Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Doa Kristen Protestan; Untuk Hati yang Melayani Dalam Konteks Pemuridan Berdasarkan Yesaya 61:1-11

Doa ini, saya dedikasikan kepada anda yang memiliki hati untuk melayani, terus bergumul untuk melayani orang-orang. Kiranya doa berdasarkan Yesaya ini, memberikan kepada anda pengertian tentang apa kebutuhan mendesak kita dalam hal berdoa. 

Kebutuhan kita, akan kasih karunia dan hati yang memiliki belas kasih kepada orang-orang. Da berjuang untuk memiliki kepuasan yang terus-menerus di dalam Kristus Tuhan kita yang telah membebaskan kita dari dosa melalui kematian-Nya. Pertobatan kita yaitu mati atas diri sendiri.

Yesaya 50:4 (TB) Tuhan ALLAH telah memberikan kepadaku lidah seorang murid, supaya dengan perkataan aku dapat memberi semangat baru kepada orang yang letih lesu. Setiap pagi Ia mempertajam pendengaranku untuk mendengar seperti seorang murid.

Yesaya 61:1 (TB)

Roh Tuhan Allah ada padaku, oleh karena Tuhan telah mengurapi aku; Ia telah mengutus aku untuk menyampaikan kabar baik kepada orang-orang sengsara, dan merawat orang-orang yang remuk hati, untuk memberitakan pembebasan kepada orang-orang tawanan, dan kepada orang-orang yang terkurung kelepasan dari penjara,

Yesaya 61:2 (TB)

untuk memberitakan tahun rahmat Tuhan dan hari pembalasan Allah kita, untuk menghibur semua orang berkabung,

Yesaya 61:3 (TB)

untuk mengaruniakan kepada mereka perhiasan kepala ganti abu, minyak untuk pesta ganti kain kabung, nyanyian puji-pujian ganti semangat yang pudar, supaya orang menyebutkan mereka ”pohon tarbantin kebenaran”, ”tanaman Tuhan” untuk memperlihatkan keagungan-Nya.

Yesaya 61:4 (TB)

Mereka akan membangun reruntuhan yang sudah berabad-abad, dan akan mendirikan kembali tempat-tempat yang sejak dahulu menjadi sunyi; mereka akan membaharui kota-kota yang runtuh, tempat-tempat yang telah turun-temurun menjadi sunyi.

Yesaya 61:5 (TB)

Orang-orang luar akan melayani kamu sebagai gembala kambing dombamu, dan orang-orang asing akan bekerja bagimu sebagai petani dan tukang kebun anggurmu.

Yesaya 61:6 (TB)

Tetapi kamu akan disebut imam Tuhan dan akan dinamai pelayan Allah kita. Kamu akan menikmati kekayaan bangsa-bangsa dan akan memegahkan diri dengan segala harta benda mereka.

Yesaya 61:7 (TB)

Sebagai ganti bahwa kamu mendapat malu dua kali lipat, dan sebagai ganti noda dan ludah yang menjadi bagianmu, kamu akan mendapat warisan dua kali lipat di negerimu dan sukacita abadi akan menjadi kepunyaanmu.

Yesaya 61:8 (TB)

Sebab Aku, Tuhan, mencintai hukum, dan membenci perampasan dan kecurangan; Aku akan memberi upahmu dengan tepat, dan akan mengikat perjanjian abadi dengan kamu.

Yesaya 61:9 (TB)

Keturunanmu akan terkenal di antara bangsa-bangsa, dan anak cucumu di tengah-tengah suku-suku bangsa, sehingga semua orang yang melihat mereka akan mengakui, bahwa mereka adalah keturunan yang diberkati Tuhan.

Yesaya 61:10 (TB)

Aku bersukaria di dalam Tuhan, jiwaku bersorak-sorai di dalam Allahku, sebab Ia mengenakan pakaian keselamatan kepadaku dan menyelubungi aku dengan jubah kebenaran, seperti pengantin laki-laki yang mengenakan perhiasan kepala dan seperti pengantin perempuan yang memakai perhiasannya.

