Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Teks Doa Syafaat Kristen Protestan Hosea 4:1-19; Renungan Singkat Tentang Panggilan Untuk Bertobat

Teks Doa Syafaat Kristen Protestan Hosea 4 1-19; Renungan Singkat Tentang Panggilan Untuk Bertobat

Renungan Singkat Tentang Panggilan Untuk Bertobat

Hosea 4:6 (TB) Umat-Ku binasa karena tidak mengenal Allah; karena engkaulah yang menolak pengenalan itu aka Akau menolak engkau menjadi imam-Ku; dan karena engkau melupakan pengajaran Allahmu, maka Aku juga akan melupakan anak-anakmu.

“Panggilan harian Kekristenan kita adalah bertobat, untuk setiap hari kita kembali kepada Sang Injil, menerima selalu kasih mula-mula yang menggetarkan hati.”

Manusia tidak setia, manusia tidak mampu mengasihi sesama, mereka suka berbohong dan mereka tidak mau dan enggen untuk benar-benar mengenal Allah. Manusia suka yang jahat, membunuh dan mencuri, hati penuh kelicikan. Bahkan imam-imam hidup untuk menjadi sukses dan kaya karena menoleransi dosa dan tidak ada nabi yang berteriak untuk mematikan dosa. 

Sangat tragis, begitulah dunia adanya, kita harus kembali ke jalan yang benar, sebelum murk aitu benar-benar menghampiri. Selama masih ada kesempatan panggilan untuk bertobat selalu ada. Untuk kembali dan percaya kepada Yesus, untuk mematikan kemesuman di dalam diri, keserakahan, kemabukkan, dan segala hal yang cemar dan melawan Allah yang kudus dan mulia. 

Kita ada di dunia yang berdosa, setiap hari dosa ada di mana-mana bahkan diri kita adalah pendosa. Jika kita tidak bertobat setiap hari, maka kitalah orang sombong yang pasti akan merasakan sengatan dosa yang membawa ke dalam kegelapan dan malapetaka. Kiranya pembacaan kita Hosea dapat membawa Anda pada pertobatan dan merenungkan kembali kedalaman diri Anda, kita yang adalah pemberontak, Israel yang adalah gambaran nyata dari kedalaman diri yang bersundal dengan dosa.

Kristus adalah Hosea sempurna, Yesus yang datang ke dalam kegelapan dunia yang penuh dosa. untuk mencari, mengajari, dan memberikan kehidupan yang  baru. Kristus yang mati untuk menjadi pendosa menggantikan Anda dan saya sehingga kita menjadi benar dan kudus, ketika percaya kepada-Nya. Karena kebenaran dan kekudusan Yesuslah yang diberikan kepada kita.

Dia yang tidak mengenal dosa telah dibuat-Nya menjadi dosa karena kita, karena kasih yang besar, rahmat yang sejati dari pencipta alam semesta. Dia yang kudus dan mulia memanggil kita untuk menjadi kudus dan berkenan kepada-Nya. Inilah panggilan harian Anda dan saya  yaitu menjadi kudus, karena Kristus di dalam kita, kita meninggalkan dosa dan hidup hanya untuk kemuliaan Allah hari lepas hari.

Teks Doa Syafaat Kristen Protestan Hosea 4:1-19

Doa:

Tuhan aku berdosa untuk kehidupan yang ada di dalam dunia yang fana, di dalam daging dan darah yang berdosa dan tidak memiliki kuasa untuk melawan dosa. Namun, aku percaya ada kuasa Roh Kudus di dalam aku, ada kuasa kebangkitan di dalam aku. Dan ada kuasa yang menyelamatkan. Aku mohon kepada-Mu Tuhan bagi setiap kami yang Engkau pilih menjadi pemimpin rohani, pembimbing rohani.

Baik itu kami guru Agama, pendeta, majelis, penginjil, dosen teologi, dan pelayan-pelayan-Mu yang terus dengan hati yang berkobar hidup hanya untuk Injil-Mu. Kami, Engkau berikan kuasa untuk dapat menjadi orang-orang yang mengasihi seperti Kristus mengasihi, kami diubahkan untuk membenci kebohongan dan hidup untuk kejujuran. Secara jujur membukakan dosa, secara jujur menyerukan pertobatan dan memberitakan sifat-sifat Allah yang kudus dan mulia dan dapat murka terhadap dosa.

Aku berdoa untuk semua anak-anak muda yang memberikan diri mereka bagi pelayanan-Mu. Tuhan jangan biarkan mereka sendiri dalam pelayanan Injil dan pemuridan ini, berikan mereka juga pengertian akan pelayan-pelayan yang mendalam, tidak dangkal dan hidup bagi diri sendiri. 

