Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kata Bijak Kristen Tentang Pengharapan; Oleh Timothy Keller

Timothy Keller

Saya baru-baru ini membaca buku baru Tim Keller Hope in Times of Fear: Kebangkitan dan Makna Paskah  (Viking, 2021) [ wawancara ]. Berikut adalah 20 kutipan yang menarik perhatian saya.

Ancaman terbesar bagi harapan kita untuk dunia yang lebih baik bukanlah lingkungan alam tetapi berbagai kejahatan yang terus-menerus muncul dari hati manusia. (xviii)

Kebangkitan bukanlah trik sulap yang luar biasa tetapi sebuah invasi. (xxi)

Percaya atau tidak percaya pada kebangkitan tidak pernah semata-mata merupakan proses intelektual. Kami bukan komputer. Kita adalah manusia berdarah-daging, dan ketika kita menghadapi klaim kebangkitan, kita menjawabnya tidak hanya dengan logika tetapi dengan harapan dan ketakutan seumur hidup serta komitmen iman yang sudah ada sebelumnya. Dan kita tidak akan pernah bisa menerimanya sampai kita melihat kebutuhan kita akan kasih karunia Allah. (15)

Kebangkitan memang merupakan pertunjukan ajaib dari kuasa Tuhan, tetapi kita tidak boleh melihatnya sebagai penangguhan tatanan alam dunia. Melainkan itu adalah awal dari pemulihan tatanan alam dunia, dunia seperti yang Tuhan inginkan. . . . Kebangkitan tidak hanya berarti bahwa orang Kristen memiliki harapan untuk masa depan tetapi mereka memiliki harapan yang datang dari masa depan. Pesan mengejutkan dari Alkitab adalah bahwa ketika Yesus bangkit, Dia membawa kerajaan Allah yang akan datang ke masa sekarang. (24)

Dalam kebangkitan kita memiliki kehadiran masa depan. Kuasa yang olehnya Allah pada akhirnya akan menghancurkan semua penderitaan, kejahatan, kecacatan, dan kematian pada akhir zaman telah menembus sejarah sekarang dan tersedia—sebagian tetapi secara substansial—sekarang. Ketika kita bersatu dengan Kristus yang bangkit melalui iman, kekuatan masa depan yang cukup kuat untuk mengubah alam semesta masuk ke dalam diri kita. (31)

Kebangkitan tidak hanya membawa masa depan ke masa kini tetapi juga membawa surga ke bumi. (43)

Pada zaman Yesus pesan kerajaan bertentangan dengan semua kategori dunia. Di zaman kita, iman Kristen dipandang sebagai sesuatu yang tradisional daripada radikal dan mengganggu. Tidak ada yang bisa lebih jauh dari kebenaran. (60)

Ada hal-hal yang baik dari dunia ini, hal-hal yang sulit dari dunia ini, dan hal-hal terbaik dari dunia ini—kasih, kemuliaan, kekudusan, keindahan Tuhan. Ajaran Alkitab adalah bahwa jalan menuju hal-hal yang terbaik bukanlah melalui hal-hal yang baik tetapi biasanya melalui hal-hal yang sulit, seperti yang Yesus sendiri tunjukkan kepada kita dalam Filipi 2:5–11Filipi 2:5–11 . Tidak ada pesan yang

lebih bertentangan dengan cara dunia memahami kehidupan atau lebih subversif terhadap nilai-nilainya. (62)

Pendiri agama-agama besar dunia lainnya meninggal dengan damai, dikelilingi oleh pengikut mereka dan pengetahuan bahwa gerakan mereka sedang berkembang. Sebaliknya, Yesus mati dalam aib, dikhianati, disangkal, dan ditinggalkan oleh semua orang, bahkan Bapa-Nya. Agama-agama dunia lainnya mengajarkan keselamatan melalui pendakian kepada Tuhan melalui perbuatan baik, kebajikan moral, ketaatan ritual, dan transformasi kesadaran. Sebaliknya, Kekristenan adalah tentang keselamatan melalui turunnya Allah kepada kita. Inilah perbedaan besar antara Kekristenan dan setiap sistem filsafat dan agama lainnya. (80)

Kecuali Anda melarikan diri darinya atau berlari ke arahnya, Anda sebenarnya tidak benar-benar tahu siapa dia. (98)

Seperti yang ditunjukkan oleh banyak pemikir kontemporer, ketika Anda menciptakan identitas dengan membenci kelompok lain, itu membuat Anda bergantung pada mereka dalam banyak hal. Ironisnya, "yang lain" menjadi bagian dari diri Anda. Anda membutuhkan mereka untuk tetap di tempatnya dan menyesuaikan stereotip Anda tentang mereka. Dan jika sesuatu mengancam pandangan satu dimensi dan negatif Anda terhadap mereka, hal itu akan mengguncang fondasi Anda. (102)

