalam Dia dan untuk Dia.

Doa; Tertujilah Engkau Tuhan kami, kehidupan kami yang dahulu sesat tanpa harapan karena kami adalah budak dosa. oleh kasih-Mu yang besar itu, sekarang kami memperoleh hidup kekal, hidup yang baru, hidup yang bermakna dan hidup untuk melakukan kehendak-Mu selama kami masih bernapas di dalam dunia ini, dalam nama Yesus kami berdoa. Amin.