Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ayat Alkitab Tentang Kekuatan; Bahan Renungan Refleksi Singkat

Ayat Alkitab Tentang Kekuatan; Bahan Renungan Refleksi Singkat

Memberikan diri kita kekuatan setiap hari, melalui makanan rohani yaitu ayat firman TUHAN. Ketika kita percaya Kristus, kita dijadikan anak-anak Allah yang dikasihi. Injil adalah pangilan pertobatan, untuk meninggalkan dosa dan membenci setiap kecenderungan kita yang suka melawan Tuhan dan tidak taat kepada-Nya.

Kita dipanggil untuk kudus, semakin serupa dengan Kristus, semakin hari berjalan di jalan yang dilalui Yesus. Karena esensi dari Kekristenan adalah Kristus, Kristus yang disalibkan, Ia yang memberikan diri-Nya sebagai korban yang sempurna. 

Ayat Alkitab tentang kekuatan, tentunya kekuatan sejati kita sebagai manusia adalah kedalaman diri kita, kedalaman hati kita yang telah dipengaruhi dan diperbaharui oleh Injil. Maka dari itu, Injil Yesus Kristus tidak akan pernah memiliki tujuan hanya sekedar mengubahkan perilaku kita, tetapi yang menjadi fokus Injil adalah hati yang baru.

Di dalam Kristus kita akan terus disempurnakan di dalam kasih karunia, sehingga semakin menginginkan Kristus saja. Karena kekuatan sejati, pengharapan akan kehidupan hanya ada di dalam Dia. Injil merupakan kuasa Allah yang menyelamatkan, Injil adalah kekuatan Allah yang membawa orang berdosa ke dalam ruangan pengampunan, maka Injil adalah berita salib yang sangat esensi.

Setiap ayat Alkitab yang saya sajikan akan disertai penjelasan singkat dari saya, berupakan kutipan singkat. Saya berdoa kiranya renungan singkat ayat-ayat Alkitab kali ini memberikan pengertian yang mendalam akan Injil sejati dan Anda semakin mengasihi Kristus.

Ayat Alkitab Tentang Kekuatan; Bahan Renungan Refleksi Singkat

1. Injil kuasa Allah

Roma 1:16-17 (TSI) Saya bangga sekali akan Kabar Baik tentang Kristus itu, karena Allah bekerja melalui kabar yang penuh kuasa itu untuk menyelamatkan setiap orang yang percaya penuh kepadanya, baik orang Yahudi maupun orang bukan Yahudi. Karena kabar itu menyatakan bagaimana Allah membenarkan manusia di dahapan-Nya – yaitu hanya karena percaya saja. Hal itu sesuai dengan yang tertulis dalam Firman Allah, “Orang yang dianggap benar oleh TUHAN akan hidup untuk selama-lamanya karena percaya penuh kepada-Nya.”

Kuasa Allah untuk kehidupan yang benar ada di dalam Kristus, sebab kebenaran Kristus diberikan kepada kita ada di dalam kita, kita dilayakkann karena Kristus. Berkuasa melayakkan kita dan kita menerima pengampunan yang sempurna dari Dia. 

Hanya melalui salib, maka adanya kehidupan kekal, kita menjadi milik Allah yang ia kasihi, kita ditebus untuk menerima sukacita di dalam Dia karena kekuatan-Nya diberikan kepada kita, Kristus menjadi milik kita dan kita menjadi milik-Nya. Kekuatan Injil, memberikan pengharapan akan pengampunan dosa, akan kehidupan yang bertobat dan selalu diperbaharu dari hari ke hari.

2. Memuliakan kekuatan-Nya

Keluaran 15:2 (TB) TUHAN itu kekuatanku dan mazmurku, Ia telah menjadi keselamatanku. Ia Allahku, kupuji Dia, Ia Allah bapaku, kuluhurkan Dia.

Kebesaran dan kemurahan Tuhan, merupakan sumber kekuatan hidup kita, kita adalah manusia-manusia yang rapuh dan tidak berdaya. Kita gampang hancur dan putus asa, bahkan seringkali kita merasa perlu untuk pergi dan meninggalkan Tuhan. Tetapi, marilah kita melihat kepada kesetiaan-Nya, Dia adalah kekuatan sejati dan sember sukacita untuk jiwa yang memuji Dia, sebab Dia adalah mazmur dan keselamatan kita, melalui salib, kita mengerti bagaimana Allah berbelaskasihan dan memberikan kita pengampunan dosa dan keselamatan untuk menjadikan kita milik-Nya selamanya. Muliakan Dia, pujilah Dia!

