Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Renungan Mazmur 119:30 Berpusat Pada Jalan Kebenaran

Renungan Mazmur 119:30 Berpusat Pada Jalan Kebenaran

Ayat Alkitab Mazmur 119:30

Judul Renungan; Berpusat Pada Jalan Kebenaran

Mazmur 119:30 (TB) Aku telah memilih jalan kebenaran, telah menempatkan hukum-hukum-Mu di hadapanku.

Pada akhirnya inilah pergumulan kita seumur hidup, bukan hanya sekedar untuk hidup lebih baik bagi kemuliaan diri sendiri. Tetapi menempatkan apa yang utama sebagai satu-satunya yang paling utama bagi hati dan pikiran kita. Sehingga menghasilkan tindakan yang sesuai dengan keinginan Tuhan dan bagi Dialah segala kemuliaan dari kehidupan kita yang sangat sementara di dunia yang fana dan dipenuhi dosa dan kutuk yang tidak ada habisnya.

Kita bergumul untuk memilih, kita terus bergumul untuk memutuskan, kita bergumul untuk bertindak, kita bergumul apakah apa yang telah kita lakukan adalah kebenaran dan berasal dari Sang Kebenaran yang sejati. Lalu dari mana kita tahu bahwa pilihan kita berasal dari kebenaran dan kita berjalan di jalan kebenaran yang sejati sehingga kehidupan kita saat ini tidak sia-sia.

Hari-hari terasa sangatlah singkat, berlalu sangat cepat. Melalui tulisan ini, saya mengajak Anda untuk kembali memikirkan apakah kita sedang berada di jalan kebenaran? Apakah Kristus telah menjadi pusat hidup kita? Apakah hati dan pikiran kita setiap hari memikirkan bagaimana Injil dapat menyebar dan kemajuan Injil dapat sampai kepada bangsa-bangsa melalui kehidupan kita.

Sehingga fokus kita sekarang benar-benar bersifat kekal, tidak fana dan sia-sia, tidak hanya sampai di bekerja, makan dan mati tanpa menemukan kemuliaan dibalik setiap napas yang berhembus saat ini. Tanpa adanya nilai kekal, tanpa memikirkan bagaimana Injil dapat dikabarkan. Tentunya kehidupan yang memikirkan Injil dapat maju ke seluruh pelosok dunia, haruslah didahului dengan dasar yang benar, yaitu diri kita menikmati Injil.

Pemazmur, memberitakan kepada kita satu pergumulan yang harus menjadi isi dari doa pribadi kita di Mazmur 119:30, yaitu tentang pilihan yang harus secara sadar kita pilih adalah jalan kebenaran. Dan jalan ini tidak dapat lepas dari firman Tuhan, sebagai pedoman hidup dan satu-satunya kesenangan sejati bagi jiwa yang telah hidup di dalam kasih karunia, hidup dalam Yesus yang telah memberikan diri-Nya sebagai korban yang sempurna. 

Lebih jelasnya ini adalah pilihan untuk menjadi murid Kristus yang telah disalibkan, Dialah Sang Jalan Kebenaran dan Hidup, Dialah yang telah disalibkan untuk menjadikan kita anak Allah yang dikasihi. Dialah pilihan utama kita, Dialah yang seharusnya melekat dipikirkan kita, di hati kita, menjadi pusat dari doa-doa pribadi kita dan hidup untuk terus dimurnikan oleh kuasa salib-Nya. 

Saudaraku yang kekasih, merenungkan Kristus adalah makanan rohani kita, firman Tuhan di Alkitab pada akhirnya tentang Kristus yang memancarkan kemuliaan Allah secara sempurna. Ketika kita merenungkan Yesus yang disalibkan, kita memuji Dia karena Dialah kita dibebaskan dari dosa dan dimerdekakan untuk memilih Kristus sebagai jalan hidup, menikmati persekutuan dengan Dia dan menjadi seseorang yang melakukan kehendak-Nya. 

Hidup menjadi benar-benar berguna, ketika Kristus menjadi pusat dari kehidupan kita saat ini. Inilah doa kita, berdoalah agar Roh Kudus menyelidiki hati kita, berdoalah agar yang menjadi pilihan kita adalah jalan kebenaran. 

Berdoalah untuk meminta ampun karena kita pendosa yang binasa, baiklah kita berdoa dengan iman yang benar, iman yang sejati adalah penyerahan diri, untuk taat pada kehendak Kristus, agar kita yang bobrok ini dikuduskan dan menjadi selaras dengan pikiran Kristus. 

Menjadi serupa dengan Dia, Yesus yang sempurna telah taat kepada kehendak Allah Bapa. Pada akhirnya ini tujuan kita, inilah yang terus kita gumulkan, untuk kita tetap berada di jalan kebenaran yang berasal dari Tuhan kita Yesus Kristus.

Bapa yang baik, yang telah memberikan Kristus menjadi milik berharga kami, Pribadi Mulia dan Kudus yang selalu setia menemani kami melalui Roh Kudus. Kami memohon belas kasih-Mu, tolong kami sehingga kami memempatkan hukum-hukum-Mu menjadi yang utama dalam hidup kami, sehingga hari-hari kami berpusat pada Kristus dan kehendak-Nya menjadi tujuan kami bertindak hari ini. 

Mampukan kami melewati pergumulan dan semua penderitaan yang tidak sia-sia, Bapa, ketika kami mulai masuk ke dalam Kesia-siaan hidup, tidak sesuai kehendak-Mu. Arahkanlah kami untuk selalu Kembali ke hukum-hukum-Mu sehingga hidup kami hanya bagi kemuliaan-Mu dan memberitakan kemuliaan itu sampai ke bangsa-bangsa, dalam nama Yesus kami berdoa amin.

Posting Komentar untuk "Renungan Mazmur 119:30 Berpusat Pada Jalan Kebenaran"

 Dapatkan sumber daya berpusat pada Injil, melalui renungan-renungan yang berpusat pada Injil;

Klik Gambar di Bawah;