Yesaya 61:11 (TB)

Sebab seperti bumi memancarkan tumbuh-tumbuhan, dan seperti kebun menumbuhkan benih yang ditaburkan, demikianlah Tuhan Allah akan menumbuhkan kebenaran dan puji-pujian di depan semua bangsa-bangsa.

Tentang Doa yang saya tulis

Yesaya 61:1, merupakan bagian yang sama dibacakan oleh Yesus di dalam Lukas 4:18. Dan ayat ini mengacu kepada Dia. Dan saya hari ini dengan penuh keyakinan ketika saya memberikan diri saya untuk mengikut Yesus sampai pada hari kematian saya. Bahwa saya dipanggil untuk menjadi sama seperti Yesus, bahkan melayani sama seperti Dia melayani yaitu memuridkan orang-orang.

Ketika hati saya benar-benar tergugah untuk mempelajari Alkitab dengan satu tujuan yaitu mengenal Kristus dan memiliki hubungan yang mendalam dengan Dia dan pada akhirnya hati saya yang memiliki belas kasih seperti Yesus memampukan saya melakukan kehendak Yesus. Maka dari itu, baik itu, Yesaya 51:4 dan 61:1-11, menjadi dasar dari doa saya untuk pelayanan saya dalam konteks memuridkan anak-anak muda. Dan memberitakan Injil kepada orang yang belum percaya.

Pelayanan pemuridan, merupakan penyerahan diri untuk membawa pribadi bertumbuh secara mendalam untuk semakin serupa dengan Kristus. Melalui pertemuan pribadi yang terus-menerus, mempelajari Alkitab terus-menerus, dan bahan-bahan lain. Bahkan berdoa berdasarkan Alkitab, berdasarkan ayat-ayat Alkitab. Sampai akhirnya seseorang anak muda mau pun sudah tua, bertumbuh dan siap memuridkan orang lain lain.

Pemuridan harus menyangkal diri, harus memikul salib, harus berpusat pada Kristus. Hati yang berbelas kasih kepada jiwa-jiwa yang tersesat dan kebingungan dan diperbudak oleh dosa. Pemuridan merupakan perperangan rohani, di mana yang melayani terus berjuang untuk mengarahkan hati seseorang yang dimuridkan untuk taat kepada Kristus, melalui ketaatan kepada firman Kristus yang ada di Alkitab.

Doa yang akan saya tulis di sini, untuk menggugah hati saya sendiri. Dan anda yang membaca doa ini, sehingga hati yang berbelas kasih itu ada di dalam kita, kiranya Tuhan saja yang memberkati doa ini dan anda diarahkan ke hati Kristus dalam pekerjaan anda dan pelayanan.

Doa berdasarkan Yesaya 51:4 dan Yesaya 61.

Bapa yang baik, Bapa kami yang memiliki rancangan yang jauh lebih besar, indah, memuaskan dan dipenuhi kebenaran secara mutlak. Kami bersyukur kepada-Mu saja Bapa kami, kami menyerahkan seluruh kehidupan kami kepada-Mu, berikan kami kemampuan untuk taat, berikan kami hati untuk berserah dan jadikan kami alat-Mu yang berguna bagi kemuliaan-Mu. Segala pujian dan kemuliaan hanya bagi-Mu Bapa kami yang baik.

Bapa, kami melihat perbudakan dosa yang mengerikan, hati kami mengeluh penuh dengan kecemasan, kami merana di jalan sepi dan merasa sendiri. Kami diberikan tanggungan yang tidak kami inginkan sebenarnya. Tapi, biarlah nyata kehendak-Mu melalui rasa sedih yang mendalam karena melihat kebinasaan dosa yang nyata melalui setiap kenikmatan yang ia tawarkan kepada umat manusia.