3. Penyertaan Allah

Yosua 1:9 (TB) Bukankah telah Kuperintahkan kepadamu: kuatkan dan teguhkanlah hatimu? Janganlah kecut dan tawar hati, sebab TUHAN, Allahmu, menyertai engkau, ke manapun engkau pergi.

Tentang Dia dan rancangan-Nya, kehidupan yang ditolong oleh-Nya untuk tetap kuat berada dalam kehendak-Nya yang besar. Kehendak-Nya yang tidak akan bisa kita kerjakan sendiri. kekuatan Allah, memberikan kita harapan bahwa kita pasti berhasil di dalam rancangan-Nya, berikan diri dan berserah untuk tetap bergantung kepada-Nya dan melakukan yang Ia serukan bagi kehidupan yang bersukacita di dalam Dia. 

Rancangan Kristus yang disalibkan, membawa banyak jiwa keluar dari kematian, membawakan mereka cahaya Injil dan terus bertumbuh di dalam kasih karunia, maka kuatkanlah hati dan percayalah ketika yang dikerjakan tentang kemuliaan-Nya, maka penyertaan-Nya sempurna.

4. Kristus berkat utama

2 Tawarikh 15:07 (TB) Tetapi kamu ini, kuatkanlah hatimu, jangan lemah semangatmu, karena ada upah bagi usahamu!”

Menyingkirkan berhala di hati dan pikiran, baiklah kekuatan yang ada di dalam Kristus, kita fokuskan untuk terus melihat diri. Jika menemukan berhala di sana, baiklah kita dengan segala keberanian menyingkirkan segala berhala yang merusak kehidupan kita dan kita tidak benar-benar menikmati Kristus yang mengasihi kita. Kuatkan hati dan jangan lemah, runtuhkan tugu berhala-hala kehidupan dan muliakanlah Allah yang berkuasa baik itu dalam kehidupan sekarang maupun yang akan datang.

5. Dalam kesesakan

1 Samuel 30:6 (TB) Dan Daud sangat terjepit, karena rakyat mengatakan hendak melempari dia dengan batu. Seluruh rakyat itu telah pedih hati, masing-masing karena anaknya laki-laki dan perempuan. Tetapi Daud menguatkan kepercayaannya kepada TUHAN, Allahnya.

Memungkinkan diri untuk terus berdiri di dalam kepercayaan yang teguh, ketika fokus kita adalah salib. Di mana kita berkeyakinan, keyakinan yang berasal dari kuasa Ilahhi Roh Kudus, maka pada saat inilah kita akan terus memberikan diri dalam penyerahan pada kekauatan sejati Yaitu TUHAN, di dalam Kristus kita dimampukan.

6. Menunggu

Mazmur 27:14 (TB) Nantikanlah TUHAN! Kuatkanlah dan teguhkanlah hatimu! Ya, nantikanlah TUHAN!

Tuhan sangat mengerti, bahwa rancangan-Nya tidak akan dipercepat, Ia tahu yang tepat. Tuhan bukanlah Dia yang suka tergesa-gesa. Ia lebih suka mendidik kita sehingga kekudusan hidup benar-benar menjadi kesukaan kita, hanya di dalam Kristus kita mendapatkan kekudusan yang sejati, hanya ketika Kristus menjadi kehidupan kita, maka kita menjadi milik-Nya. Maka penantian akan kemuliaan dan rancangan Tuhan, merupakan suatu penantian yang indah dan penuh harapan. Penantian yang memberikan kekuatan untuk berfokus pada rancangan Allah bagi diri, dalam kemuliaan yang Kristus anugerahkan.

7. Memperyakan kehidupan

Mazmur 28:7 (TB) TUHAN adalah kekuatanku dan perisaiku; kepada-Nya hatiku percaya. Aku tertolong sebab itu beria-ria hatiku, dan dengan nyanyianku aku bersyukur kepada-Nya.

Merayakan keindahan dan kemegahan dan kekuatan Tuhan, memberikan hati dan pikiran yang berfokus untuk memuliakan Dia dan mendapatkan Dia sebagai satu-satunya. Kemuliaan sejati yang bermurah hati dan dapat dipercaya. Tidak ada hal lain di dunia yang pantas menerima pujian dan ucapan syukur kita, hanya Kristus yang disalibkan, Dia yang telah mencurahkan darah-Nya, Ia yang mati dan ditimpakan kutuk. Agar kita yang berdosa dan percaya menerima kelimpahan kasih karunia di dalam Dia selama-lamanya.

