Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

1 Korintus 1:18 Hikmat Dunia Kebodohan

1 Korintus 1:18 Hikmat Dunia Kebodohan

Hikmat Dunia Kebodohan

1 Korintus 1:18 (TB) Sebab Pemberitaan tentang salib memang adalah kebodohan bagi mereka yang akan binasa, tetapi bagi kita yang diselamatkan pemberitaan itu adalah kekuatan Allah.  

Anda merasa bahwa diri Anda berhikmat, larilah kepada salib Kristus dan bertobatlah. Ketika saya menyadari akan kemuliaan salib Kristus, semua hikmat saya adalah kebodohan. “Bukankah Allah telah membuat hikmat dunia menjadi kebodohan?” Larilah dari segala hikmat fana dunia. Kita perlu selalu melihat akar dari segala keangkuhan diri kita, yaitu hikmat kita yang tidak didasarkan pada hikmat Allah.

Semua manusia telah tersesat, tidak ada yang dapat mendatangi Allah. Mereka telah memberontak, tidak berguna. Selain kebinasaan belaka menjadi milik mereka. Anda dan saya termasuk, di antara orang-orang ini, kita semua, kita terlalu bodoh, terlalu dalam terjatuh. Terlalu lama berdiam dalam kegelapan.

Larilah dari hikmat dunia, larilah dari segala kotbah yang tidak memuliakan Yesus dan tidak memberitakan Kristus untuk kemuliaan Allah. Larilah dari ajaran yang menghina salib dengan memberitakan segala kekayaan dunia yang seolah-olah harus dinikmati. 

Sungguh binasa, binasalah kita yang menyukai keindahan dunia dan segala hal yang ia berikan seolah-olah untuk itu kita diciptakan. Kita mengagumi kefanaan dengan kebodohan hikmat kita, kita merasa betapa berhikmatnya diri.

Marilah lihat salib, karena semua kebodohan dan penderitaan jiwa kita, ada di sana, Yesus dengan jelas menerima semua murka yang seharusnya kita terima. Salib seharusnya cukup jelas untuk memberikan kepada kita pengertian akan kebodohan kita, penderitaan kita dan betapa bejatnya kita. 

Lalu bagaimana kita sekarang, saudaraku jika salib merupakan berita bodoh bagi orang-orang yang akan binasa. Marilah kita melihat salib sebagai keagungan dan kemuliaan Kristus. Keindahan yang tak terhingga dan jalan kebenaran, bahkan di sanalah kita dapat mengerti betapa kehidupan kita telah hidup dalam kemuliaan demi kemuliaan. 

Salib Kristus adalah Injil yang menghidupkan kita dari kematian, menyegarkan jiwa, memberikan harapan dan membebaskan kita dari pebudakan belenggu dosa. Bertobatlah! Kiranya kita bertobat dan dapat melihat salib sebagai kemuliaan. Roh Kudus memampukan kita semua. Amin.