Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kolose 4:2 Disiplin Berdoa

Kolose 4:2 Disiplin Berdoa

Renungan Harian Saat Teduh 26 April 2024

Kolose 4:2 (TB) Bertekunlah dalam doa dan dalam pada itu berjaga-jagalah sambil mengucap syukur.

Di zaman, di mana perhatian kita terus teralih pada hp, menggunakan internet hingga lupa waktu dan waktu berjalan dengan sangat cepat. Perlu rasanya untuk benar-benar cara serius memikirkan kehidupan doa kita dan bagaimana Alkitab menjadi gairah harian kita untuk kita baca, dalami dan nikmati. Kita perlu bertobat dari kenyaman kita bermain hp terlalu lama.

Bukan hanya memikirkan, tetapi juga mengambil Tindakan untuk berdoa dan mempelajari firman Tuhan. Kita telah percaya kepada Kristus, kita adalah hamba-Nya dan sebaiknya kita benar-benar tahu bahwa kepuasan sejati dan untuk itulah kita diciptakan. Hanya ketika kita memiliki hubungan dengan Kristus.

"Hubungan dengan Kristus adalah kunci untuk memenuhi kerinduan terdalam kita. Seluruh kehidupan adalah perihal mengisi kekosongan (the void) yang diciptakan oleh dosa dan keterpisahan dari-Nya. Mengisi kekosongan dengan tumpukan materi, persahabatan duniawi, pengalaman yang memuaskan, dan hal-hal sensual pada akhirnya terbukti menghasilkan kurang dari apa yang kita harapkan. Kristuslah satu-satunya yang dapat memenuhinya." ~Joseph Stowell, RBC Ministries

Pengharapan sejati kita ada pada kehidupan, kematian dan kebangkitan Kristus. Semakin lama kita merenungkan tentang Kristus semakin kita dengan baik dapat mengenal Dia, karena Roh Kudus menyatakan Injil kepada kita. Dan doa-doa kita akan terpusat pada kasih Kristus. 

Saudaraku, Anda dan saya perlu selalu memperhatikan kehidupan Doa kita, saya hari-hari ini memikirkan betapa kurangnya saya duduk diam dan berdoa. Begitu kurangnya saya duduk diam dan merenungkan firman Tuhan. Saya lebih banyak bermain Hp. Ketika saya menulis renungan ini, saya hanya melakukannya 30 menit, bisa jadi lebih. Dan itu masih sangat kurang, saya belum benar-benar puas.

Kenikmatan di dalam Kristus, harusnya menjadi Hasrat terdalam Anda dan saya, sebagai orang Kristen. Kita berdoa untuk memuliakan Kristus dan menceritakan isi hati kita, bertobat dari segala dosa. Ketika do akita lakukan dengan tenang di dalam kamar, maka di sanalah kita menemukan kekaguman yang besar akan Allah yang mulia, kudus dan berkuasa sehingga kita memuji Dia.

Saudaraku, marilah kita terus berdoa. Yang saya maksudkan doa-doa yang terpusat pada Alkitab, pada Injil, pada kasih karunia dan doa yang mencurahkan isi hati dan bertobat dari segala dosa. Doa-doa yang bukan hanya rutinitas karena tugas, melainkan karena hubungan Anda dengan Kristus. Roh Kudus kiranya memapukan kita untuk disiplin berdoa, sehingga hubungan kita dengan Kristus terjalin begitu memuaskan. Amin.