Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Renungan Harian Kidung Agung 1:13

Renungan Alkitab Kidung Agung 1:13

DIA lah Kekasih

Bagiku kekasihku bagaikan sebungkus mur. Kidung Agung 1:13

Mur merupakan pilihan yang baik untuk menggambarkan Yesus karena berharga, wangi, nikmat, berkhasiat penyembuhan, awet, memiliki fungsi desinfektan, dan berhubungan dengan pengorbanan. Tapi mengapa Dia dibandingkan dengan "sebungkus mur"? 

Pertama, karena banyak. Dia bukanlah setetes mur, Dia satu peti penuh. Dia bukan setangkai atau sekuntum, tetapi sebungkus penuh. 

Semua kebutuhanku dicukupkan di dalam Kristus; kiranya diriku tidak berlambat-lambat berbakti bagi Dia. Yesus yang kita cintai digambarkan dengan "sebungkus", karena keanekaragaman: karena di dalam Kristus bukan hanya satu hal yang penting, tetapi "dalam Dialah berdiam secara jasmaniah seluruh kepenuhan ke-Allahan (Kolose 2:9);" segala sesuatu yang diperlukan ada di dalam diri-Nya. 

Perhatikan Yesus dalam berbagai karakter-Nya, dan engkau akan melihat keanekaragaman yang menakjubkan—Nabi, Imam, Raja, Suami, Sahabat, Gembala. 

Renungkan Dia dalam kehidupan-Nya, kematian-Nya, kebangkitan-Nya, kenaikan-Nya, dan kedatangan-Nya yang kedua; pandanglah Dia dalam kebajikan, kelembutan, keberanian, penyangkalan diri, cinta, kesetiaan, kebenaran, dan keadilan-Nya—di mana saja Dia adalah sebungkus yang berharga. 

Dia adalah “sebungkus mur” karena pengawetan—tidak ada sebutir pun mur yang jatuh ke lantai atau diinjak-injak, tetapi mur dalam bungkus, mur untuk disimpan di dalam peti. 

Kita harus menghargai Dia sebagai harta karun yang terbaik; kita harus menjunjung kata-kata-Nya dan ketetapan-Nya; dan kita harus menyimpan pikiran kita akan Dia dan pengetahuan akan Dia dengan kunci gembok, agar jangan sampai setan mencuri sesuatu dari kita. 

Terlebih lagi, Yesus adalah "sebungkus mur" karena kekhususan; lambang ini menunjukkan konsep kasih karunia yang istimewa dan membeda-bedakan. 

Dari sebelum dunia dijadikan, Dia telah dikhususkan bagi umat-Nya; dan Dia memberikan wewangian-Nya hanya untuk mereka yang mengerti caranya masuk ke dalam persekutuan bersama Dia, untuk memiliki hubungan yang akrab dengan Dia. 

Oh! diberkatilah mereka yang telah Tuhan bukakan rahasia-rahasia-Nya, dan yang baginya Ia telah mengkhususkan diri-Nya. Oh! terkhususkan dan bahagia, orang-orang yang dengan itu berkata, "Bagiku kekasihku bagaikan sebungkus mur."

Yesus sangat berharga

Demikianlah kita harus selalu merenungkan Kristus yang telah disalibkan, Dia yang hidup menggantikan kita, kita dilahirkan dalam pemberontakan. Oleh karena Yesus Kristus, kita dihidupkan kembali dalam kemuliaan dan ketaatan Yesus kepada Allah Bapa. 

Demikianlah ketika sadar akan keberdosaan yang mematikan, kita sadar akan hidup yang sia-sia jika tidak bersama Yesus. Jika tidak disalibkan bersama Dia dan mati dalam kedagingan dengan Dia. Betapa sia-sianya hidup kita yang fana, tidak mendapatkan harta berharga, kemuliaan yang ada dalam kasih karunia yang melimpah dari-Nya.

Marilah lihat, Dia, karena Dialah yang berharga, dalam Dialah segala kepenuhan hidup dalam dirasakan. Karena Dialah kita dibebaskan dari dosa, kita dapat memuji kemuliaan Allah dalam kepuasan dan kekaguman. Kita meninggalkan diri kita sendiri, dan mengkut Yesus sampai mati.

Betapa Yesuslah yang telah menjadi kekasih yang setia, Dia Tuhan yang berkuasa rela menjadi sangat hina. Agar kita yang hina dijangkau oleh-Nya dan membentuk ulang diri kita sehingga kita dapat hidup dalam kemuliaan dan kebenaran-Nya sampai akhirnya bertemu muka dengan-Nya. Yesuslah Mur yang wangi, Dialah harta yang akan membuat kita menjual harta kita dan membeli ladang yang telah menyimpan harta terpendam itu (Matius 13:44).

Terpujilah TUHAN sampai selama-lamanya.

____________________

RENUNGAN PAGI (diterjemahkan dari Morning and Evening: Daily Readings, Charles H. Spurgeon).

Isi renungan ini bebas untuk disalin dan disebarluaskan.

Renungan karya Charles H. Spurgeon ini, telah menjadi bahan saat teduh wajib oleh penulis selaku pembaca, hasil refleksi pribadi pelajaran-pelajaran rohani yang menguatkan dan memperkenalkan kepada Allah yang sejati telah penulis sediakan dibawah tulisan asli karya clasik. (Yesus sangat berharga).

Posting Komentar untuk "Renungan Harian Kidung Agung 1:13"