Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Strategi Melawan Nafsu

6 Strategi Melawan Nafsu

Ini adalah enam strategi yang teruji dan terbukti untuk melawan nafsu. Saya ada dalam pikiran pria dan wanita. Untuk pria sudah jelas. Kebutuhan akan perang melawan bombardir godaan visual untuk terpaku pada citra seksual sangat mendesak. Bagi wanita itu kurang jelas, tetapi sama bagusnya jika kita memperluas cakupan godaan ke makanan atau sosok atau fantasi relasional. Ketika saya mengatakan “nafsu” yang saya maksud adalah alam pikiran, imajinasi, dan hasrat yang mengarah pada perilaku seksual yang salah. Jadi di sini adalah satu set strategi dalam perang melawan keinginan yang salah. Saya menuliskannya dalam bentuk akronim, ANTHEM.

1. J – Hindari sebanyak mungkin dan masuk akal pemandangan dan situasi yang membangkitkan keinginan yang tidak sesuai.

Anda diciptakan untuk menghargai Kristus dengan segenap hati Anda - lebih dari Anda menghargai seks atau gula atau apa pun.

Saya katakan "mungkin dan masuk akal" karena beberapa paparan godaan tidak bisa dihindari. Dan saya katakan “keinginan yang tidak pas” karena tidak semua keinginan untuk seks, makanan, dan keluarga itu buruk. Kita tahu ketika mereka tidak layak dan tidak membantu dan dalam perjalanan mereka untuk menjadi budak. 

Kita tahu kelemahan kita dan apa yang memicunya. "Menghindari" adalah strategi alkitabiah. “Jauhi hawa nafsu masa muda dan kejarlah kebenaran” ( 2 Timotius 2:22 ). “Janganlah menafkahi daging, untuk memuaskan keinginannya” ( Roma 13:14 ).

2. N – Katakan “Tidak” pada setiap pikiran yang penuh nafsu dalam waktu lima detik.

Dan katakan itu dengan otoritas Yesus Kristus. “Dalam nama Yesus, TIDAK!” Anda tidak memiliki lebih dari lima detik. Berikan lebih banyak waktu tanpa perlawanan dari itu, dan itu akan menempatkan dirinya dengan kekuatan sedemikian rupa sehingga hampir tak tergoyahkan. Katakan dengan lantang jika Anda berani. 

Jadilah tangguh dan suka berperang. Seperti yang dikatakan John Owen, “Bunuhlah dosa atau dosa itu akan membunuhmu.” Serang cepat dan serang keras. “Lawan iblis, dan dia akan lari darimu” ( Yakobus 4:7 ).

3. T – Membalikkan pikiran secara paksa kepada Kristus sebagai kepuasan yang lebih tinggi.

Mengatakan "tidak" tidak akan cukup. Anda harus beralih dari bertahan ke menyerang. Lawan api dengan api. Serang janji dosa dengan janji Kristus. Alkitab menyebut nafsu sebagai “keinginan yang menipu” ( Efesus 4:22 ). Mereka berbohong. 

Mereka menjanjikan lebih dari yang bisa mereka berikan. Alkitab menyebut mereka "nafsu ketidaktahuan Anda sebelumnya" ( 1 Petrus 1:14 ). Hanya orang bodoh yang mengalah. “Tiba-tiba dia mengikutinya, seperti lembu pergi ke pembantaian” ( Amsal 7:22 ). Kebohongan dikalahkan oleh kebenaran. Ketidaktahuan dikalahkan oleh pengetahuan. Itu pasti kebenaran yang mulia dan pengetahuan yang indah. Inilah mengapa saya menulis  Melihat dan Menikmati Yesus Kristus . Kita harus membekali pikiran kita dengan janji-janji dan kesenangan Yesus yang luar biasa. Kemudian kita harus segera berpaling kepada mereka setelah berkata, “TIDAK!”

