Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Renungan 2 Timotius 4:3-5 Lakukanlah Pekerjaan Pemberita Injil

Renungan 2 Timotius 4:3-5 Lakukanlah Pekerjaan Pemberita Injil

Ayat Alkitab 2 Timotius 4:3-5

Judul Renungan: Lakukanlah Pekerjaan Pemberita Injil

2 Timotius 4:3-5 (TB) Karena akan datang waktunya, orang tidak dapat lagi menerima ajaran sehat, tetapi mereka akan mengumpulkan guru-guru menurut kehendaknya untuk memuaskan keinginan telinganya. Mereka akan memalingkan telinganya dari kebenaran dan membukanya bagi dongeng. Tetapi kuasailah dirimu dalam segala hal, sabarlah menderita, lakukanlah pekerjaan pemberita Injil dan tunaikanlah tugas pelayananmu!

Pada waktunya, kita akan melihat orang-orang muak dengan kebenaran dan memelacurkan diri mereka pada kesesatan. Mereka mencintai dongeng, pikiran mereka tidak logis, logika mereka mati dan mereka hidup dalam imajinasi yang menyesatkan, yang menjauhkan mereka dari fakta kebenaran Injil yang memberikan hidup. Mereka berkubang dalam kematian dan benar-benar enggan mendengarkan ajaran yang sehat. Mereka menyukai pengajaran yang menjanjikan dunia ini, dapat menjadi milik kepunyaan mereka sendiri.

Timotius diberikan nasehat, selama masih ada waktu, beritakanlah firman Allah, beritakanlah Injil, beritakanlah Kristus. Karena tidak selalu ada waktu, hari terus berlalu akan datang malam hari. Di mana dunia ini tidak lagi dapat menerima terang dan terang tidak dapat diterima oleh akal pikiran manusia. Sebab penyesatan semakin nyata dan terus terjadi sampai hari ini.

Saudaraku yang kekasih, Anda dan saya harus selalu melihat diri kita, apakah kita sekarang sedang ada di dalam kesesatan. Apakah pengajaran yang kita pegang benar-benar membawa hati kita semakin mengasihi Allah ataukah diri sendiri dan isi dunia ini yang fana. Kita harus selalu mengoreksi hati kita, berdoa dengan sungguh, selalu kembali pada firman Allah yang hidup sebagai dasar dari kehidupan dan tindakan.

Karena pada dasarnya, Anda dan saya begitu gampang untuk tersesat dan menjadi bagian dari orang-orang yang tidak lagi mau mendengarkan pengajaran yang sehat. Kita berkecenderungan untuk memusatkan segala sesuatu pada hati dan pikiran kita, bukan pada firman Allah. Anda dan saya sangat membutuhkan Injil setiap hari merasuki kehidupan kita, mempengaruhi hidup kita dan benar-benar menjadi yang paling penting bagi hidup hari ini dan seterusnya. Karena hanya Injil yang mengarahkan kita pada Allah yang hidup, hanya Injil yang memberikan kekuatan untuk tetap bertahan hidup dalam kesetiaan Allah, pada kasih karunia yang melimpah berasal dari Allah.

Saya mengundang Anda, untuk melihat ke dalaman diri dan memusatkan kembali hati dan pikiran pada Injil, pada pengajaran yang sehati. Pada kehendak Allah, pada perjuangan untuk mematikan dosa di dalam terang kasih karunia Kristus. Sehingga sama seperti Timotius yang menemukan panggilannya sebagai seorang gembala jemaat. Apa pun pekerjaan Anda, panggilan Anda dalam proses kehidupan ini. Anda dan saya dipanggil untuk menjadi seseorang yang memberitakan kebenaran Injil, selama hari masih siang, selama masih ada waktu untuk memberitakan Injil.

Ketika kita telah hidup berdasarkan pengajaran yang sehat, kita berperilaku berdasarkan pengajaran yang sehat tersebut. Kita tidak lagi hidup untuk diri sendiri, melainkan untuk memberitakan kuasa salib Kristus, inilah yang sangat penting untuk Anda dan saya mengerti dan renungkan setiap saat. Yaitu Injil Kristus, Injil kuasa Allah yang menyelamatkan. Injil inilah yang kita harus beritakan melalui hidup kita, kehidupan yang baru dalam Kristus.

Di dunia modern, kita bertarung melawan kabar baik palsu, kabar baik yang membawa orang-orang modern sangat tersesat. Kabar baik yang berpusat pada diri sendiri dan menyembah uang demi segala keinginan daging, keangkuhan hidup dan keinginan mata. Di mana semua itu menawarkan kepuasan palsu yang menjadikan manusia hidup tanpa kasih, tanpa kepeduliaan dan hidup tidak peduli dengan agama bahkan Tuhan.

Ketika kabar baik palsu menguras manusia sampai tidak berdaya, kita yang membawa Injil memberikan harapan baru bagi mereka yang telah dikuras oleh injil palsu dari dunia. Untuk inilah kita bekerja keras, bahwa kita berjalan di jalan kasih setia Tuhan, untuk menunjukkan betapa besar kasih Allah, melalui Kristus, betapa indahnya kehidupan yang telah menerima Injil, beriman kepada Yesus dan berharap pada Yesus untuk kehidupan yang memberitakan Yesus. 

Kehidupan yang seperti inilah yang Paulus nikmati, Timotius nikmati dan orang-orang kudus sepanjang zaman. Apakah Anda dapat mengerti sekarang, tentang kedalaman Injil, tentang kuasa Injil sehingga Anda hidup tidak lagi bagi diri sendiri yang rakus, melainkan bagi Injil yang menyelamatkan jiwa Anda dan masih ingin selalu menyelamatkan jiwa-jiwa lain yang terkurung dalam pengajaran sesat, dongeng, injil dunia yang menguras jiwa. 

Kitalah harapan bagi dunia ini, marilah bersama Yesus yang berjanji menyertai kita, kita tetap mengerjakan panggilan kita apa pun itu membawa jiwa-jiwa kepada Yesus, mulai dari keluarga kita, anak-anak kita, isteri kita, suami kita dan siapa pun orang-orang yang Tuhan tempatkan untuk kita kenal dan mereka kita kasihi secara alami. Roh Kudus berserta kita, untuk tetap kuat menunaikan tugas pelayanan kita, apa pun pekerjaan kita, Soli Deo Gloria. Amin.