Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Renungan Filipi 3:7 Kuanggap Rugi Karena Kristus

Renungan Filipi 3:7 Kuanggap Rugi Karena Kristus

Ayat Alkitab Filipi 3:7

Judul Renungan: Kuanggap Rugi Karena Kristus

Filipi 3:7 (TB) Tetapi apa yang dahulu merupakan keuntungan bagiku, sekarang kuanggap rugi karena Kristus.

Paulus dengan sangat indah, membawa kita untuk melihat apa yang sangat berharga dalam kehidupan ini. Bahwa hidup ini tidak diciptakan untuk sesuatu yang fana dan sia-sia. Banyak kenyamanan dan kejayaan dan kesuksesan dan nama baik dan kemuliaan yang ditawarkan oleh sistem kebiasaan manusia yang telah jatuh ke dalam dosa. 

Maka dari itu, diperlukan hikmat sejati yang berasal dari Allah sendiri, untuk kita dapat membedakan apa yang benar berdasarkan kehendak Allah yang mendatangkan damai sejahtera. Dengan apa yang berdasarkan kehendak hati kita yang mendatangkan kefanaan yang benar-benar sia-sia. Maka dari itu, Paulus membawa kita pada kehidupan yang penuh dengan makna sejati, tujuan sejati, dan kemuliaan yang benar, berasal dari Allah yang menciptakan kita.

1. Pengenalan akan Kristus sangat berharga

Apakah Anda mengenal Yesus dan memiliki hubungan pribadi dengan Dia? Hidup ini sangat berharga, sangat indah sangat bermakna. Ketika segala hal dalam kehidupan kita terikat dengan kehendak Kristus. Untuk mengetahui kehendak Kristus, kita perlu memiliki hubungan yang erat dengan-Nya, memiliki kerinduan hati untuk selalu mengenal Dia dan mengerti kuasa Injil  yang telah menjadi pusat perjalanan iman Kristen sampai hari ini.

Saudaraku, Paulus membawa kita untuk melihat keberhargaan hidup dari sudut pandang  kekekalan yang ada di dalam Kristus. Kehidupan yang bukan lagi budak dosa, bukan lagi budak segala hal yang merepotkan jiwa, segala sesuatu yang fana dan tidak bermakna. Paulus di sini  mengajak kita untuk melihat keindahan Yesus yang membuat hidup kita menjadi benar-benar indah, benar-benar bermakna dan segala tujuan kita tertuju pada damai sejahtera yang terpusat pada kehendak Allah yang sekarang adalah Bapa kita, pemilik kehidupan kita.

2. Mengapa pengenalan akan Kristus begitu berharga? 

Paulus membawa kita untuk melihat kehidupan yang sia-sia. Kita mengejar segala ketaatan berdasarkan apa yang baik menurut lingkungan dan agama. Kita kira ketika kita melakukan hal baik, kita akan jauh lebih baik dan mendapatkan kehidupan seperti yang kita inginkan. Paulus menjabarkan bagaimana dia berjuang dalam hidup untuk taat pada kehidupan agamanya yang memuliakan dirinya dan menjadi kebanggaannya (ayat-ayat sebelumnya dalam Filipi 3). 

Tetapi ketika Dia melihat Yesus dengan jelas, semua kemuliaan itu terlihat palsu dan merugikan. Jadi inilah yang Yesus kerjakan bagi kedalaman diri kita yang juga Paulus rasakan. Sehingga Yesus sangat berharga. Bahwa Dia telah membukakan dengan jelas setiap keburukan hati dan pikiran kita, dosa-dosa yang membinaskaan dan kenyataan bahwa semua  perjuangan kita di hidup ini, tidak pernah menyelamatkan kita, tidak pernah membenarkan kita. Injil menunjukkan sisi gelap dari kebenaran bahwa kita orang-orang yang binasa dalam dosa.

Kita untuk sementara dihukum, dihakimi dan berduka atas semua dosa, atas semua kenyataan hidup kita yang sia-sia, pikiran sia-sia, perasaan kita yang sia-sia dan perbuatan kita yang sia-sia. Injil adalah cahaya yang menyoroti semua dosa dan menawarkan pengampunan ketika kita mau mengakui semua dosa kita, ketika kita bertobat, ketika kita menyadari bahwa kita benar-benar membutuhkan Juruselamat untuk dapat hidup di dalam dunia sekarang dan dunia yang akan datang.

Yesuslah yang telah disalibkan untuk menerima semua hukuman dosa. Inilah sumber pengharapan Kita. Dia membenarkan kita bukan berdasarkan perbuatan kita yang tidak sempurna menjijikkan dan penuh kemunafikan. Melainkan Dia membenarkan kita berdasarkan kebenaran-Nya yang sempurna, berkenan di hadapan Allah Bapa. Karena pembenaran inilah, kita dapat melihat  dengan jelas keberhargaan Yesus, sekarang kita  bebas dari perbudakan dosa dan dapat berkata tidak pada perbuatan dosa. Karena Yesus telah menang atas dosa dan Dia pada dasarnya ada di dalam kita ketika kita percaya kepada-Nya.

Saudaraku, inilah yang harus  kita  renungkan berulang-ulang, agar kita dapat terus dalam kesadaran akan keberhargaan Yesus. Sehingga hidup kita berharap, berseru dan berhubungan dengan Yesus apa pun keadaan kita hari ini dan hari esok. Yesus sangat berharga, ketika Anda lupa bahwa Yesus jauh lebih berharga dari kehidupan Anda saat ini. Diamlah sejenak, renungkanlah dan bawalah pikiran Anda dalam doa-doa yang berpusat pada Injil, pada salib, pada kasih karunia, pada pribadi Yesus Kristus yang di mana Anda mengaku bahwa Anda beriman kepada-Nya. 

Roh Kudus memampukan kita untuk terus melihat keberhargaan Yesus, sehingga kita dimampukan untuk melayani Dia. Kasih kita kepada Yesus semakin bertumbuh, begitu juga kasih kita pada sesama kita manusia. Amin.