4. H – Pegang janji dan kesenangan Kristus dengan kuat dalam pikiran Anda sampai hal itu mendorong gambaran lainnya keluar.

Arahkan pandangan Anda pada Yesus (lihat Ibrani 12:2 ). Di sinilah banyak yang gagal. Mereka terlalu cepat menyerah. Mereka berkata, "Saya mencoba mendorongnya keluar, dan itu tidak berhasil." Saya bertanya, “Berapa lama Anda mencoba? Seberapa keras Anda mengerahkan pikiran Anda? ” Pikiran adalah otot. Anda dapat melenturkannya dengan penuh semangat. Ambil kerajaan itu dengan kejam ( Matius 11:12 ). 

Jadilah brutal. Pegang janji Kristus di depan mata Anda. Tahan. Tahan! Jangan biarkan itu pergi! Tetap pegang! Berapa lama? Selama dibutuhkan. Bertarung! Demi Tuhan, berjuanglah sampai kamu menang! Jika pintu garasi listrik akan menghancurkan anak Anda, Anda akan menahannya dengan sekuat tenaga dan berteriak minta tolong, dan memegangnya dan menahannya dan menahannya dan menahannya.

5. E – Nikmati kepuasan yang unggul.

Jika Anda ingin membunuh nafsu, Anda harus melawan api dengan api. Serang janji dosa dengan janji Kristus.

Menumbuhkan kapasitas untuk kesenangan dalam Kristus. Salah satu alasan nafsu menguasai begitu banyak orang adalah karena Kristus memiliki begitu sedikit daya tarik. Kita gagal untuk menipu karena kita memiliki sedikit kesenangan di dalam Kristus. Jangan katakan, “Itu bukan saya.” Langkah apa yang telah Anda ambil untuk membangkitkan kasih sayang kepada Yesus? Sudahkah Anda berjuang untuk kesenangan? Jangan fatalistik. 

Anda diciptakan untuk menghargai Kristus dengan sepenuh hati - lebih dari Anda menghargai seks atau gula. Jika Anda memiliki sedikit rasa untuk Yesus, kesenangan yang bersaing akan menang. Mohonlah kepada Tuhan untuk kepuasan yang tidak Anda miliki: "Puaskan kami di pagi hari dengan kasih setia-Mu, agar kami bersukacita dan bergembira sepanjang hari-hari kami" ( Mazmur 90:14 ). Kemudian lihat, lihat, dan lihatlah Orang yang paling agung di alam semesta sampai Anda melihatnya sebagaimana adanya.

6. M – Pindah ke aktivitas yang bermanfaat jauh dari kemalasan dan perilaku rentan lainnya.

Nafsu tumbuh cepat di taman waktu luang. Temukan pekerjaan yang baik untuk dilakukan, dan lakukan dengan sekuat tenaga. “Jangan malas dalam semangat, bersemangatlah dalam semangat, layanilah Tuhan” ( Roma 12:11 ). “Bertahanlah, jangan goyah, giatlah selalu dalam pekerjaan Tuhan” ( 1 Korintus 15:58 ). 

Berlimpah dalam pekerjaan. Bangun dan lakukan sesuatu. Menyapu kamar. Palu paku. Menulis sebuah surat. Perbaiki keran. Dan lakukan itu demi Yesus. Anda dibuat untuk mengelola dan membuat. Kristus mati untuk membuat Anda “rajin berbuat baik” ( Titus 2:14 ). Alihkan nafsu menipu dengan hasrat untuk perbuatan baik.

____________________

Penulis John Piper

Judul Artikel ANTHEM: Strategies for Fighting Lust (6 Strategi Melawan Nafsu)

Nama Web Desiring God

Alamat Web https://www.desiringgod.org/articles/anthem-strategies-for-fighting-lust

Posting Komentar untuk "6 Strategi Melawan Nafsu"

 Dapatkan sumber daya berpusat pada Injil, melalui renungan-renungan yang berpusat pada Injil;

Klik Gambar di Bawah;