Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ayat Alkitab Renungan Tentang Mencari Tuhan

Ayat Alkitab Renungan Tentang Mencari Wajah Tuhan

Renungan Tentang Mencari Tuhan 

Yesaya 55:6 (TB) Carilah TUHAN selama Ia berkenan ditemui; berserulah kepada-Nya selama Ia dekat!

Ini adalah penggilan pertobatan dari Allah yang kudus. Dia mengasihi umat-Nya. Saya rasa pribadi yang sangat mengerti betapa dosa membinasakan adalah Allah sendiri. pemberontakan kita yang menjanjikan hal indah, tetapi semua itu palsu.

Ketika nabi Yesaya menyerukan kepada bangsa Israel carilah Tuhan, pada waktu itu Israel sedang berada di dalam kebobrokan moral. Penyembahan berhala terjadi, ketidakadilan terjadi di mana-mana di Israel. Perbuatan dosa, kehidupan yang jauh dari Allah dan tidak mengenal Allah, keadaan yang biasa-biasa saja.

Mereka berada di dalam keadaan ekonomi yang baik-baik saja, kekayaan melimpah. Dari sini kita belajar, bahwa kekayaan yang melimpah tidak serta merta membawa seseorang menyembah Tuhan. Keselamatan tubuh jamsmani, mujizat, tidak serta merta menjadikan seseorang bertobat.

Panggilan pertobatan ini, diserukan oleh Allah sendiri melalui nabi Yesaya, ini adalah panggilan penuh kasih dari Allah, Dia yang telah menebus bangsa Israel. Dia yang telah membebaskan mereka dari perbudakan, dari penjajahan banyak bangsa. Dia yang berkali-kali mendatangkan pahlawan bagi mereka dan melepaskan mereka dari malapetaka.

Allah ingin bangsa Israel kembali mencari Dia, Allah yang sama dengan kasih yang sama dan siap mendidik hingga melenyapkan manusia berdosa. Masih menunggu pertobatan, masih menunggu mereka kembali. Allah yang sama, saat ini memanggil Anda dan saya, carilah Dia, temukanlah wajah-Nya.

Yesus yang telah Allah karuniakan kepada kita, Dia adalah berkat sejati yang telah dilimpahkan kepada kita, Dia disalibkan. Untuk menebus kita dari kutuk dosa, dari hukuman dosa, dari dos aitu sendiri. Dosa yang mengikat leher kita sejak kita ada di dalam kandungan ibu kita.

Yesus menjelaskan, pengajaran yang membuat kita tercengang. Pengajaran yang meruntuhkan cara berpikir kita tentang bahwa kita mampu mendapatkan Allah. Tetapi Allah sendiri yang mampu mencari manusia dan memilih dia untuk menjadi umat-Nya.

Yohanes 15:16 (TB) Bukan kamu yang memilih Aku, tetapi Akulah yang memilih kamu. Dan Aku telah menetapkan kamu, supaya kamu pergi dan menghasilkan buah dan buahmu itu tetap, supaya apa yang kamu minta kepada Bapa dalam nama-Ku, diberikan-Nya kepadamu.

Inilah kasih karunia yang sangat melimpah itu, dari ayat ini kita dapat mengerti dua hal yang bertentangan dengan konsep dunia. Di mana dunia mengajarkan bahwa manusialah pusat dari alam semesta. Tetapi melalui Injil kita mengerti bahwa Allahlah pusat dari alam semesta.

Dialah yang memilih kita, menyelamatkan kita dan membebaskan kita dari kutuk dosa. sama seperti Abraham yang Allah pilih, untuk menjadi berkat bagi bangsa-bangsa. Dan berkat itu sekarang Anda dan saya dapat nikmati di dalam Yesus.

