Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Renungan Harian Roma 8:28 (Rick Warren)

Renungan Harian 16 Oktober 2022; Roma 8:28 (Rick Warren)

Tuhan Dapat Menggunakan Kesalahan Anda untuk Kebaikan-Nya

oleh RICK WARREN — 16 OKTOBER 2022

Sumber; https://pastorrick.com/god-can-use-your-mistakes-for-his-good-3/

“Kita tahu bahwa dalam segala hal Tuhan bekerja untuk kebaikan dengan orang-orang yang mengasihi Dia, orang-orang yang Dia panggil sesuai dengan tujuannya.” Roma 8:28 (GNT)

Mari kita hadapi itu. Anda dan saya melakukan hal-hal bodoh dari waktu ke waktu. Kami membuat kesalahan.

Tetapi tidak ada yang pernah Anda lakukan di luar kemampuan Tuhan untuk menggunakannya. Anda mungkin membuat kesalahan, tetapi Tuhan tidak.

Alkitab mengatakannya seperti ini dalam Roma 8:28: “Kita tahu bahwa dalam segala hal Allah bekerja untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, mereka yang dipanggil-Nya sesuai dengan tujuannya” (GNT).

Ketika Anda membuat kesalahan yang bodoh, Tuhan berjanji Dia dapat menggunakannya untuk kebaikan.

Saya ingin menjadi jelas, meskipun. Ini bukan janji untuk semua orang. Ayat tersebut tidak mengatakan bahwa Tuhan mengerjakan segala sesuatu untuk kebaikan bagi mereka yang hidup dalam pemberontakan melawan Dia atau bagi mereka yang tidak hidup untuk tujuan-Nya.

Janjinya adalah untuk orang-orang yang datang kepada Tuhan dan berkata, “Saya ingin hidup untuk tujuan Anda. Saya tidak selalu melakukannya dengan benar. Tapi saya ingin melakukan hal yang benar. Aku ingin mempercayaimu, dan aku ingin mengikutimu.” Lakukan itu, dan Tuhan akan mengambil semuanya dan menggunakannya untuk kebaikannya.

Itu alasan untuk sukacita.

Ketika Anda menyerahkan hidup Anda di tangannya, itu tidak berarti Anda tidak akan pernah melakukan kesalahan lagi. Anda masih akan membuat keputusan yang buruk. Anda masih akan kacau. Tapi Tuhan bisa memasukkan semuanya ke dalam rencana-Nya.

Tidak ada rencana B untuk hidup Anda. Tuhan tahu semua kesalahan yang Anda buat sebelum Anda lahir. Dia juga tahu dia akan memasukkan kesalahan itu ke dalam rencananya.

Artinya, Anda bisa bersantai. Anda bisa berhenti cemas. Anda bisa beristirahat. Lakukan yang terbaik dengan apa yang Tuhan berikan. Dia akan mengerjakan semuanya sesuai rencananya.

Refleksi Pribadi 

Saya merenungkan, bahwa saya selalu membuat keputusan yang salah di dalam hidup saya, saya hidup menyakiti sesama saya, bahkan diri saya sendiri. Ketika saya berjanji, janji tersebut tidak saya kerjakan, saya di dalam segala kesalahan saya, seringkali membuat diri saya sendiri frustasi dan enggan untuk hadir kembali di dalam setiap fakta kehidupan ini. 

Ini benar-benar payah, diri saya sendirilah yang sangat payah, saya melihat bahwa diri saya orang berdosa. Di balik semua kesalahan saya, ada realitas dosa yang masih melekat pada diri saya. Jiwa saya ingin selalu taat kepada Allah, ingin selalu menikmati Dia dan memberikan keseluruhan hidup saya kepada-Nya. Namun pada saat yang sama keinginan daging saya, memerintah untuk mengambil keputusan berdasarkan hikmat saya.

Namun, melalui renungan yang ditulis oleh Rick Warren, membawa saya pada kasih karunia, untuk selalu kembali pada kebesaran belas kasih Kristus yang telah disalibkan dan telah bangkit. Saya telah gagal, namun rencana Allah bagi hidup saya tidak gagal, Dia ingin selalu saya taat dan menjadi alat untuk kemuliaan nama-Nya.

Inilah saya Tuhan, Engkau dapat melihat betapa saya ingin selalu taat kepada-Mu, saya percaya bahwa di dalam-Mu, saya telah melakukan kesalahan. Tetapi rencana-Nya, kuasa-Mu tindakan-Mu di luar kemampuan saya, Engkau telah memperbaikki semua itu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang benar-benar bertekad untuk taat kepada kehendak-Mu.

Tolong saya, untuk hidup bagi tujuan-Mu, untuk melakukan apa yang Engkau inginkan atas hidup saya yang sekarang adalah milik-Mu. Tuhan saya sadar, bahwa hari-hari kemarin saya telah membuat keputusan yang salah, bahkan sangat fatal jika dipikirkan saya secara manusia. Namun saya percaya, di dalam-Mu, kesalahan itu, Engkau sendiri yang bekerja untuk memperbaikinya dan membawa saya kepada diri-Mu untuk melakukan kehendak-Mu. Amin.

Posting Komentar untuk " Renungan Harian Roma 8:28 (Rick Warren)"

 Dapatkan sumber daya berpusat pada Injil, melalui renungan-renungan yang berpusat pada Injil;

Klik Gambar di Bawah;