Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pemuridan: Hal yang Terbaik Dari TUHAN Untuk Umat-Nya

Pemuridan: Hal yang Terbaik Dari 

TUHAN Untuk Umat-NyaOleh Bill Hull 

Yesus mengajarkan bahwa iman berarti mengikuti. Itu adalah ujian pertamanya atas iman seseorang (lihat Lukas 9:23-25). Mengikuti, bagaimanapun, bukanlah jangka pendek. Pemuridan bukanlah sebuah program atau peristiwa; itu adalah cara hidup. 

Ini bukan untuk waktu yang terbatas, tetapi untuk seluruh hidup kita. Pemuridan bukan untuk pemula saja; itu untuk semua orang percaya untuk setiap hari dalam hidup mereka. Pemuridan bukan hanya salah satu hal yang dilakukan gereja; itulah yang dilakukan gereja. 

Itu bukan hanya bagian dari kemajuan kerajaan Allah; keberadaan murid-murid yang serius adalah bukti paling penting dari pekerjaan Tuhan di bumi. Tanpa cukup banyak pekerja ini, tugas akan terhenti dan pekerjaan tetap tidak lengkap (lihat Matius 9:35-38).

Sederhananya, pemuridan berarti belajar dari dan mengikuti seorang guru. Namun, sementara kita dapat mendefinisikan pemuridan dalam istilah sederhana ini, sesuatu tentang gerakan pemuridan tidak pernah benar-benar berhasil masuk ke dalam hati gereja. Saya merasa sangat membingungkan bahwa kita berjuang untuk menempatkan pemuridan sebagai pusat pelayanan meskipun Yesus meninggalkan kita dengan keharusan yang jelas untuk "menjadikan murid" (lihat Matius 28:18-20).

Jadi mengapa kita tidak secara otomatis menempatkan pemuridan di pusat setiap pelayanan? Mungkin kata-kata tertentu membuat orang menjauh: pengaruh, visi, ketundukan, akuntabilitas, kerentanan, pengakuan, studi, pengorbanan, dan disiplin. 

Dengan hanya beberapa kata yang kuat, rasul Paulus menyinggung alasan lain mengapa orang cenderung menghindari pemuridan: “Latihlah dirimu untuk menjadi saleh” (1 Timotius 4:7). Mari kita hadapi itu — disiplin bukanlah sesuatu yang sebagian besar dari kita sukai. Kita menghindari disiplin jika kita bisa, karena itu mengganggu pola hidup kita yang normal dan nyaman.

Pembela/apologis Kristen yang agung. C.S. Lewis menulis bahwa kata yang paling dia benci adalah "gangguan". Gangguan terjadi ketika seseorang menancapkan hidungnya dalam bisnis Anda. Namun, itulah tepatnya tentang pemuridan. 

Jika Anda ingin tumbuh dengan cara yang berarti, Anda tidak hanya harus menoleransi pengetahuan mendalam orang lain tentang Anda, Anda juga harus dengan rela mengundang orang itu ke dalam hidup Anda. Yang lebih mengejutkan lagi, Anda akan tumbuh menjadi cinta dan bergantung pada "gangguan".

Jika Anda ingin tumbuh dengan cara yang berarti, Anda tidak hanya harus menoleransi pengetahuan mendalam orang lain tentang Anda, Anda juga harus dengan rela mengundang orang itu ke dalam hidup Anda. Yang lebih mengejutkan lagi, Anda akan tumbuh menjadi cinta dan bergantung pada "gangguan"

Sebagian besar dari kita ingin menuai hasil disiplin sambil menjalani kehidupan yang relatif malas. Kami menginginkan semua manfaat kerendahan hati dan pertumbuhan tanpa menjadi rendah hati atau bekerja untuk tumbuh. Namun Kitab Suci menyatakan dengan jelas bahwa kita membutuhkan banyak campur tangan untuk membendung gelombang pemanjaan diri kita. 

Intervensi positif ini terletak pada inti pemuridan — sebuah proses yang Yesus gambarkan sebagai mengajar orang lain “untuk menuruti segala yang telah Kuperintahkan kepadamu” (Matius 28:20).

Pelayanan: Pekerjaan Utama Tuhan

Mengapa panggilan untuk memuridkan merupakan inti dari pekerjaan Tuhan? Mengapa Tuhan senang ketika kita membuat komitmen total untuk pemuridan? Apa yang dilakukan pemuridan yang tidak dapat dilakukan oleh orang lain?