Begitulah kita dipanggil untuk mencari wajah Tuhan, untuk bertobat dari keinginan yang duniawi. Karena keinginan itu membawa kita pada kesesatan hidup, kebinasaan kekal dan keterpisahan dari Allah sampai selama-lamanya. Carilah wajah Tuhan, berarti merenungkan Injil, merenungkan Yesus yang telah hidup dan telah mati menanggung semua dosa dan hukuman dosa kita.

Kita hari ini, dapat mencari Allah, dapat berdoa dengan penuh keyakinan dan dengan hati yang hancur bertobat. Karena kita dapat melihat dengan jelas semua dosa, semua kebobrokan, dan semua kerusakkan yang ada di dalam kita karena kita telah melawan TUHAN.

Sekarang marilah carilah Tuhan wahai orang percaya, sekarang marilah merenungkan Injil dan bagaimana Injil membawa kita pada Kristus yang sejati. Dia yang memangil kita untuk menyangkal diri dan memikul salib lalu mengikuti Dia.

Carilah Tuhan berarti melepaskan ke-aku-an dan mengenakan kehendak yang baru. Yaitu kehendak Kristus, kehidupan Kristus sebagapi pusat dari keteladanan. Kita dihidupkan di dalam Dia, untuk menjadi terus serupa dengan Dia.

Sama seperti Yesus yang telah taat kepada Allah Bapa sampai mati di kayu salib. Demikianlah Anda dan saya dipanggil untuk taat. Menjadi anak Allah yang menikmati hubungan untuk memuji dan menyembah kemuliaan-Nya. Saudaraku tujuan hidup kita adalah Tuhan, jika bukan Tuhan tujuan hidup kita, maka kita benar-benar binasa. 

Sekarang marilah kita, merenungkan ayat-ayat yang meyerukan kepada kita untuk kita mencari Tuhan dengan baik dan melakukannya. Melakukannya dengan cara bersaat teduh, belajarlah Alkitab, lihatlah bagaimana Yesus yang telah menjadi manusia. Dialah pusat dari semua berita dan cerita yang ada di Alkitab.

Berdoalah, berdoalah karena berdoa merupakan kehendak Tuhan dan hal paling praktis yang dapat kita lakukan sebagai wujud dari mencari Tuhan. Kehidupan yang mencari Tuhan, tidak dapat dipisahkan dari hidup yang terus mempelajari Alkitab dan kehidupan yang terus berdoa. 

Merenungkan Injil setiap saat, memberitakan Injil kepada diri sendiri. Sampai Injil benar-benar menyerap ke dalam hati dan pikiran. Hingga kehidupan kita diubahkan oleh Injil, menjadi seseorang yang berkobar untuk memberitakan Injil. Memancarkan gaya hidup yang benar-banar dipengarahi oleh kuasa Injil.

Baca Juga: Ayat Alkitab tentang kekuatan

Saudaraku, mecari Tuhan adalah tindakan terus-menerus yang harus kita kerjakan di dalam kasih karunia yang melimpah dari Allah. Maka marilah kita hidup sebagai orang-orang yang hanya menginginkan Kristus dan sampai akhirnya kita dipanggil untuk bertemu muka dengan Dia dengan sukacita yang melimpah di dalam Dia. Amin.

Ayat-ayat Alkitab Tentang Mencari Tuhan

1 Tawarikh 16:11

Carilah TUHAN dan kekuatan-Nya, carilah wajah-Nya selalu! 

Mazmur 27:8

Hatiku mengikuti firman-Mu: "Carilah wajah-Ku"; maka wajah-Mu kucari, ya TUHAN. 

Mazmur 105:4

Carilah TUHAN dan kekuatan-Nya, carilah wajah-Nya selalu! 

Yesaya 34:16

Carilah di dalam kitab TUHAN dan bacalah: Satu pun dari semua makhluk itu tidak ada yang ketinggalan dan yang satu tidak kehilangan yang lain; sebab begitulah perintah yang keluar dari mulut TUHAN, dan Roh TUHAN sendiri telah mengumpulkan mereka.  

