Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Renungan Mazmur 25:5 Bawalah Aku Berjalan Dalam Kebenaran

Renungan Mazmur 25:5 Bawalah Aku Berjalan Dalam Kebenaran

Ayat Alkitab Mazmur 25:5

Judul Renungan; Bawalah Aku Berjalan Dalam Kebenaran

Mazmur 25:5 (TB) Bawalah aku berjalan dalam kebenaran-Mu dan ajarlah aku, sebab Engkaulah Allah yang menyelamatkan aku, Engkau kunanti-nantikan sepanjang hari.

Mazmur 25:10 (TB) Segala jalan TUHAN adalah kasih setia dan kebenaran bagi orang yang berpegang pada perjanjian-Nya dan peringatan-peringatan-Nya.

Kini kita mendapatkan pengharapan di dalam kasih karunia, bahwa kita pada dasarnya orang-orang berdosa yang layak untuk binasa. Kita mencintai perbudakan dosa, kita menyembah segala hal yang ada di dalam dunia, kita kagum dengan keindahan, kita menyukai keindahan, kita mencintai kuasa yang bekerja di dalam dunia, kita bekerja sama dengan setan untuk melawan Tuhan, atau memberontak terhadap Tuhan.

Musuh kita, adalah Tuhan, ketika kita masih hidup di dalam kegelapan dunia ini, ketika kita masih mencintai dunia ini dan ketika kita masih menjadi anak kutuk dan bukan anak kasih karunia. Hingga Injil benar-benar nyata bagi kehidupan kita, bagi jiwa kita, bagi kehidupan kita yang sementara sekarang ini. 

Memberitakan bahwa kita adalah budak dosa, bodoh, dan tidak berdaya. Kebutuhan terbesar kita, kebutuhan mendesak kita adalah Tuhan yang berkasih karunia, Dia yang menciptakan kita, mengundang kita untuk datang pada salib Anak-Nya, kita merenungkan salib itu. Untuk secara bersamaan kita merenungkan murka kekal dari Allah Bapa, dan merenungkan kasih yang begitu besar dari Allah. 

Di hadapan salib, kita bertobat dan seperti apa yang Pemazmur katakan “Kepada-Mu, ya Tuhan, kuangkat jiwaku; Allahku, kepada-Mu aku percaya; janganlah kiranya aku mendapat malu; janganlah musuh-musuhku beria-ria atas aku.” (Mazmur 25:1-2). Bertobat, inilah yang menjadi panggilan harian kita, inilah yang menjadi kebutuhan mendesak kita, bertobat berarti mengakui setiap dosa dan melihat dosa sebagai musuh terbesar yang harus dikalahkan. 

Saudaraku, waktu-waktu yang diberikan oleh Tuhan untuk bertobat adalah kasih karunia yang besar, bagi pendosa besar seperti Anda dan saya. Tidak ada yang lebih manis, lebih baik, dan lebih menyenangkan dari waktu-waktu di mana kita didasarkan oleh Roh Kudus untuk bertobat. Ini sangat menyegarkan.

Kita harus membuat keinginan daging kita tunduk pada keinginan Roh Kita, ini adalah pergumulan seumur hidup, ini adalah perjuangan kita, untuk inilah kita sekarang hidup di dalam Yesus. Bahwa seluruh hidup kita, haruslah diberikan untuk Tuhan, seluruh-Nya, apa pun yang kita kerjakan, semuanya dan tidak ada yang tertinggal semuanya untuk Tuhan.

Di dalam Yesus kita berjalan di jalan kebenaran-NYA

Ketika kita memohonkan, untuk dibawa ke jalan kebenaran Tuhan, maka Alkitab memberitahukan bahwa Yesuslah jalan kebenaran dan hidup. Melalui Injil kita mengenal Yesus dan kehidupan-Nya, yang Ia berikan untuk membebaskan kita dari semua dosa kita, semua kutuk dan semua kehidupan yang sia-sia ketika kita percaya kepada-Nya.

Kabar utama, yang menjadi janji Tuhan, kepada manusia ketika mereka berdosa, merupakan janji yang digenapi di dalam Yesus, Allah setia bekerja untuk menyelamatkan manusia dari dosa mereka. Allah bekerja di dalam sejarah melalui orang-orang yang Ia pilih untuk menyelamatkan bangsa-bangsa. 

Ia melakukan semua ini, agar Anda dan saya sampai pada jalan kebenaran yaitu Yesus Kristus, Dialah pusat, Dialah Tuhan, Dialah yang memiliki kasih setia yang nyata dan Dialah kebutuhan terbesar kita. Untuk Dialah Anda dan saya menjadi ciptaan yang baru, dilahirkan kembali oleh Roh Kudus dan menerima panggilan untuk menjadi duta-duta Kristus, memberikan Sang Jalan Kebenaran dan Hidup kepada dunia.

Hidup di dalam Kristus Sang Jalan, merupakan kehidupan yang terus memantikan pertolongan Tuhan, dalam rangka pemberitaan Injil. Ketika saya berbicara memberitakan Injil, saya berbicara untuk Anda orang percaya, orang Kristen, inilah tugas Anda, inilah kepuasan yang sejati di dalam Injil yang diberitakan karena Anda telah menikmati Injil.

Ketika Anda sampai hari ini, tidak ada gairah memberitakan Injil, tidak ada keinginan dan tidak memiliki kerinduan yang mendalam tentang bagaimana Injil diberitakan. Saya yakin, Anda belum mengecap betapa Injil itu manis seperti madu, Anda belum menikmati Injil.

Saya berasumsi, mungkin karena pengajaran sesat yang selama ini mempengaruhi Anda, yang saya maksud pengajaran yang berpusat pada iman Anda yang palsu yaitu keinginan Anda, kerinduan Anda sehingga Anda mereka dengan iman/keinginan Anda, Anda dapat mengatur Tuhan. Ini pengajaran sesat yang saya maksud. Sehingga Anda memiliki injil palsu yang membuat Anda semakin egois.

Selanjutnya, Anda mendapatkan pengajaran yang benar, pengajaran yang berpusat pada Tuhan. Tetapi ada dosa yang Anda masih sembuyikan, Anda belum bertobat. pengajaran hanya sampai pada pengetahuan Anda dan tidak pernah menyentuh hati Anda, sehingga pengajaran Injil yang benar itu, tidak pernah memberikan Anda gairah untuk hidup menyampaikan Injil.

Kita harus bertobat, untuk selalu melihat dan menikmati keselamatan yang dari Tuhan di dalam Yesus yang telah disalibkan dan telah bangkit itu. Kita harus selalu kembali ke kasih setia Tuhan,  untuk selalu berpegang pada janji penyertaan-Nya, ketika kita hidup memberitakan Dia, untuk selalu bersekutu dengan Dia, menikmati Kristus dan menjadi pemberita Kristus. Marilah kita berdoa untuk diri kita sendiri dan komunitas Kristen kita, di dalam doa kita berkata, “Bawalah aku berjalan dalam kebenaran-Mu dan ajarlah aku.” Amin. Soli Deo Gloria.

Posting Komentar untuk " Renungan Mazmur 25:5 Bawalah Aku Berjalan Dalam Kebenaran"

 Klik Gambar di Bawah Untuk Memberikan Persembahan

 

Klik gambar untuk mendapatkan sumber 
daya renungan berpusat pada Injil