Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mazmur 104:16 Pohon-pohon Tuhan Penuh Dengan Getah

Mazmur 104:16 Pohon-pohon Tuhan Penuh Dengan Getah

Mazmur 104:16 (TB) Kenyang pohon-pohon Tuhan, pohon-pohon aras di Libanon yang ditanam-Nya,

Tanpa getah pohon tidak dapat tumbuh dengan subur atau bahkan berada. Vitalitas itu esensial bagi seorang Kristen. Haruslah ada hidup — sebuah prinsip vital yang ditanamkan kepada kita oleh Allah Roh Kudus, atau kita tidak dapat menjadi pohon-pohon Tuhan. Menamai diri orang Kristen saja adalah sesuatu hal yang mati, kita harus dipenuhi dengan roh kehidupan ilahi. 

Hidup ini misterius. Kita tidak mengerti sirkulasi getah, oleh kekuatan apa getah naik, dan oleh kuasa apa getah turun kembali. Begitu pula kehidupan di dalam kita adalah misteri sakral. Kelahiran kembali dikerjakan Roh Kudus yang masuk ke dalam manusia dan menjadi hidup manusia itu; dan hidup ilahi di dalam seorang percaya kemudian memperoleh makanan dari daging dan darah Kristus dan oleh karena itu dapat bertahan hidup dari makanan ilahi, namun bagaimana hal itu datang dan ke mana hal itu pergi siapa yang dapat menjelaskannya kepada kita? 

Getah itu adalah hal yang rahasia! Akar tembus menelusuri tanah dengan spongiola kecil mereka, namun kita tidak dapat melihat mereka menghisap berbagai jenis gas, atau mengubah mineral menjadi sayuran; pekerjaan ini dikerjakan di dalam kegelapan bawah tanah. Akar kita ialah Kristus Yesus, dan hidup kita tersembunyi di dalam Dia; ini ialah rahasia Tuhan. 

Akar kehidupan Kristen sama rahasianya dengan kehidupan itu sendiri. Betapa aktif secara permanen getah di dalam pohon aras! Dalam seorang Kristen hidup ilahi selalu penuh dengan energi, tidak selalu dalam menghasilkan buah, namun dalam pekerjaan di dalam. 

Perbuatan baik orang percaya tidak semuanya bergerak secara konstan, namun hidup di dalamnya tidak pernah berhenti berdenyut. Ia tidak selalu bekerja untuk Allah, namun hatinya selalu hidup dari Allah. Seperti getah yang terejawantahkan dari produksi dedaunan dan buahnya, demikianlah pula seorang Kristen yang sungguh-sungguh sehat, anugerahnya secara eksternal diejawantahkan dalam langkah dan percakapannya. 

Jika engkau berbicara kepadanya, ia tidak bisa tidak berbicara mengenai Yesus. Jika engkau melihat perbuatannya engkau akan melihat ia telah selalu bersama Yesus. Saking banyaknya getah di dalam yang ia miliki, getah itu memenuhi perbuatan dan ucapannya dengan kehidupan.


____________________

RENUNGAN PAGI (diterjemahkan dari Morning and Evening: Daily Readings, Charles H. Spurgeon).

Isi renungan ini bebas untuk disalin dan disebarluaskan.