Mari kita mulai dengan yang sudah jelas. Pemuridan menempati urutan sebagai prioritas utama Allah karena Yesus mempraktekkannya dan memerintahkan kita untuk melakukannya, dan para pengikutnya melanjutkannya.

Yesus Berkata Begitu

Yesus menyuruh kita menjadi murid dan memuridkan. Ketika dia mengeluarkan ommisi Besar , dia bisa saja berbicara tentang kontemplasi, studi, kebaktian, atau mengumpulkan orang untuk pertemuan kebangunan rohani di bait suci. Dia bisa saja menyatakan kembali Amanat Agung. 

Tapi dia tidak melakukannya. Sebaliknya Yesus langsung ke pokok permasalahan dengan kata-kata sederhana: “Kepada-Ku telah diberikan segala kuasa di sorga dan di bumi. Karena itu pergilah , jadikanlah semua bangsa murid-Ku, baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus, dan ajar mereka untuk melakukan segala sesuatu yang telah Ku perintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman” (Matius 28:18-20). Dengan Amanat Agung, transformasi menjadi misi.

Kata-kata Yesus mengungkapkan hati dan prioritas-Nya. Mereka juga menunjukkan metode yang akan memenuhi rencana Tuhan untuk menyelamatkan dunia. Komitmen untuk menjadi dan memuridkan harus menjadi tindakan utama dari setiap murid dan setiap gereja.

Tuhan Memberikan Segalanya untuk Misi Ini

Yesus datang “untuk mencari dan menyelamatkan yang hilang” (Lukas 19:10). Dia datang bukan “untuk dilayani, melainkan untuk melayani dan untuk memberikan nyawa-Nya menjadi tebusan bagi banyak orang” (Markus 10:45). 

Dia tidak menahan apa pun untuk menjangkau orang-orang yang dia cintai. Ketika dia menyatakan, "Semua otoritas di surga dan di bumi telah diberikan kepadaku," sebenarnya dia mengatakan bahwa semua otoritas dari semua alam dan sepanjang waktu sedang dikerahkan sehingga, melalui dia, murid-murid yang tidak sempurna dapat pergi dan membuat orang lain murid yang tidak sempurna. 

Kata-kata William Law muncul di benak: Kekristenan bukanlah sekolah untuk pengajaran kebajikan moral, pemolesan sopan santun kita, atau membentuk kita untuk menjalani kehidupan dunia ini dengan kesopanan dan kesopanan. 

Itu lebih dalam dan lebih ilahi dalam rancangannya, dan tujuan yang jauh lebih mulia. Ini menyiratkan perubahan seluruh hidup, dedikasi diri kita sendiri, jiwa kita, tubuh kita kepada Tuhan dalam arti kata yang paling ketat dan tertinggi. 

Menjadikan murid tidak ada hubungannya dengan memenangkan orang lain ke filosofi atau mengubah mereka menjadi orang baik yang banyak tersenyum. Sebaliknya, kelalaian Besar meluncurkan misi penyelamatan; semua pengikut menerima perintah dengan otoritas penuh untuk mengambil tindakan dimanapun mereka berada. 

Pemuridan melibatkan menyelamatkan orang-orang dari diri mereka sendiri dan pelupaan kekal, mengizinkan kuasa transformasi Allah untuk mengubah mereka dari dalam ke luar. Semua adalah kata kunci dari kelalaian Yang Agung — semua otoritas, semua pengorbanan, upaya habis-habisan, sepanjang waktu , untuk semua orang. Bagaimana mungkin hal lain yang dianggap gereja hampir sama pentingnya?

Mengizinkan kuasa transformasi Allah untuk mengubah mereka dari dalam ke luar. 

Orang yang Berubah dapat mengubah Dunia

Yesus menyampaikan perintah penting ini kepada sebelas murid-Nya yang tersisa, contoh pertama dari pemuridan-Nya. Banyak terjemahan bahasa Inggris menggunakan kata nation untuk menggambarkan target pemuridan. Namun, Perjanjian Baru Yunani menggunakan ethne , yang berarti “berbagai kelompok orang.”

Fokus menjangkau orang lain telah diterima secara universal di kalangan orang Kristen ortodoks sejak awal. Tetapi dorongan ambisius untuk memenuhi komisi Agung kadang-kadang memberikan kesan mekanis atau terprogram. 