8. Kesejahteraan batin

Mazmur 29:11 (TB) TUHAN kiranya memberikan kekuatan kepada umat-Nya, TUHAN kiranya memberkati umat-Nya dengan sejahtera!

Kedalaman jiwa yang dihidupkan di dalam kasih karunia, merupakan kepuasan yang kita dapatkan dari Allah yang berbelaskasihan. Anugerah yang Ia berikan, tidak pernah layu maupun menguap, semua itu diberikan secara Cuma-Cuma. Di hidupkan di dalam Kristus, menerikan kekuatan dari Kristus dan menerima damai sejahtera Kristus. Itulah yang Ia janjikan bagi kita yang mengikuti jalan yang Ia lalui (Yohanes 14:27).

9. Kota benteng

Mazmur 59:17 (TB) Ya kekuatanku, bagi-Mu aku mau bermazmur; sebab Allah adalah kota bentengku, Allahku dengan kasih setia-Nya.

Bernyayi bagi Allah, memikirkan dan merasakan bagaimana Ia setia dan memberikan diri-Nya. Sebagai kasih karunia yang sempurna. Ia Kota Benteng yang teguh, dari-Nya kehidupan dan kemuliaan sampai selama-lamanya. Berlindunglah dalam kota benteng yang teguh itu, bersandarlah kepada-Nya dan teruslah berharapan dan melaksanakan keinginan dan kerinduan-Nya yang teramat dalam bagi kehidupan orang percaya.

10. Allah bagianku

Mazmur 73:26 (TB) Sekalipun dagingku dan hatiku habis lenyap, gunung batuku dan bagianku tetaplah Allah selama-lamanya.

Ketika ada kabar yang mengatakan bahwa bagian Kekristenan Anda adalah segala berkat, kesehatan, pemulihan hubungan, dan kehidupan yang baik-baik saja. Itu terlalu murah dan kabar Kristen tidak memberitakan hal itu samasekali sebagai yang utama. Karena pribadi-Nyalah yang utama Ia berikan dan tidak lebih dari kebenaran yang mengembirakan ini, Ia memberikan diri-Nya yang kudus dan mulia. Menjadi sumber dari sukacita dan bagaimana kita dibawa untuk menyembah dan kagum kepada Dia, sebab Dia Allah bagian kita sampai selama-lamanya. 

11. Kekasih Allah

Daniel 10:19 (TB) dan berkata: “Hai engkau yang dikasihi, janganlah takut, sejahteralah engkau, jadilah kuat, ya, jadilah kuat!” Sementara ia berbicara dengan aku, aku merasa kuat lagi dan berkata: “Berbicaralah kiranya tuanku, sebab engkau telah memberikan aku kekuatan.

Kekuatan sejati, damai sejahtera dan jiwa yang tenang. Hanya ketika Kristus ada di dalam hati. Ia adalah Firman yang haruslah memenuhi pikiran dan hati kita yang mengaku percaya kepada-Nya. Bacalah Alkitab dan temukan Kristus, Ia akan memberikan kekuatan, sebab Ia mengasihi Anda dan saya sampai selama-lamanya.

12. Percaya kepada Sang Keselamatan

Yesaya 12:2 (TB) Sungguh, Allah itu keselamatanku; aku percaya dengan tidak gementar, sebab TUHAN ALLAH itu kekuatanku dan mazmurku, Ia telah menjadi keselamatanku.

Keselamatan yang Kristus kerjakan di atas kayu salin, merupakan dasar dari semua pujian dan penyembahan Anda dan saya kepada-Nya. Dengan tidak ragu, mempercayakan kehidupan kepada-Nya, Dialah satu-satunya keselamatan dan kekuatan dan keindahan dan kedamaian jiwa yang murni dan untuk itulah kita hidup dan berjalan, di jalan salib bersama-sama dengan Kristus. sampai selama-lamanya.

13. Kekuatan baru

Yesaya 40:31 tetapi orang-orang yang menanti-nantikan TUHAN mendapat kekuatan baru : mereka seumpama rajawali yang naik terbang dengan kekuatan sayapnya; mereka berlari dan tidak menjadi lesu, mereka berjalan dan tidak menjadi lelah.

hanya penantian dengan iman yang benar kepada Kristus, maka kekuatan yang berasal dari Roh Kudus. akan benar-benar dinikmati dalam hari-hari yang menyusahkan ini. 

