Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Renungan Harian Roma 8:31 (Rick Warren)

Renungan Harian 17 Oktober 2022; Roma 8:31 (Rick Warren)

Jangan Takut—Tuhan Ada Bagi Anda!

OLEH Rick Warren — 15 OKTOBER 2022

Sumber: https://pastorrick.com/fear-not-god-is-for-you-3

“Apa yang akan kita katakan tentang hal-hal indah seperti ini? Jika Tuhan di pihak kita, siapa yang bisa melawan kita?” Roma 8:31 (NLT)

Psikolog telah mengidentifikasi ratusan ketakutan yang dapat dimiliki orang. Ketakutan adalah masalah universal—dan itu menghilangkan kegembiraan Anda.

Tapi inilah kabar baiknya: Anda tidak perlu takut. Anda memiliki Tuhan di pihak Anda!

Alkitab mengingatkan Anda, “Apa yang akan kami katakan tentang hal-hal yang luar biasa seperti ini? Jika Tuhan di pihak kita, siapa yang bisa melawan kita?” (Roma 8:31 NLT)

Dengan Tuhan di sisi Anda, Anda tidak perlu apa-apa lagi. Tuhan ditambah satu sama dengan mayoritas.

Apa ketakutan terbesarmu? Apakah itu rasa malu? Kegagalan? Penolakan? Mengecewakan orang lain? Tidak cocok?

Setan menggunakan semua ketakutan ini untuk merampas kebahagiaan Anda. Dia tahu apa yang akan membuatmu bahagia, jadi dia menciptakan ketakutan untuk menentang hal-hal itu.

Misalnya, Setan tahu bahwa menaati Tuhan akan selalu membawa Anda sukacita. Jadi, dia membuat Anda takut dengan apa yang akan dipikirkan orang lain jika Anda melakukan hal yang benar. Dia membuat Anda lebih khawatir tentang popularitas Anda daripada menyenangkan Tuhan.

Setan juga tahu bahwa salah satu sumber sukacita terbesar dalam hidup adalah ketika Anda berbagi kasih Kristus dengan orang yang tidak percaya. Jadi, dia membuat Anda takut untuk memberi tahu orang-orang tentang Yesus.

Yang benar adalah, untuk menemukan kebahagiaan, Anda hanya perlu satu hal. Anda harus hidup untuk satu audiensi: Tuhan. Itulah jalan Yesus menuju sukacita yang lengkap dan total.

Dia berkata, "Aku telah mengatakan ini kepadamu, supaya sukacita-Ku ada di dalam kamu dan sukacitamu menjadi penuh" (Yohanes 15:11 NIV).

Anda dapat memiliki sukacita dalam hidup, mengetahui bahwa Tuhan adalah untuk Anda. Jangan takut!

Refleksi Pribadi;

Saya takut akan masa depan yang tidak seperti yang saya harapkan tentang kehidupan. Saya takut dalam kebingungan ke arah mana kehidupan saya di depan sana. Saya ada dalam ketakutan akan kehidupan yang tidak mendukung yang saya inginkan. Saya ada dalam kegelapan karena ketakutan.

Saya takut, ketika melayani, saya melakukan kesalahan yang fatal dan menghancurkan pelayanan yang saya pimpin. Saya takut pada bagian terjahat di dalam diri saya, sehingga saya harus benar-benar mematikan kejahatan itu di dalam kasih karunia Kristus. Saya takut pada dosa yang menjadi realitas diri saya hari ini dan sampai pada hari kematian saya.

Saya adalah seseorang yang ketakutan, banyak hal yang saya takutkan.

Tetapi marilah kita kembali ke renungan yang ditulis oleh Rick Warren, yang berpusat pada tulisan Paulus kepada jemaat di Roma. Ketika Allah benar-benar ada di pihak kita, siapa lawan kita, adakah yang dapat mengalahkan Allah yang kita sembah di dalam Kristus.

Sekarang yang harus direnungkan bagaimana kita hidup, di mana kehidupan yang baru telah diperoleh karena kasih karunia. Melalui salib, Yesus dihancurkan, Dia menjadi dosa dan menerima murka kekal dari Allah, Allah menimpakan semua kebencian terhadap dosa kepada Yesus yang telah disalibkan.

Kita yang telah percaya dan bertobat, kini di dalam Yesus, jelas sekarang Allah ada dipihak kita, Dialah pembela kita dan di dalam kasih-Nya, rancangan-Nyalah kehidupan kita hari ini, sekarang, apakah yang menjadi lawan kita yang menakutkan kita. 

Marilah kita datang kepada Allah, untuk menerima kuasa mengalahkan ketakutan dan percaya bahwa kini hidup saya bukan lagi tentang saya bahwa hidup Anda bukan lagi tentang Anda, melainkan tentang Kristus yang telah menang, di atas salib, Dia telah mengalahkan dosa dan kini dosa yang menjadi akar ketakutan kita, tidak lagi berkuasa atas hidup kita.

Bahwa kita berdosa, binasa, namun diterima di dalam kasih karunia, sehingga kini keberanian itu ada di dalam diri kita, karena Yesus adalah kita dan Roh Kudus bersama-sama dengan kita setiap hari. Amin.

Posting Komentar untuk "Renungan Harian Roma 8:31 (Rick Warren)"

 Dapatkan sumber daya berpusat pada Injil, melalui renungan-renungan yang berpusat pada Injil;

Klik Gambar di Bawah;