Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Renungan Kisah Para Rasul 1:4-5 Roh Kudus Berkat Dicurahkan

Renungan Kisah Para Rasul 1:4-5 Roh Kudus Berkat Dicurahkan

Ayat Alkitab Kisah Para Rasul 1:4-5

Judul Renungan Roh Kudus Berkat Dicurahkan

Kisah Para Rasul 1:4-5 (TB) 4 Pada suatu hari ketika Ia makan bersama-sama dengan mereka, Ia melarang mereka meninggalkan Yerusalem, dan menyuruh mereka tinggal di situ menantikan janji Bapa, yang -- demikian kata-Nya -- "telah kamu dengar dari pada-Ku. 5 Sebab Yohanes membaptis dengan air,  tetapi tidak lama lagi kamu akan dibaptis dengan Roh Kudus."

Roh Kudus Berkat Dicurahkan Kepada Orang yang Percaya Yesus. Kelanjutan dari renungan sebelumnya, saya telah menjelaskan ayat 1-3 Yesuslah yang menginjili kita, pada renungan kali ini kita  akan belajar bahwa Allah telah menyediakan kepada kita berkat paling mulia sepanjang sejarah manusia. 

Berkat yang tanpa kita sadari telah datang dan menawarkan diri-Nya untuk mengasihi kita. Untuk membawa kita pada pertobatan setiap hari, untuk membawa kita pada Injil yang menguduskan kita dan membenarkan kita ketika kita bertobat.

Ketika Anda dan saya membaca dan merenungkan Alkitab, seringkali kita hanya fokus pada bagaimana kita dapat mengerti apa yang kita baca, dan kita terfokus pada pencarian metode agar kita dapat melakukan hal-hal baik dalam dunia sosial kita. Sehingga kita menjadi seseorang yang terpuji dan berhasil berdasarkan takaran kita.

Fokus yang seperti ini adalah fokus yang setengah benar, tentunya akan membuat kita lelah membaca Alkitab karena kita tidak akan selalu menemukan metode, dan akan sulit bagi kita untuk mengerti teks Alkitab. Ada dua hal yang akan saya bagikan pada Anda, tentang membaca dan merenungkan Alkitab; 

Pertama, Alkitab yang kita baca haruslah kita mengerti sebagai pernyataan kemuliaan Allah, kasih  dan keadilan Allah, dan kemahakuasan Allah. Ketika kita sadar hal ini kita akan berdiam dan memuji memuliakan Dia dalam keheningan, inilah kepuasan sejati. Karena Alkitab pada dasarnya, buku yang memperkenalkan Allah yang menciptakan langit dan bumi, Dia menyatakan diri-Nya melalui Alkitab.

Kedua, Alkitab tentang kita, kita yang adalah manusia berdosa yang Allah kasihi, kita yang adalah manusia gagal yang Allah tolong, agar kita berhasil dan keberhasilan itu untuk memuliakan Dia Raja segala Raja. Alkitab tentang karya keselamatan yang dikerjakan melalui kematian Yesus di atas kayu salib.

Bacalah Alkitab dengan melihat kemuliaan Allah dan melihat diri sendiri sebagai manusia berdosa!

Kiranya Roh Kudus memampukan Anda untuk selalu melihat kemuliaan Allah dan keberdosaan diri Anda melalui pembacaan Alkitab  pribadi Anda. Inilah berkat termulia itu Roh kudus Sang pemberi pengertian. Menjadi perenungan kita adalah Allah yang telah menjadi manusia Yesus Tuhan kita. Memberi perintah kepada para murid untuk menantikan janji Allah. Janji itu adalah Roh Kudus. 

Untuk apa  Pribadi Roh Kudus hadir bagi Anda dan saya yang di dalam Kristus?

Jawaban dari pertanyaan di atas ada disepanjang pasal Kisah Para Rasul bahkan sepanjang, kitab-kitab lain dalam PL dan PB setelah keempat kitab Injil. Baptisan Roh Kudus, bukan agar Anda dan saya lebih terlihat rohani, lebih hebat, dan lebih diberkati seperti yang kita bayangkan. Roh Kudus hadir untuk menyatakan pada Anda dan saya. Bahwa kita dipanggil untuk mengabarkan keindahan Injil. Menyatakan kepada Anda dan saya kita adalah orang berdosa yang dibenarkan dalam Yesus.

Injil yang telah Anda nikmati, seperti menikmati roti bakar berselai kesukaan Anda dibawah gelap malam yang terangi sinar bintang dan rembulan, Anda sedang berada di puncak gunung dengan pemandangan yang indah, pemandangan yang telah disinari oleh sinar rembulan. Injil pada dasarnya jauh lebih indah dari pemandangan yang saya ilustrasikan. 

Roh Kudus hadir agar kita dimampukan untuk mengabarkan Injil, agar pelayanan Injil semakin maju. Melalui kehidupan kita yang telah menikmati Yesus.

Kiranya Anda dan saya peka pada kasih Yesus, yang sangat besar hadir dalam diri Anda, berkat itu telah dicurahkan, yaitu berkat penyertaan Roh Kudus, memberi kekuatan dan kemampuan selain untuk mematikan dosa dalam diri Anda dan saya, Roh Kudus juga memberikan kekuatan untuk kita bisa menceritakan keindahan Injil kepada orang terdekat kita. Soli Deo Gloria

Posting Komentar untuk "Renungan Kisah Para Rasul 1:4-5 Roh Kudus Berkat Dicurahkan "