Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Renungan 2 Petrus 1:3 Sesuatu yang Berguna Untuk Hidup

Renungan 2 Petrus 1:3 Segala Sesuatu yang Berguna Untuk Hidup

Ayat Alkitab 2 Petrus 1:3

Judul Renungan: Sesuatu yang Berguna Untuk Hidup

2 Petrus 1:3 (TB) Karena kuasa ilahi-Nya telah menganugerahkan kepada kita segala sesuatu yang berguna untuk hidup yang saleh oleh pengenalan kita akan Dia, yang telah memanggil kita oleh kuasa-Nya yang mulia dan ajaib.

Harapan akan masa depan yang lebih baik dan lebih indah dan lebih membahagiakan merupakan Impian yang berguna untuk semua orang. Karena kehidupan tanpa harapan adalah kehidupan yang telah mati, mati dalam ruang dan waktu, karena telah kehilangan hasrat untuk hidup, kehidupan seolah tidak ada gunanya lagi.

Setiap kita diciptakan untuk berguna, Allah sendiri menempatkan manusia dalam suatu konteks kehidupan. Memiliki tujuan, namun yang menjadi masalahnya, kita sendirilah yang harus memaknai setiap kehidupan sehingga kita benar-benar memperoleh pengharapan.

Kita sekarang di abad 21, ketika Anda membuka dan mempelajari setiap penelitian seorang ahli mental. Anda akan menemukan banyak definisi tentang gangguan mental yang terjadi di dalam diri manusia. Dengan berbagai latar belakang, di berbagai kalangan umur dan status sosial. Pada dasarnya kehidupan tidak pernah membawa manusia pada puncak sukacita yang mereka cari. Dan inilah realitanya. Ada ketidakpuasan yang mendalam, di dalam diri umat manusia. 

Ada kebutuhan  yang hilang di dalam kehidupan manusia, ada keinginan yang tidak pernah memberikan makna. Dan ada kematian yang menanti di ujung kehidupan, kematian yang diawali dengan rasa sakit, kesepian dan ketakutan. Akar dari semua pencarian ini, merupakan fakta bahwa manusia telah terpisah dari Pencipta yang kekal dan mulia, pencipta yang dapat memuaskan kedalaman jiwa manusia. 

Pencipta yang membawa kehidupan pada kekekalan yang memuaskan, menakjubkan dan benar-benar kehidupan ini butuhkan. Kita semua berdosa, karena itu kita terpisah dari pencipta kita, kita berdosa karena kita memusuhi pencipta kita dan kita hidup dalam kebebasan palsu yang dikenal dengan perbudakan dosa.

Dan melalui Petrus, kita menerima Injil yang membawa kita pada makna, yaitu sesuatu hal yang berguna untuk kehidupan ini. Membawa kita untuk merenungkan dan menerapkan secara praktis kehidupan kita. Didasari pada Sang Kasih Pencipta, menjadikan kita anak-anak yang dikasihi melalui Injil kita akan benar-benar merenungkan hidup dan mendapati cara berpikir yang benar, cara hati kita mencintai yang benar dan cara merespon setiap kejadian dalam hidup dengan benar. Berdasarkan yang berguna itu, dari Allah yang menciptakan kita.

Kasih Karunia Untuk Kita

Mengenal Allah dan setiap hari kita memikirkan kasih karunia-Nya, keindahan yang terkandung di dalam kuasa-Nya. Yaitu Injil, membawa kita mengerti makna sejati dari kehidupan kita hari ini dan hari-hari selanjutnya. Bahwa kehidupan kita untuk menyembah Pencipta yang mulia, kita memiliki relasi kasih yang memuaskan dan benar-benar kita butuhkan di dalam hidup yang frustasi.

Allah sendiri, telah mengaruniakan keselamatan melalui Yesus Kristus, ketika Anda dan saya mengenal Yesus melalui Injil. Kita telah memperoleh segala sesuatu yang sangat berguna untuk hidup. Dan seketika itu, arah hidup kita untuk mengenal Yesus, berjuang untuk menyenangkan Dia dan meninggalkan setiap dosa yang melekat di dalam diri kita.

Kita mengejar kehidupan yang semakin saleh, artinya kita terus membangun hubungan kita dengan Yesus. Di dalam keseharian kita, hidup kita terarah pada Injil, bahwa Yesus telah hidup dan mati untuk melepaskan kita dari perbudakan dosa dan kutuk hukuman dosa. Dengan cara memberikan diri-Nya menjadi kutuk di atas kayu salib, pengharapannya Dia dibangkitkan dari kematian yang mengerikan.

Jadi sekarang, pengejaran kita akan hidup didasarkan pada makna yang sangat berguna dari Allah kita. Bahwa Yesus telah hidup, mati dan dibangkitkan untuk memberikan kita hidup. Sehingga kita dimampukan hidup saleh, mengasihi Allah dan diutus untuk mengasihi jiwa-jiwa yang ada di dalam dunia ini, sesuai dengan konteks kehidupan di mana kita berada. 

Kita memberitakan Injil Kristus, kita membawa orang-orang untuk semakin mengasihi Yesus dan sesama manusia dan menyembah Allah pencipta langit dan bumi. Kita hidup dalam komunitas yang bersama-sama semakin hari semakin ingin mengenal Yesus dan memberitakan Dia kepada dunia yang hari-hari ini tanpa harapan dan frustasi di jalan perbudakan, kematian dan menyesatkan.

Doa

TUHAN terimakasih telah memberikan hidup yang bermakna melalui kematian Kristus bagi kami, sehingga saat ini kami bersukacita ketika merenungkan bahwa hidup kami berguna. Karena yang sangat berguna untuk kehidupan ini ada di dalam kami. Tuhan mampukan kami untuk terus membagikan hidup kami, sehingga Yesus dikenal melalui kehidupan kami, kami dapat berguna dalam sisa-sisa waktu kami. Menjadi pemberita Injil dan nama Allah saja dimuliakan sampai selama-lamanya. Di dalam nama Yesus kami berdoa. Amin.