Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Renungan Mazmur 37:5-6 Serahkanlah Hidup

Renungan Mazmur 37:5-6 Serahkanlah Hidup

Ayat Alkitab Mazmur 37:5

Judul Renungan; Serahkanlah Hidup

Mazmur 37:5 (TB) Serahkanlah hidupmu kepada TUHAN dan percayalah kepada-Nya, dan Ia akan bertindak. Mazmur 37:5 (BIMK) Serahkanlah hidupmu kepada TUHAN, berharaplah kepada-Nya, Ia akan menolongmu. 37:6 (TB) Ia akan memunculkan kebenaranmu seperti terang, dan hakmu seperti siang.

Hidup ini pemberian Allah, kematian merupakan upah dari dosa yang menjadi kesukaan setiap manusia. Hidup merupakan anugerah Allah untuk manusia dapat datang kepada Dia, merasakan kehadiran-Nya dan kasih-Nya yang melimpah bagi manusia yang Allah sendiri ciptakan. Yang harus selalu Anda dan saya sadari bahwa hidup kita ini diberikan, diciptakan untuk yang menciptakan. Allah sendiri yang menciptakan kita, Dialah tujuan hidup kita, jadi sekarang adakah Anda dapat melihat betapa berharganya kehidupan ini, karena hidup berasal dari Allah yang berkuasa.

Ketika manusia jatuh dalam dosa, semua tujuan yang mulia untuk kepuasan sejati yang seharusnya dinikmati oleh manusia. Digantikan dengan kutuk, sebab manusia sendiri lebih memilih kutuk dan lari dari hadapan Allah yang memberikan hidup. 

Manusia terlalu dalam tersesat dan kesesatan ini menjadikan manusia mati, tidak ada kehidupan. Kekosongan yang menjadikan manusia frustasi, merupakan bukti nyata dari bahwa manusia tidak lagi benar-benar hidup. Melainkan mati, manusia mengendalikan dirinya sendiri, hidupnya sendiri dan oleh karena pengendalian inilah. Manusia mati, manusia mati di dalam tuhan dirinya sendiri yang sia-sia tidak berguna dan bernilai fana. Manusia sendiri, tanpa kuasa dan hanya terjebak dalam ilusi kehidupan yang bahagai, padahal itu adalah Kesia-siaan hidup.

Jadi sekarang, kita telah melihat realita dari diri kita yang adalah orang berdosa mati di dalam dosa dan ada di dalam kutuk murka Allah yang kudus dan berkuasa. Kita telah merenungkan bahwa kita telah memusihi Allah dengan segala tenaga kita yang lemah dan putus asa. Kita mati oleh karena menyerahkan hidup kita pada diri sendiri, pada dosa pada kutuk yang memisahkan kita selamanya dari Allah yang menciptakan dan benar-benar mengasihi .

Kasih Allah dintaakan melalui berita Injil, Injil yang memanggil Anda dan saya untuk menyerahkan kehidupan kepada Allah. Dan berbalik dari dosa kita, untuk berhenti menjadi seorang yang fasik, untuk selalu melihat kedalaman hati yang berdosa. Melihat dengan benar, kehidupan ini adalah pemberian Allah, bahwa kita harus selalu kembali kepada Dia yang menciptakan kita, melihat dengan jelas untuk apa kita diciptakan, hidup dan bekerja hari ini.

Lihatlah pada Dia yang telah disalibkan, Yesus Tuhan yang telah mati dalam kemanusiaan-Nya, ditimpakan kepada-Nya setiap dosa setiap kejahatan kita. Oleh karena Kristus yang disalibkan dan telah bangkit, kita dapat datang kepada Allah, kita beroleh iman karena kasih karunia Allah. Iman kepada Yesus berarti kehidupan yang berpenyerahan pada Kristus untuk hidup semakin serupa dengan Kristus, kehidupan yang telah menemukan tujuan yaitu Kristus.

Jadi sekarang marilah kita menyerahkan hidup kita kepada Tuhan, karena di dalam Tuhan Yesus saja kita dibenarkan, dikuduskan dan dihidupkan dalam kehidupan yang baru. Di dalam Yesus saja kita dilahirkan kembali, dimatikan atas disa dan dihidupkan atas kasih Allah yang berlimpah melalui Injil yang direnungkan. Injil yang menjadi kekuatan kita, memberikan kepada kita pengertian tentang hidup yang bermakna dan memuaskan. 

Kehidupan yang bukan lagi ada dalam Kesia-siaan, melainkan di dalam kemuliaan Allah yang menciptakan kita, melepaskan kita dari dosa. Untuk hidup bagi-Nya, menjadi seseorang yang dibenarkan untuk memberitakan kebenaran Allah, melalui Injil Yesus Kristus, Dia yang hidup secara sempurna, Dia yang mati disalibkan untuk menerima semua dosa kita, Dia yang telah bangkit dari kematian karena Dia telah menang atas maut. Inilah Injil, pada kebenaran Pribadi Injillah Anda dan saya selalu menyerahkan diri. 

Kebenaran Injil inilah yang Allah akan nyatakan, tindakan Allah atas kehidupan manusia, yaitu menyatakan kebenaran akan salib Kristus yang mengubahkan setiap orang yang percaya kepada Kristus. Marilah kita terus hidup di dalam Kristus, melalui iman yaitu menyerahkan hidup kita kepada Yesus, bersandar kepada Dia dan berhenti untuk menjadi tuhan atas diri sendiri. Bertobat dari dosa, menerima undangan kasih karunia Allah di dalam Kristus Yesus Tuhan kita, Soli Deo Gloria.