Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mikha 5:4 Ia Akan Bertindak Memberi Makan

Mikha 5:4 Ia Akan Bertindak Memberi Makan

Mikha 5:4 (TB) Apabila Asyur masuk ke negeri kita dan apabila ia menginjak tanah kita, maka kita akan membangkitkan melawan dia tujuh gembala, bahkan delapan pemimpin manusia. (Ia akan bertindak [berdiri, KJV] dan akan menggembalakan [memberi makan, KJV] mereka dalam kekuatan TUHAN.)

Pemerintahan Kristus dalam Gereja-Nya adalah sebagai seorang gembala sekaligus raja. Dia memiliki supremasi, tetapi hal tersebut merupakan kekuasaan dari seorang gembala yang bijaksana dan lembut atas kawanan domba miskin yang penuh kasih; Ia memerintah dan menerima ketaatan, tetapi ini adalah ketaatan tanpa paksaan dari domba-domba yang terawat dengan baik, yang dengan sukacita dipersembahkan kepada Gembala tercinta mereka, yang suara-Nya mereka kenal dengan baik. Ia memerintah menurut kuasa kasih dan dengan tenaga kebaikan.

Pemerintahan-Nya memiliki ciri praktis. Dikatakan, "Ia akan berdiri dan memberi makan.” Sang Kepala Gereja secara aktif memelihara umat-Nya. Dia tidak duduk di atas takhta dalam keadaan kosong, atau memegang tongkat pemerintahan tanpa memanfaatkannya dalam memerintah. Melainkan, Ia berdiri dan memberi makan. 

Ungkapan “memberi makan" dalam bahasa aslinya, adalah seperti satu analogi dalam bahasa Yunani, yang berarti menggembalakan, berarti melakukan segala sesuatu yang seharusnya dilakukan seorang gembala: membimbing, mengawasi, menjaga, memulihkan, merawat, serta memberi makan.

Pemerintahan-Nya memiliki durasi yang tidak berkesudahan. Dikatakan, "Ia akan berdiri dan memberi makan," bukan "Ia akan memberi makan kadang-kadang saja, dan meninggalkan jabatannya," bukan "Ia akan memberikan kebangunan pada suatu hari, dan kemudian hari berikutnya membiarkan Gereja terlantar."

Mata-Nya tidak pernah tertidur, dan tangan-Nya tidak pernah beristirahat; hatinya tidak pernah berhenti berdenyut dengan kasih, dan bahunya tidak pernah lelah memanggul beban rakyat-Nya.

Pemerintahan-Nya secara efektif penuh kuasa dalam pelaksanaannya; "Ia akan memberi makan dalam kekuatan TUHAN." Di mana pun ada Kristus, ada Allah; dan apa pun yang Kristus lakukan adalah tindakan Yang Maha Tinggi. 

Oh! Adalah suatu kebenaran yang menyenangkan mengetahui bahwa Dia yang berdiri saat ini mewakili kepentingan rakyat-Nya adalah Allah yang benar-benar Allah, yang kepada-Nya setiap lutut bertelut. Berbahagialah kita yang menjadi milik seorang Gembala sedemikian, yang kemanusiaan-Nya bersekutu dengan kita, dan yang keilahian-Nya melindungi kita. Mari kita menyembah dan sujud di hadapan-Nya sebagai umat gembalaan-Nya.

____________________

RENUNGAN PAGI (diterjemahkan dari Morning and Evening: Daily Readings, Charles H. Spurgeon).

Isi renungan ini bebas untuk disalin dan disebarluaskan.