Tetapi, pelayan-pelayan yang bagaikan nabi, bagaikan rasul dan bagaikan nyala api yang besar dan memiliki kerinduan yang amat besar. Untuk hidup tidak lagi memusingkan setiap pengecukupan hidup mereka saja. Tetapi kehidupan yang fokus pada pelayanan Injil dan membawa orang-orang bertumbuh ke arah Kristus. sehingga persundalan rohani dimatikan dan Yesus saja yang indah bagi hati dan pikiran.

Pada dasarnya Tuhan, aku meminta pada-Mu penuai-penuai yang secara mendalam dalam hal berteolgi, hidup kudus dan benar-benar membenci dosa dan haus dan sangat haus untuk semakin cinta pada Alkitab, mempelajarinya dan merenungkannya setiap saat. Tuhan tolong dengarkanlah aku yang hina ini, permohonanku yang sangat tidak berdaya ini.

Tuhan aku berdoa bagi gereja-gereja yang hari ini terus bersundal dengan harta dunia, dengan semua kenyamanan, dan mereka yang bersundal dengan janji-janji kehidupan modern yang menjanjikan kenyamanan dan kemegahan dan semua cita-cita hidup lebih baik, lebih mapan, dan lebih dipuaskan oleh semua keduniawian. Agar gereja-gereja yang demikian sesat, bertobat. 

Aku berdoa dan memohon belaskasih-Mu. Untuk membawa mereka kembali ke Injil yang murni, Injil yang bertumbuh, Injil yang menyerukan pemberitaan Injil bagi dunia dan Injil yang memanggil mereka untuk menyangkal diri dan memikul salib. Tuhan bawalha gereja-Mu ke dalam kehidupan yang bertobat dan diubahkan untuk hidup untuk pelayanan yang sejati sama seperti-Mu melayani, sama seperti-Mu mengasihi dan sama seperti Yesus telah berkotban untuk hidup bagi sesama manusia.

Tuhan aku berdoa bagi bangsa di mana aku duduk saat ini, bagi bangsa ini, Injil terus tersebar, bagi bangs aini turun berkat-Mu dan curahan kasih setia-Mu sehingga pertobatan terjadi bagi bangs aini. Tuhan, sangatlah penting bangs aini terus hidup dipengaruhi oleh Injil. Ini aku di sini mampukan aku untuk menjadi seseorang yang berdiri teguh di bangs aini sebagai pemberita Injil-Mu dan membawa orang-orang kepada-Mu dan semakin hari semakin mengasihi-Mu dan sesama manusia seperti diri sendiri.

Dalam hari-hari yang gelap ini, kemuliaan-Mulah harapanku. Aku bertobat dan memohon ampun kepada-Mu karena aku begitu sering mendapati diri-Ku adalah manusia sundal. Aku merindukan dunia ini menyenangkanku. Aku ingin dunia ini memuaskanku dan aku selalu saja terjebak untuk melakukan penyembahan berhala dan akhirnya aku ada di dalam kegelapan.

Tuhan, aku percaya aku di dalam Kristus bahwa selalu ada pengampunan. Tuhan mampukan aku untuk tidak jatuh terus-menerus, ubahkan aku, mampukan aku untuk berdisiplin, mampukan aku untuk melukai daging yang berdosa, mampukan aku untuk benar-benar melemahkan kuasa dosa di dalam diriku dan terus mematikan kecenderunganku yang jahat ini.

Tuhan, Engkaulah harapan di dalam doa memohon ampun, sebab aku telah bersalah kepada-Mu, sebab aku telah melawan Engkau, sebab aku telah memberontak terhadap Engkau. Janganlah Tuhan hilangkan kemuliaan-Mu di dalam diriku. Aku takut kehilangan semua itu, aku tidak dapat hidup di dalam ketidakkudusan. Aku benci diriku yang berdosa, aku benci pikiranku yang sering melupakan firman-Mu aku benci perasaanku yang sering bersundal secara mendalam, aku benci perasaan yang sering curiga dan tidak pernah mau tunduk kepada kasih karunia-Mu.

Tuhan aku pendosa, ampunilah aku, bawalah aku untuk mampu bertumbuh ke arah-Mu dan untuk dijadikan oleh kuasa kebangkita-Mu. Pelayanan-Mu yang setia dan rela untuk dibentuk sesuai dengan rancangan-Mu walau itu sangat bertentangan dengan keinginan daging. Aku siap dilucuti, aku siap untuk kesakitan karena daging tidak dipuaskan oleh dosa dan aku siap untuk hidup bagi-Mu saja. Tuhan mampukan aku, mampukan aku, aku mohon mampukan aku. di dalam nama Yesus. Amin.


Posting Komentar untuk " Teks Doa Syafaat Kristen Protestan Hosea 4:1-19; Renungan Singkat Tentang Panggilan Untuk Bertobat"

 Klik Gambar di Bawah Untuk Memberikan Persembahan

 

Klik gambar untuk mendapatkan sumber 
daya renungan berpusat pada Injil