Maka dari itu, melalui doa ini, berdasarkan firman-Mu yang berkuasa dan memberikan kehidupan. Kami meminta dengan sangat kepada-Mu, berikan kami telinga seorang murid yang sungguh-sungguh belajar kepada-Mu. Berikan kami mulut yang membawa firman-Mu untuk memberikan kekuatan kepada yang letih lesu.

Tetapi, sebelum itu kami sangat mengerti kami berdosa, binasa dan seringkali berpusat pada diri kami. Bukannya kami melihat kepada Yesus yang disalibkan dan bangkit. Kami dengan bodoh melihat diri kami sendiri, kami begitu gampang berpusat pada diri kami. Maka Bapa yang baik, tolong ampuni kami, sucikan kami dengan darah Kristus Tuhan kami, berikan kami kebenaran dan kekudusan. 

Sadarkan kami bahwa musuh kami adalah diri kami, daging kami, dan dosa oleh karena setan yang ingin kami semakin menjauh dari-Mu dan tidak melayani-Mu. Bapa ampuni kami, sehingga kami dapat memuliakan-Mu dengan penuh keberanian di dalam kekudusan yang Kristus berikan kepada kami menghadap kemuliaan-Mu dan melayani-Mu untuk membawa orang-orang kepada Kristus dengan penuh belas kasihan.

Inilah yang kami inginkan yaitu Kritus saja, kami dijadikan untuk serupa dengan Dia, kami dijadikan taat seperti-Nya. Kami dijadikan untuk seperti Kristus sehingga dunia dapat tahu bahwa kami adalah murid-murid Yesus yang datang untuk menguatkan yang letih lesu. Membebaskan tawanan dari perbudakan dosa dan membawa mereka kepada Yesus untuk taat kepada-Nya sampai akhir kehidupan mereka.

Seperti Yesus yang menerima Roh Tuhan Allah, ada pada-Nya, demikianlah kami para murid-Nya menginginkan Pribadi yang sama. Tanpa Roh Kudus, tidak akan bisa kami melayani Kristus, membawa orang-orang kepada Kristus, secara mendalam dan membawa mereka untuk selalu kembali ke Alkitab, yang menjadi sumber pengenalan akan Allah yang sejati, pengenalan akan Yesus yang telah menyelamatkan manusia dari dosa dan kutuk hukuman dosa.

Bapa yang baik, kami memohon berikan kami hati yang berbelas kasih kepada sesama kami, berikan kami kekuatan untuk dapat menguatkan mereka, berikan kami kasih karunia sehingga hanya Engkau saja yang kami percaya yang memampukan kami melayani orang-orang ini. 

Keberhasilan kami adalah karena-Mu, jika kami gagal kami tetap aman di dalam Yesus dan terus berjuang dalam kasih karunia untuk membangun reruntuhan yang berabad-abad telah sunyi sehingga di sana ada sorak kehidupan dan pujian kepada Allah Bapa yang baik.

Kami diberikan kuasa untuk memberitakan tahun rahmat TUHAN, memberikan penghiburan bagi yang berkabung. Untuk bersama-sama mengalahkan dosa, membawa pujian hanya bagi Tuhan sampai selama-lamanya. 

Kami tahu, ya Bapa, Engkau telah menjadikan kami hamba Kristus, apa pun pekerjaan kami. Ketika kami percaya, kami belajar kepada Yesus, kami membaca Alkitab kami dan mendalaminya secara pribadi. Kami diberikan kuasa dan bersukacita karena Yesus kepuasan kami, kami dibenarkan di dalam Yesus saja. Di dalam nama Yesus kami berdoa amin.

Posting Komentar untuk "Doa Kristen Protestan; Untuk Hati yang Melayani Dalam Konteks Pemuridan Berdasarkan Yesaya 61:1-11"

 Dapatkan sumber daya berpusat pada Injil, melalui renungan-renungan yang berpusat pada Injil;

Klik Gambar di Bawah;