Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Doa Kristen Sebelum Tidur Dan Doa Pergumulan Berdasarkan Alkitab

Doa Kristen Sebelum Tidur Dan Doa Pergumulan Berdasarkan Alkitab

“Doa menggunakan Alkitab.” Demikianlah doa-doa yang saya tulis untuk dapat Anda mengerti. Dan menikmati doa yang selaras dengan kebenaran Firman TUHAN.

Saya akan membawa Anda pada doa yang tidak membosankan, doa yang berdasarkan Alkitab. Di mana setiap kata yang terucap adalah apa yang tertulis di Alkitab. Ketika Anda percaya kepada Kristus, Anda ada di dalam Dia, hidup untuk melakukan visi yang baru dengan cara pandang yang baru.

Doa merupakan pembicaraan dengan Allah, untuk menikmati kehidupan yang ada di dalam kendali Dia. Ketika Anda dan saya ada di dalam Yesus, hidup kita adalah milik TUHAN. Kita memiliki kerinduan yang baru yaitu bersekutu dengan Dia, menikmati kehadiran-Nya, dan terus menerus mempertanyakan rancangan-Nya untuk sebuah kemuliaan yang di nyatakan melalui kehidupan kita.

Kita semua ada di dalam dunia yang telah jatuh ke dalam dosa. Injil adalah kabar baik di dalam dunia yang jatuh ini, kita melihat Kristus menjadi bagian kita yang paling berharga. Berdoa bukanlah tempat di mana Anda memaksakan keinginan Anda agar Tuhan mengabulkan segala sesuatu yang Anda minta.

Doa yang nikmat adalah doa yang bertujuang untuk mendapatkan Allah, bertujuan hanya untuk menikmati persekutuan sosial Ilahi di dalam Kekudusan yang Kristus anugerahkan kepada kita. Saudaraku Bapa kita, dalam kasih-Nya ingin kita berbicara kepada-Nya. Maka berdiam dirilah dan berdoalah.

Bagi saya sangatlah penting kalau doa saya dipimpin,  diselimuti, ditopang dan dikendalikan oleh firman Allah ~ John Piper.

Doa Kristen Sebelum Tidur Dan Doa Pergumulan Berdasarkan Alkitab

Doa kali ini akan di dasarkan pada Mazmur 10 : 1, 3, 6, 12 dan 16

1 Mengapa Engkau berdiri jauh-jauh, ya TUHAN, dan menyembuyikan diri-Mu dalam waktu-waktu kesesakan?

3 Karena orang fasik memuji-muji keinginan hatinya,  dan orang yang loba mengutuki dan menista TUHAN.

6 ia berkata dalam hatinya: “Aku takkan goyang. Aku tidak akan ditimpa malapetaka turun temurun.”

12 Bangkitlah TUHAN! Ya Allah, ulurkanlah tangan-Mu, janganlah lupakan orang-orang yang tertindas.

16 TUHAN adlaah Raja untuk seterusnya dan selama-lamanya. Bangsa-bangsa lanyap daro tanah-Nya.

Doa…..

TUHAN dalam pergumulanku, aku merasakan kegelapan, dalam kesengsaraan dunia yang telah jatuh dalam dosa bahkan aku juga seorang pendosa besar. Aku merasakan jauhnya Engkau dari padaku. 

Bahkan aku tidak tahu apa yang harus aku perbuat, napas terasa sulit untuk berhembus karena pengalaman yang pahit ini, hadirat-Mu yang aku rindukan dan aku butuhkan seolah-olah telah hilang aku tidak tahu kemanakah Engkau.

Satu hal yang aku sadari, aku pendosa yang tidak kudus, aku tidak merasakan kasih dan kehadiran-Mu dalam kesesakan akibat dosa ku bahkan dosa orang sekitarku. 

Ini karena aku tidak kudus, yaaa TUHAN  kuduskan aku dalam darah Kristus, tolong aku untuk melihat kepada salib dan percaya bahwa Engkau ada di sana dan aku diyakinkan dosaku telah diampuni.

