Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Renungan Efesus 2:10 Bersama Yesus Berbuat Baik

 Renungan Efesus 2: 10 Bersama Yesus Berbuat Baik

Judul Renungan: Bersama Yesus Berbuat Baik

Ayat Alkitab; Efesus 2:10 

Efesus 2:10 (TB) Karena kita ini buatan Allah, diciptakan dalam Kristus Yesus untuk melakukan pekerjaan baik, yang dipersiapkan Allah sebelumnya. Ia mau, supaya kita hidup di dalamnya.

Efesus 2:10 (FAYH) Kita adalah hasil karya Allah sendiri. Dia telah menciptakan kita lagi melalui Yesus Kristus untuk berbuat baik. Dengan begitu kita memenuhi yang sudah direncanakan-Nya sejak lama. 

Hidup di dalam Yesus, inilah kita, kita tidak ditebus lalu untuk hidup sesuka hati kita dan melakukan segala sesuatu sesuai dengan apa yang kita inginkan. Tetapi melakukan apa yang Tuhan inginkan, tidak ada yang lebih menyenangkan dari kebenaran ini. Ketaatan kepada Kristus adalah kesenangan sejati yang sudah pasti akan membawa kita pada kasih yang teramat besar, teramat dalam dan limpah.

Saya menemukan diri saya adalah seorang pendosa, bergumul melawan semua kecenderungan yang tidak baik. Merupakan pergumulan sampai hari kematian, untuk saya semakin bertumbuh ke arah Yesus dan mengasihi apa yang Yesus kasihi. Merenungkan Yesus, merupakan kegiatan harian saya, untuk membawa saya pada Pribadi Yesus yang sejati, yang tegas, lemah lembut, dan mendidik saya.

Inilah yang ingin saya bagikan kepada Anda melalui renungan ini, yaitu datang kepada Yesus, tidak ada yang lebih menyenangkan dari ini. Kita datang bukan berdasarkan apa yang bisa kita berikan, kita datang dengan kesadaran akan dosa-dosa yang nyata di dalam diri kita, karena kita memang orang berdosa, kita sadar kejahatan kita, kita sadar kita adalah orang fasik yang ada di Alkitab kita.

Tetapi orang fasik ini, telah diberikan kehidupan yang baru ketika ada di dalam Yesus, ketika ia percaya kepada Yesus dan bertobat dari segala dosa. Dan melangkahkan kaki untuk berada dalam rancangan kekal Tuhan Yesus. Kita ada untuk melakukan pekerjaan baik yang telah dipersiapkan bagi kita, marilah kita merenungkan kebenaran ini.

Injil memberikan pengertian yang benar-benar berbeda dari semua konsep agama. Bahwa Allah sendirilah yang telah melakukan sesuatu yang baik, lebih baik dan sangat-sangat baik. Ia memberikan diri-Nya, untuk ditimpakan semua dosa dan kutuk hukuman dosa kita, Yesus dihancurkan di atas kayu salib, Ia mati di atas salib. Seolah-olah semua dosa, semua perbuatan dosa. Yesus lah yang melakukannya.

Kita yang layak binasa, ketika bertobat untuk pertama kalinya, melihat betapa besarnya dosa kita, betapa kita layak binasa. Namun pada saat yang sama, ada kasih yang begitu besar dari Allah, kasih yang sangat-sangat limpah. Mau mengampuni kita, menyatakan kebesaran kasih karunia-Nya. Bahwa kita diterima dengan semua kesalahan kita untuk dikuduskan, dijadikan baru dan diberikan kehidupan yang baru.

Di dalam hidup yang baru inilah, kita bekerja melakukan pekerjaan baik dalam Yesus, dalam karunia-Nya kita mendapatkan sumber daya, diri kita dikembangkan. Kita mengenal diri kita, kita dapat melihat kebenaran yang ada di dalam kita yang berasal dari Yesus, kita menikmati persekutuan dengan Yesus dan kita hidup melakukan pekerjaan baik, untuk memberitakan Yesus, bahwa kehidupan dan keselamatan hanya ada di dalam Dia.

Dikembangkan di dalam Yesus untuk menunjukkan bahwa kemuliaan kepada dunia, karena kita ini buatan Allah, manusia buatan Allah untuk Dialah kita diciptakan. Tidak ada tujuan lain, kita ada untuk menjadi wakil Allah selama kita ada di dunia ini, kita hidup untuk melakukan segala sesuatu yang benar-benar berguna. 

Maka kita diambil dari kehidupan yang binasa dalam dosa, untuk dimasukkan ke dalam kehidupan Yesus, untuk diperdayakan bagi kemuliaan-Nya. Kita dipanggil untuk membawa orang-orang kepada Yesus, kita melangkah bersama Yesus untuk pekerjaan baik yang bernilai kekal.

Ini adalah sukacita sejati dan abadi, kita dapat memikirkan kebenaran ini, bahwa Yesus haruslah menjadi pusat dari cara berpikir kita, cara kita merasakan, dan cara kita menikmati kehidupan ini. Bahwa kita ada di dalam Dia, karena Dialah Tuhan kita, kita dipanggil untuk taat kepada Kristus, dan kesenangan dan sukacita sejati jiwa kita hanya ketika Kristus menjadi Tuhan, pemilik hidup kita dan kita berserah kepada-Nya. 

Bapa yang baik, kami memuji Engkau olah karena kasih setia yang ada di dalam Engkau dan karena Engkaulah kami hari ini mendapatkan keselamatan. Dengan memberikan Kristus menjadi milik kami, menjadi penebus kami dan membawa kami ke dalam persekutuan yang abadi dan sejati di dalam Engkau. Teruslah selidiki hati kami, agar kami menemukan diri kami yang berdosa dan bertobat. Sehingga hidup kami menjadi pelayanan-Mu dan berbuat baik bersama Kristus sampai pada hari kematian kami. Di dalam nama Yesus. Amin.

Posting Komentar untuk "Renungan Efesus 2:10 Bersama Yesus Berbuat Baik"

 Dapatkan sumber daya berpusat pada Injil, melalui renungan-renungan yang berpusat pada Injil;

Klik Gambar di Bawah;