Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

1 Yohanes 5:11-12 Barang Siapa Memiliki Anak Ia Memiliki Hidup

1 Yohanes 5:11-12 Barang siapa memiliki Anak ia memiliki hidup

1 Yohanes 5:11-12 (TB) "Dan inilah kesaksian itu: Allah telah mengaruniakan hidup yang kekal kepada kiya dan hidup itu ada di dalam Anak-Nya. Barang siapa memiliki Anak ia memiliki hidup; barangsaiapa tidak memiliki Anak ia tidak memiliki hidup."

Mungkin selama ini, keselamatan Kristen disalahartikan. Sebagai suatu keselamatan yang gampang tanpa pergumulan yang hebat. Percaya saja maka Anda akan selamat, bagi saya ajaran seperti ini tidak sepenuhnya benar (karena akan memunculkan banyak tafsiran yang kacau), ketika sebuah pengajaran tidak sepenuhnya benar, maka itu suatu kesalahan yang harus diluruskan.

Maka melalui artikel ini, saya ingin mengajak Anda untuk memikirkan secara jelas, secara benar, dan tidak membuat Anda salah menafsirkan kata percaya lalu masuk sorga. Sorga tanpa Kristus adalah neraka, sama seperti kesuksesan Anda di dunia tanpa Kristus, Anda tidak memiliki Kristus. Maka itulah neraka yang sejati, kebinasaan.

Sebuah ilustrasi untuk direnungkan: Keselamatan karena percaya, mati masuk sorga. Lalu di sorga yang mewah, Anda tidak bertemu Yesus pada dasarnya Anda tidak menginginkan Yesus, namun menginginkan keselamatan-Nya. Anda mencintai diri sendiri yang terpenting adalah keselamatan, kemewahan sorga dan segala kekayaannya. Maka sorga yang Anda datangi adalah neraka. 

Sama seperti kesuksesan, kekayaan, dan segala hal yang nyaman di dunia ini, ketika Anda menikmatinya. Tetapi Anda tidak menjadi milik Yesus dan Yesus menjadi milik Anda, maka itulah penderitaan dan kebinasaan. Semua kedamaian yang didapatkan dari harta adalah kepalsuan.

Jadi sekarang yang terpenting bukanlah Anda mati lalu ke sorga, melainkan apakah Anda dimiliki oleh Kristus. Apakah hati Anda mencintai Kristus sehingga Anda terus menyerahkan diri untuk semakin mengenal Yesus dan melayani Dia. Ini bukan tentang saya percaya beriman, akan ke tempat yang indah dan mewah dan kaya raya ketika saya mati nanti. Ini tentang apakah kehidupan saya, menikmati Persekutuan dengan TUHAN yang menciptakan saya, semua ini dapat terjadi melalui Yesus yang ada di dalam saya dan saya di dalam Dia.

Ini tentang saya sudah menjadi milik yesus? Dan yesus menjadi milik saya? Kasih yang saling memiliki inilah cinta yang ada di dalam anugerah allah. Kasih yang mempercayakan diri untuk kristus dan kristus mempercayakan diri-nya untuk diberitakan.

Yang terpenting adalah Yesus, tidak ada se-titik-pun di dunia ini yang lebih penting dari Yesus, jika Anda merasa ada, hal itu lebih penting maka itulah berhala Anda, kita harus bertobat! Untuk berhenti menyembah berhala-berhala yang ada di dalam hati kita.

Jelas dari ayat yang Yohanes tuliskan, bahwa siapa yang memiliki Anak, Ia memiliki hidup. Siapa yang tidak memiliki Anak, tidak peduli sekaya dan sekuat apapun kepercayaannya akan masuk sorga karena rasa cinta pada diri sendiri, ia tetaplah orang-orang binasa dan memanglah layak demikian bagi pemberontak. 

Kiranya diri kita dengan penuh kesadaran, sadar bahwa kita adalah milik Yesus, maka dari itu mengerjakan apa yang Kristus inginkan itulah sukacita kita sampai selama-lamanya di dalam Yesus. AMIN