Di malam ini aku memikirkan satu hal penting tentang orang fasik yang juga itu termasuk aku, mendapati kefasikan diri yaitu memuliakan diri sendiri. Bahkan tidak jarang dalam kesadaran kefasikan ini aku menista TUHAN. 

Yaaaa Tuhan tolong aku dalam pergumulan hidupku yang berat ini, ada dosa dalam diriku yang harus aku tinggalkan. Sekali lagi aku memberikan diriku kepada-Mu untuk berjalan bersama-Mu menatap dengan penuh penyesalan akan dosa-dosaku dan mataku memandang kepada Salib Kristus.

Aku adalah orang sombong dan angkuh, aku sering merasa bahwa semuanya tentang aku dan dalam kengertian keangkuhan. Aku merasa bahwa aku selamanya tetap berdiri dengan kuat dan kokoh. Baiklah dalam pergumulan ini aku dapat merasakan dekapan kasih-Mu yaaa Rajaku yang mulia, pemerintah hati dan pikiranku dan aku bertobat. Tolong aku yaa Rajaku.

Kebangkitan Kristus adalah harapan sejati, di mana Engkau bangkit untuk menunjukkan kesetian dari Allah yang tidak melupakan ciptaan-Nya. Manusia ditindas oleh perbudakan dosa, aku masuk dalam kegelapan karena dosa. Tetapi segala pujian dan ucapan syukur hadir dari hati yang dalam karena Kristus menebusku dari perbudakan dosa.

Selamanya Yesus adalah Rajaku, selamanya Dialah yang harus memerintah hati dan pikiranku. Selamanya aku harus berpenyerahan pada pemerintahan Sang Raja damai dan setia. Yesus Kristus Engkaulah nama di atas segala nama.

Kejahatan pada akhirnya akan lenyap, pemberontakan pada akhirnya akan hilang, yang ada hanya pujian dan penyembahan kepada Sang Kudus, Raja Di atas segala Raja yang duduk di atas tahta-Nya yang indah.

Kekaguman orang-orang yang telah ditebus  termasuk akan memuncak. Ini adalah pengharapan dari Raja segala Raja. Dia yang terindah termulia terkasih setiap saat.

Pemerintahan-Mu kekal ya TUHAN, segala  pujian hanya bagi-Mu, keadilan dan kemuliaan hanya milik-Mu ya TUHAN. Segala kemuliaan dan pujian bagi-Mu. 

Penuhkan hatiku dengan keindahan ini, berikan aku kerinduan kepada-Mu di tengah kesukaran ini agar aku terfana hanya oleh keindahan-Mu. Dan berikan sukacita  yang sejati dari salib Kristus untuk hati yang haus dan lapar pada kebenaran Firman yaaa Rajaku yang kekal. Di dalam nama Yesus. Amin

_______________________________________

Doa permohonan: Setelah Anda berdoa menggunakan catatan doa di atas, membacanya dan menghayatinya. 

Saya anjurkan sekarang apa yang ada di hati Anda dapat Anda ceritakan kepada TUHAN. Pergumulan Anda secara detail, dan bagaimana dalam istirahat Anda, Anda dapat merasakan dekapan kasih Allah. 

Baca Juga: Teks doa berdasarkan Mazmur 10 dan 11

Kiranya setiap doa yang saya tulis, dapat memberikan Anda pengertian untuk mulai cara hidup Kristen yang berdoa menggunakan ayat-ayat Alkitab. 

Baca Juga:

Di sanalah Anda akan menemukan kesegaran doa yang mendalam, doa-doa yang benar-benar selaras dengan Firman TUHAN, kehendak TUHAN dan hidup Anda terus bertumbuh. Sampai bertemu di doa-doa lainnya. Teruslah bertumbuh dalam Kristus saudaraku.

Posting Komentar untuk "Doa Kristen Sebelum Tidur Dan Doa Pergumulan Berdasarkan Alkitab"