Secara khusus, gereja di Amerika telah menggantikan teori pragmatisme, menciptakan model pasar gereja dan masyarakat. Ini bukan fenomena baru. Alexis de Tocqueville, seorang Prancis yang melakukan tur.

Amerika pada 1800-an dan mencatat kesannya, berkata, "Di mana Anda berharap menemukan seorang pendeta, Anda menemukan seorang politisi - atau seorang penjual." 

Penekanan pasar ini menjadi berakar dalam di gereja Amerika budaya. Akhirnya gagasan memuridkan membuat murid lain menjadi metode pertumbuhan gereja, cara untuk meningkatkan jumlah dan memuaskan dahaga Amerika akan kemajuan. 

Bagaimanapun, itu adalah rencana yang bagus untuk melatih sebelas orang yang akan pergi keluar dan menjangkau orang lain. Pada gilirannya, yang dijangkau akan menjangkau yang lain lagi.

Seperti yang telah dinyatakan oleh banyak penulis dan guru, ketika semua yang menjadi murid membuat murid melalui beberapa generasi spiritual, hasilnya seharusnya bukan reproduksi (menambah murid satu per satu) tetapi perkalian (satu murid membuat dua, yang membuat empat, yang membuat enam belas, dan seterusnya). 

Saya pernah mendengar khotbah (sebenarnya, saya telah mengkhotbahkan beberapa) yang berteori bahwa jika kita hanya mengikuti rencana perkalian ini, seluruh dunia akan diubah menjadi Kristen dalam tiga puluh tahun. Itu lebih dari tiga puluh tahun yang lalu.

Terlepas dari betapa logisnya kedengarannya, rencana ini berulang kali kandas di bebatuan kelemahan manusia dan ketidaktahuan tentang bagaimana orang benar-benar berubah. Kita harus mengakui bahwa rumus matematika ini tidak pernah bekerja secara luas. 

Ini mungkin memiliki keberhasilan yang terbatas dalam lingkungan yang terkendali, tetapi akan salah untuk mengklaim bahwa penggandaan telah berhasil sejauh menjangkau seluruh kota, negara, atau generasi.

Prinsip di balik pemuridan memang melibatkan satu orang yang mempengaruhi orang lain, yang menghasilkan perubahan hati dan pikiran. Keberhasilan pemuridan tidak bergantung pada keprajuritan maju dalam strategi mekanis reproduksi dan perkalian. Dan pemuridan tidak melibatkan pengembangan tenaga penjualan elit yang terlatih baik. 

Sebaliknya, pemuridan terjadi ketika orang yang diubahkan memancarkan Kristus kepada orang-orang di sekitarnya. Itu terjadi ketika orang mengalami kasih Tuhan begitu dalam sehingga mereka tidak dapat melakukan apa pun selain mempengaruhi orang-orang di sekitar mereka.

Inti menjadi seorang murid melibatkan hidup dalam persatuan yang intim dan kontak sehari-hari dengan Kristus. Pemuridan — upaya baik untuk menjadi murid maupun untuk memuridkan orang lain — adalah tentang nilai besar Tuhan yang bekerja dalam kehidupan satu individu dan dampak yang dihasilkan pada kehidupan lainnya.

Perusahaan yang Berkomitmen

Ketika seseorang mengaku beriman kepada Kristus , dia juga harus berkomitmen untuk mengikuti Kristus. Ingat, Yesus mengajarkan bahwa iman berarti mengikuti Dia (lihat Lukas 9:23-25). Apa pun yang kurang adalah sesuatu yang lain — keinginan, keinginan, atau niat baik. Tapi itu bukan iman, karena iman berarti mengikuti.

Partisipasi dalam komisi besar tidak membutuhkan pembelajaran atau kemampuan yang hebat, tetapi itu membutuhkan regenerasi — menjadi orang yang berubah. Hanya tempat tinggal Tuhan dalam diri seorang murid yang memungkinkannya menjawab panggilan untuk mengikuti Kristus. 

Dua tindakan penyerahan mengalir keluar dari regenerasi ini:

1. DIBAPTIS — UNTUK PERGI KE PUBLIK: Meskipun baptisan tetap penting di masa sekarang, itu tidak memiliki risiko dan keberanian yang diperlukan pada abad pertama. Kemudian tindakan baptisan menyatakan bahwa seseorang memang telah memutuskan untuk mengikuti Yesus. Dibaptis dalam nama Trinitas - Bapa, Anak, dan Roh Kudus - berarti pengikut memasuki realitas mengalami Tuhan dalam kepenuhannya. Ini memisahkan orang percaya dari semua dewa dan filosofi lainnya.