Jika Anda melihat Kekristenan, mulailah dengan melihat kehidupan Yesus seperti yang ditunjukkan kepada kita dalam Injil, dan terutama pada kebangkitan. Jangan memulai, seperti orang modern, dengan bertanya pada diri sendiri apakah Kekristenan cocok dengan siapa Anda. Jika kebangkitan terjadi, maka ada Tuhan yang menciptakan Anda untuk dirinya sendiri dan pada akhirnya, ya, Kekristenan cocok untuk Anda apakah Anda bisa melihatnya sekarang atau tidak. Jika dia nyata dan bangkit, maka sama seperti Paulus, meskipun dia tidak memiliki jawaban atas pertanyaannya, Anda harus mengatakan, "Apa yang ingin saya lakukan, Tuhan?" (111)

Kebangkitan rohani berarti bahwa kita, dalam arti tertentu, hidup di surga saat masih di bumi, hidup di masa depan saat masih berada di masa sekarang. (119)

Konservatisme sekuler berjuang untuk pembebasan individu dari kekuasaan negara sementara progresivisme berjuang untuk pembebasan kelompok tertindas melalui kekuasaan negara. Sangat mudah bagi orang Kristen yang berbicara tentang pembebasan untuk lebih dipengaruhi oleh salah satu pandangan politik ini daripada oleh Alkitab. Pembebasan yang dipahami dalam terang Pembalikan Besar terlihat sangat berbeda dari kedua ideologi tersebut. Singkatnya, tanpa Pembalikan Besar sebagai lensa untuk memahaminya, istilah cinta dan pembebasan pada akhirnya akan mencap orang Kristen dengan pemahaman dunia tentang moralitas daripada pemahaman Alkitab. (132–33)

Dengan semua teriakan dan kemarahan yang begitu lazim seputar masalah [rasial], saya tidak tahu cara yang lebih baik untuk maju daripada jutaan orang Amerika untuk menampilkan diri mereka yang baru dan mulai mendengarkan. (140)

Etika seks Kristen dipahami oleh para rasul sebagai bagian yang tidak dapat dinegosiasikan dari ortodoksi, salah satu keyakinan inti kekristenan. Apa yang diajarkan dan dipraktikkan orang Kristen tentang seksualitas merupakan implikasi penting dari Injil dan kebangkitan seperti halnya kepedulian terhadap orang miskin dan persamaan ras. Hal ini membuat tidak mungkin untuk berdebat, seperti yang coba dilakukan oleh banyak orang, bahwa apa yang Alkitab katakan tentang merawat orang miskin itu benar tetapi apa yang dikatakan tentang seks sudah ketinggalan zaman dan harus dibuang. (148–49)

Dalam banyak hal, revolusi seksual modern secara mengejutkan mengalami kemunduran. Ini adalah kembalinya pandangan yang berlaku di dunia Romawi, yaitu bahwa seks pada dasarnya adalah nafsu fisik dan tidak realistis dan tidak sehat untuk membatasinya hanya pada pernikahan. Namun dari gerakan #MeToo hingga penurunan aktivitas seksual, pernikahan, dan melahirkan anak, dapat dikatakan bahwa pendekatan modern terhadap seks merugikan kita sebagai masyarakat. Sebagai seorang pendeta yang bekerja di Manhattan selama hampir tiga dekade, saya telah melihat ratusan orang yang berpartisipasi dalam revolusi seksual modern berpaling darinya dan menemukan kebijaksanaan, keamanan, dan kebebasan yang lebih besar dalam visi dan praktik seksualitas Kristiani. (154) 

Umat Kristiani melihat hal-hal yang sulit memang sulit dan tidak untuk dicari, tetapi kita telah dipersenjatai dengan kebenaran agung ini, yaitu bahwa bila diterima dengan iman kepada Tuhan, hal-hal yang sulit akan membawa kepada hal-hal yang terbaik. (176)

Yesus benar-benar ditinggalkan sehingga Anda hanya merasa ditinggalkan tetapi sebenarnya tidak. Ketika Yesus Kristus berada di taman Getsemani dan kegelapan pekat turun menimpanya dan dia tahu itu akan datang, dia tidak meninggalkan Anda; dia mati untukmu. Jika Yesus Kristus tidak meninggalkan Anda dalam kegelapannya , kegelapan tertinggi, mengapa dia meninggalkan Anda sekarang, dalam kegelapan Anda? (216)

Menulis di masa-masa kelam seperti itu membantu saya melihat kedalaman baru dari kenyamanan dan kekuatan kebangkitan. Ini bukan untuk mengklaim bahwa ini adalah buku yang lebih baik daripada buku lain yang pernah saya tulis. Biarkan pembaca yang menilainya. Tetapi di situlah saya merasakan bimbingan dan pertolongan yang paling ilahi. (217)

_________________

Penulis Artikel Matt Smethurst 

Judul Artikel 20 Quotes from Tim Keller on Resurrection Hope

Nama Web The Gospel coalition

Alamt Web https://www.thegospelcoalition.org/article/20-quotes-keller-hope/

Posting Komentar untuk "Kata Bijak Kristen Tentang Pengharapan; Oleh Timothy Keller"

 Dapatkan sumber daya berpusat pada Injil, melalui renungan-renungan yang berpusat pada Injil;

Klik Gambar di Bawah;