Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Renungan Kejadian 12:3 Mendapatkan Berkat

Renungan Kejadian 12:3 Mendapatkan Berkat

Ayat Alkitab Kejadian 12:3

Judul Renungan: Mendapatkan Berkat

Kejadian 12:3 (TB) Aku akan memberkati orang-orang yang memberkati engkau, dan mengutuk orang-orang yang mengutuk engkau, dan olehmu semua kaum di muka bumi akan mendapat berkat.”

Bagian ini, merupakan bagian terbaik untuk direnungkan di mana Anda dan saya dapat melihat sifat dari Allah kita yang berkasih karunia. Abraham menerima kasih karunia itu, Abraham dipanggil untuk mendapatkan berkat, dikeluarkan dari penyembahan yang sia-sia dan memulai perjalan bersama-sama dengan Allah dengan tujuan agar semua kaum di muka bumi ini mendapatkan berkat. 

Ini merupakan bagian terbaik dari cerita perjalanan bapa dari suatu bangsa yang pada akhirnya menjadi bangsa. Di mana Juruselamat kita hidup, melayani dan mati disalibkan. Arah dari teks yang kita baca kali ini adalah Yesus Kristus, Sang Berkat untuk kaum di muka bumi ini. Abraham dipanggil untuk meninggalkan penyembahan berhala, menjadi seseorang yang memberitakan kehadiran Allah di muka bumi ini. Setalah kita mendengarkan Injil, percaya kepada Yesus dan bertobat dari dosa, kita meninggalkan kehidupan lama kita yang dipenuhi dengan berhala-berhala yang tidak menyelamatkan melainkan memperbudak.

Panggilan untuk keluar dari penyembahan berhala, untuk menyembah Allah yang benar pencipta langit dan bumi. Merupakan panggilan yang sama tertuju kepada Anda dan saya hari ini, untuk menerima berkat anugerah Allah di dalam Kristus. Menerima berkat yang melimpah itu untuk menjadi berkat bagi sekitar. Kita dihidupkan di dalam kebenaran yang memerdekakan kita dari perbudakan dosa, perbudakan berhala-berhala yang ada di dalam hati dan pikiran kita. Untuk hidup menikmati persekutuan dengan Kristus dan melayani Kristus.

Berkat pengampunan dosa, darah yang menyucikan kita, menjadikan kita berhak menjadi ahli waris kerajaan kekal. Inilah pengharapan Kristen yang harusnya diimani setiap hari. Panggilan untuk menerima berkat dan memberkati. Berkat Abraham inilah yang selalu menjadi pengharapan Kristenan kita. Paulus dengan sangat baik menjelaskan bagaimana berkat Abraham dapat sama kepada Anda dan saya melalui kitab Galatia.

Galatia 3:6-9 (TB) 6 Secara itu jugalah Abraham percaya kepada Allah, maka Allah memperhitungkan hal itu kepadanya sebagai kebenaran. 7 Jadi kamu lihat, bahwa mereka yang hidup dari iman, mereka itulah anak-anak Abraham. 8 Dan Kitab Suci, yang sebelumnya mengetahui, bahwa Allah membenarkan orang-orang bukan Yahudi oleh karena iman, telah terlebih dahulu memberitakan Injil kepada Abraham: ”Olehmu segala bangsa akan diberkati.” 9 Jadi mereka yang hidup dari iman, merekalah yang diberkati bersama-sama dengan Abraham yang beriman itu.

Cerita Abraham merupakan cerita yang dapat Anda dan saya hari ini renungkan untuk masuk ke era di mana Yesus telah lahir, Yesus telah disalibkan, Yesus telah bangkit, dan Yesus telah naik ke sorga. Maka berita inilah yang harus menjadi berkat utama yang diberitakan kepada bangsa-bangsa. Setiap kita, orang-orang percaya telah diberikan berkat rohani, maupun jasmani. Jika berkat jasmani melimpah atas hidup kita, lalu untuk apa semua itu? Adakah Anda sadar bahwa semua itu, untuk Injil yang harus dikabarkan. 

Jika Anda merasa semua itu milik Anda, maka biarlah Allah yang kaya dan pemilik kehidupan mengambil semua berkat fana sehingga Anda bertobat, dari penyembahan Anda terhadap semua berkat fana yang Anda miliki.  Dalam segala permohonan, baik itu pekerjaan, sekolah yang berhasil, keluarga yang sehat, dan semua berkat jasmani. Adakah Anda sadar bahwa semua itu untuk Kristus. Semua itu dipersembahkan bagi pelayanan Kristus, tubuh yang sehat dipakai untuk memperkenalkan Kristus kepada dunia.

Menjadi berkat karena sudah diberkati, berarti memberitakan Kristus, sebagai penebus umat manusia yang mau percaya dan mau bertumbuh di dalam Dia sampai dewasa dan menjadi berkat bagis sekitar (pelipatgandaan). 

Inilah tujuan Allah atas bangsa Israel dari semula, agar Israel dapat memberitakan perbuatan Allah kepada bangsa-bangsa. Kiranya kita orang-orang percaya hari ini, sadar akan amanat Agung Kristus, kita menerima berkat kekal untuk membawa berkat kekal itu kepada banyak orang yang merindukannya. Bahaya Injil terpancar dari hidup kita, merenungkan Injil setiap hari, sehingga kita dapat memberitakan Injil kepada orang yang kita temui. AMIN

Posting Komentar untuk "Renungan Kejadian 12:3 Mendapatkan Berkat"