Di Global utara abad kedua puluh satu, di mana Kekristenan didirikan tetapi menyusut, kita tidak menghadapi risiko yang harus diambil oleh para pengikut kristus di abad pertama. Namun, di sebagian besar belahan dunia selatan, baptisan tetap merupakan tindakan yang berani. Dibaptis dapat menempatkan seseorang dalam daftar pengawasan pemerintah, menjadikannya musuh rakyatnya, dan bahkan membuatnya menjadi anggota keluarganya sendiri yang dibenci.

Baptisan berarti mengumumkan kepada publik sebagai murid. Itu tidak pernah dimaksudkan untuk menjadi ritual pribadi yang terjadi di dalam tembok gereja. Agar kekristenan berkembang, para murid harus memulai dari publik dan tetap menjadi publik. Seorang murid tunggal menciptakan cahaya, dan komunitas murid bersinar seperti kota di atas bukit. Menjaga cahaya Anda di bawah penutup bukanlah pilihan (lihat Matius 5:14-16).

2. Diajari untuk mematuhi segala sesuatu yang DIPERINTAHKAN Kristus — untuk tunduk pada transformasi: Umat Katolik berbicara tentang tradisi dan Kitab Suci. Anglikan berbicara tentang Kitab Suci, tradisi, dan akal. Orang-orang Protestan berbicara tentang sola SCRIPTURA (Hanya Kitab Suci).Dengan perbedaan-perbedaan ini yang mengaburkan sejarah gereja, dapatkah kita berharap untuk mengekstrak apa yang paling penting?

Sebelum kaum Katholik, Anglikan, atau Protestan ada, Yesus menyediakan proses yang harus diikuti: Semua murid harus diajar untuk mentaati segala sesuatu yang diperintahkan-Nya. Dia memerintahkan 212 hal, diringkas dalam tiga pernyataan:

  • 1. Kasihilah Tuhan dengan segenap hati, pikiran, jiwa, dan kekuatanmu.
  • 2. Kasihilah sesamamu seperti dirimu sendiri.
  • 3. Kasihilah musuhmu 

Belajar Kepada Yesus Seumur Hidup 

Bersama Orang-orang Kudus Lainnya

Pemuridan, merupakan inti dari setiap aktifitas pelayanan yang sejati, yang saya yakini sangatlah alkitabiah. Hati Yesus ada untuk pemuridan, sebab memuridkanlah yang Dialah lakukan selama Ia masih hidup di dalam dunia ini. Sampai hari ini, Roh Kudus bekerja di dalam hati saya, untuk menjadikan saya murid dan saya dapat memuridkan orang lain.

Di mana seseorang percaya dibawa untuk selalu hidup mengenal Yesus, berpusatkan pada Yesus. Sehingga setiap tindakan, setiap keputusan baik itu jangka pendek dan jangka panjang adalah Yesus, kehendak Yesus di mana hati Yesus untuk membawa lebih banyak orang kepada diri-Nya, melalui murid-murid yang telah dimuridkan dan seumur hidup terus dimuridkan.

Inilah keyakinan yang ada di dalam hati saya, ketika saya menjadi orang percaya hari ini saya dimuridkan dan sampai saya mati, saya akan terus dimuridkan. Ketika saya menjadi seorang Kristen yang terus berjuang untuk disiplin, untuk selalu diri saya disalibkan bersama Yesus. Inilah yang akan saya lakukan seumur hidup saya, yaitu memuridkan, membawa orang-orang yang Tuhan kasih ke dalam hidup saya, untuk mereka dapat mengenal Yesus, bertumbuh di dalam Yesus dan kehidupan mereka benar-benar berpusatkan pada Yesus saja. 

Saya, harap Anda yang membaca artikel ini, memikirkan kembali pelayanan yang selama ini Anda lakukan. Apakah itu memuridkan, seperti yang Yesus lakukan. Kiranya Roh Kudus membukakan kebenaran ini di dalam diri Anda. Untuk lebih jelas lagi Anda dapat membaca artikel berikutnya tentang pemuridan sebagai kebutuhan mendesak mendesak Khotbah dari Rev.edmund chan. Baca Juga: Kebutuhan mendesak dalam pemuridan