Kekuatan jiwa

Markus 12:30 (TB) Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu dan dengan segenap kekuatanmu.

Kasih yang ada di dalam Kristus, dinyatakan untuk kehidupan yang semakin hari semakin bertumbuh. Menikmati Dia dan kuasa kebangkitan yang ada di dalam Dia. Inilah kekuatan kita, bahwa Kristus bersama-sama dengan kita melaksanakan kehendak Allah di dalam kita bagi kemuliaan Allah saja dan kenikmati jiwa dan hati yang tentram dan damai, di dalam Dia sampai selama-lamanya.

14. Teruslah berjaga

1 Korintus 16:13 (TB) Berjaga-jagalah! Berdirilah dengan teguh dalam iman! Bersikaplah sebagai laki-laki! Dan tetap kuat.

Dosa adalah musuh dan masalah terbesar, di dalam Kristus kita telah menjadi musuh dosa. meskipun seringkali kita diseret olehnya untuk kepuasa daging yang fana dan menyedihan. Tuhan Kaulah kekuatan dan sumber kehidupan, padamulah kasih yang mengubahkan untuk tetap teguh dan kuat dalam godaan dan dunia yang bersikap sinis.

15. Kasih karunia melimpah

2 Korintus 12:10 (TB) Karena itu aku senang dan rela di dalam kelemahan, di dalam siksaan, di dalam kesukaran, di dalam penganiayaan dan kesesakan oleh karena Kristus. Sebab jika aku lemah, maka aku kuat.

Hanya ketika Kristus di dalam kita, kehidupan yang taat dan berpenyerahan kepada-Nya. Maka Anda dan saya dapat berkata-kata bersama-sama dengan Paulus, “saat aku lemah, maka aku kuat, karena Tuhan Yesus kekuatanku.”

16. Kuat dalam Tuhan

Efesus 6:10 (TB) Akhirnya, hendaklah kamu kuat di dalam Tuhan, di dalam kekuatan kuasa-Nya.

Bersandalah di dalam kasih karunia, hanya ketika kasih Allah memenuhi hati dan pikiran. Maka kuasanya terasa sangat nyata. Bawalah firman yang tertulis, ingatlah itu siang dan malam. Dan mengerjakan segala sesuatu berdasarkan teologi kita yang benar. berdasarkan sifat-sifat Allah yang mulia dan setia. 

17. Kekuatan dari Tuhan

Filipi 4:13 (TB) Segala perkara dapat kutanggung di dalam Dia yang memberi kekuatan kepadaku.

Kristus menjadi lemah, agar kita kuat. Ia menerima salib dan kematian, agar kita hidup kekal dan tidak dihukum. Merenungkan Injil Yesus Kristus, merupakan sumber kesempurnaan batin yang terus diperbaharui dalam anugerah yang dalam. Hanya ketika salib tertencap di hati dan pikiran, maka segala perkara dapat diterima dengan melihat hanya kepada Dia Sang Penebus.

18. Allah sumber

1 Petrus 5:10 (TB) Dan Allah, sumber segala kasih karunia, yang telah memanggil kamu dalam Kristus kepada kemuliaan-Nya yang kekal, akan melengkapi, meneguhkan, menguatkan dan mengokohkan kamu, sesudah kamu menderita seketika lamanya.

Baca Juga:

Dalam kehidupaku, biarlah hati ini dan pikiran ini terpaut pada kasih-Mu ya Allah, karena hanya dari-Mulah. Aku dapat merasakan cinta yang menghangatkan dan memberikan kekuatan baru. Di dalam-Mu aku menemukan kelengkapan, kekuatan, keteguhan dan kokoh berdiri di jalan yang Tuhanku lebih dulu jalani. Untuk selamanya biarlah segala kemuliaan bagi-Mu dan aku selalu bersukacita dalam pelayanan yang indah, melayanimu melalui kehidupanku yang bermakna bagi sesama di dalan lingkupan kasih Kristus yang telah disalibkan. Amin.

Posting Komentar untuk "Ayat Alkitab Tentang Kekuatan; Bahan Renungan Refleksi Singkat"

 Klik Gambar di Bawah Untuk Memberikan Persembahan

 

Klik gambar untuk mendapatkan sumber 
daya renungan berpusat pada Injil