Amos 5:4

Sebab beginilah firman TUHAN kepada kaum Israel: "Carilah Aku, maka kamu akan hidup! 

Amos 5:6

Carilah TUHAN, maka kamu akan hidup, supaya jangan Ia memasuki keturunan Yusuf bagaikan api, yang memakannya habis dengan tidak ada yang memadamkan bagi Betel. 

Amos 5:14

Carilah yang baik dan jangan yang jahat, supaya kamu hidup; dengan demikian TUHAN, Allah semesta alam, akan menyertai kamu, seperti yang kamu katakan. 

Zefanya 2:3

Carilah TUHAN, hai semua orang yang rendah hati di negeri, yang melakukan hukum-Nya; carilah keadilan, carilah kerendahan hati; mungkin kamu akan terlindung pada hari kemurkaan TUHAN.

1 Tawarikh 28:9

Dan engkau, anakku Salomo, kenallah Allahnya ayahmu dan beribadahlah kepada-Nya dengan tulus ikhlas dan dengan rela hati, sebab TUHAN menyelidiki segala hati dan mengerti segala niat dan cita-cita. Jika engkau mencari Dia, maka Ia berkenan ditemui olehmu, tetapi jika engkau meninggalkan Dia maka Ia akan membuang engkau untuk selamanya.

2 Tawarikh 15:2

Ia pergi menemui Asa dan berkata kepadanya: "Dengarlah kepadaku, Asa dan seluruh Yehuda dan Benyamin! TUHAN beserta dengan kamu bilamana kamu beserta dengan Dia. Bilamana kamu mencari-Nya, Ia berkenan ditemui olehmu, tetapi bilamana kamu meninggalkan-Nya, kamu akan ditinggalkan-Nya.

Baca Juga: Renungan Amsal 10:1 

2 Tawarikh 15:4

Tetapi dalam kesesakan mereka berbalik kepada TUHAN, Allah orang Israel. Mereka mencari-Nya, dan Ia berkenan ditemui oleh mereka. 

2 Tawarikh 15:15

Seluruh Yehuda bersukaria atas sumpah itu, karena dengan segenap hati mereka bersumpah setia dan dengan kehendak yang bulat mereka mencari TUHAN. TUHAN berkenan ditemui oleh mereka dan mengaruniakan keamanan kepada mereka di segala penjuru.

Doa tentang mencari Tuhan

Kasih karunia yang melimpah, telah mengubahkan kami dari yang mati menjadi hidup. Dari yang budak menjadi anak Allah. Dari yang binasa mendapatkan kehidupan kekal. Allah yang kudus yang mulia berikan kami rahmat-Mu untuk dapat terus mendapatkan diri kami sadar bahwa kasih setia-Mu adalah tujuan hidup kami.

Berikan kami kehidupan yang kuat, untuk memuji dan memuliakan-Mu, melihat  terus kuasa dan keindahan Allah. sehingga hari-hari kami yang singkat saat ini, hanya untuk melakukan kehendak-Mu dan mencari wajah-Mu.

Tolong kami untuk dapat terus mencari wajah-Mu ya Allah, sebab kami begitu gampang hidup bagi dunia ini dan mencari apa yang dunia dapat berikan. Kami bertobat dan keinginan hati kamu hanya mencari wajah-Mu.

Bertemu Kristus Tuhan kami, kekasih hati kami dan berkat terbesar kami. Dia yang telah mengaruniakan kasih karunia dan anugerah yang sangat besar. Tuhan, tolong kami, mampukan kami sebab kami tidak mampu tanpa-Mu. Di dalam nama Yesus. Amin.

Posting Komentar untuk "Ayat Alkitab Renungan Tentang Mencari Tuhan"

 Klik Gambar di Bawah Untuk Memberikan Persembahan

 

Klik gambar untuk mendapatkan sumber 
daya renungan berpusat pada Injil