Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Renungan Yakobus 5:6 Saling Mengaku Dosa dan Saling Mendoakan

Ayat Alkitab Yakobus 5:16 

Judul Renungan; Saling Mengaku Dosa dan Saling Mendoakan

Yakkobus 5:16 (TB) Karena itu hendaklah kamu saling mengaku dosamu dan saling mendoakan, supaya kamu sembuh. Doa orang benar, bila dengan yakin didoakan, sangat besar kuasanya.

“Anda dapat melakukan lebih dari berdoa setelah Anda berdoa, tetapi Anda tidak dapat melakukan lebih dari berdoa sampai Anda telah berdoa. Sering-seringlah berdoa, karena doa adalah tameng bagi jiwa, kurban bagi Tuhan, dan cambuk bagi Setan.” ~ John Buyan

Tidak ada yang lebih indah dan lebih baik, jika dibandingkan dengan orang-orang percaya yang ada dalam kesatuan iman. Di mana orang-orang ini ada dalam kasih karunia yang sama, kasih karunia yang dilimpahkan di dalam Yesus Kristus, kasih karunia yang benar-benar meresap ke dalam jiwa, kasih karunia yang mempengaruhi seluruh aspek hidup dan mendapati diri ada dalam pertobatan.

Persekutuan orang percaya adalah kekuatan yang besar, persekutuan yang berpusat pada Kristus tidak akan dapat dikalahkan. Kita dipanggil untuk menjadi komunitas orang-orang sehati, sepikir dan seiman. 

Kita dipanggil untuk saling menguatkan di dalam persekutuan, untuk saling menyadari bahwa diri kita adalah orang-orang berdosa yang layak binasa. Tetapi hanya oleh darah Yesus, maka kita dilayakkan untuk menjadi anak-anak Allah.

Berdoa untuk sesama, ini adalah doa-doa yang berpusat pada keinginan Allah, lalu apa kehendak Allah atas kehidupan orang-orang seiman. Di dalam komunitas kita, sudah jelas Allah ingin setiap pribadi yang telah mengaku Yesus sebagai Tuhan dan juruselamat bertumbuh di dalam iman yang benar. 

Bertumbuh untuk semakin mencintai Yesus, yang di awali dengan penyerahan total kepada Yesus, diawali dengan pertobatan yang sejati di dalam Yesus.

Saudarku, di dalam Yessu, kita bersatu hati berdoa untuk saudara-saudara seiman. Berdoalah untuk gereja Anda, berdoalah untuk komunitas pemuridan Anda, berdoalah untuk sahabat-sahabat Anda dan berdoalah untuk keluarga Anda.

Saya ingin doa-doa ini lebih spesifik lagi, marilah kita berdoa berdasarkan doa Paulus, yaitu doa-doa yang berpusat pada kehedak Allah, yaitu mengenal Yesus semakin hari semakin dalam. Roh Kudus benar-benar nyata dalam kehidupan orang-orang yang kita doakan, agar mereka bertumbuh.

Kita harus sadar, bahwa kehidupan Anda dan saya ditebus dengan darah yang mahal untuk memuliakan Allah, untuk melayani Allah dan untuk bersukacita di dalam Allah. Maka dari itu berdoalah untuk sebuah sukacita sejati di dalam kebenaran, berdoalah untuk pertumbuhan yang semakin hari semakin berpusat pada Yesus dan saling mengaku dosa. 

Baca Juga: Renungan Lukas 11:13

Pada dasarnya, saling mengaku dosa adalah tentang pertobatan, tentang kerendahan hati dan tentang penyangkalan diri. Baik doa yang merupakan pondasi dari kehidupan rohani yang sehat, untuk pekerjaan rohani yang benar dan berkenan dan disertai Roh Kudus.

Pertobatan yang adalah pendosi dari kehidupan yang kudus, hati yang benari di hadapan Allah, semua ini haruslah menjadi gaya hidup Kristen kita, harus tertanam secara alami di hati dan pikiran. Dan untuk menutup renungan ini, teruslah bertumbuh bacalah Alkitab Anda renungkan itu, hafalkan setiap ayat Alkitab yang menguatkan dan memberikan kehidupan yang bersemangat di dalam kasih karunia dan melayani sesama dengan kasih yang berpusat pada Injil.

Tuhan, kami berdoa untuk pembaca setiap renungan di dalam blog ini, biarlah mereka dapat semakin bertumbuh. Diubahkan oleh Roh Kudus, hati mereka diperbaharui terus menerus untuk semakin mengerti Injil hidup yang penuh dengan kebenaran. 

Tuhan kami memuji dan memuliakan Engkau saja, untuk kasih karunia yang membawa kami ke dalam komunitas yang bertumbuh, jika kami di antara pembaca ada yang belum memiliki komunitas, baiklah Engkau saja yang mengarahkan dia sehingga menemukan komunitas untuk bertumbuh. 

Segala kemuliaan dan pujian bagi-Mu saja, terimakasih untuk setiap renungan yang berpusat pada Injil, sehingga kami dapat bertobat di dalam Kristus. Amin.

Posting Komentar untuk "Renungan Yakobus 5:6 Saling Mengaku Dosa dan Saling Mendoakan"