Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Renungan 2 Timotius 2:22 Jauhilah Nafsu Orang Muda

Renungan 2 Timotius 2:22 Jauhilah Nafsu Orang Muda

Ayat Alkitab 2 Timotius 2:22

Judul Renungan; Jauhilah Nafsu Orang Muda

2 Timotius 2:22 (TB) Sebab itu jauhilah nafsu orang muda, kejarlah keadilan, kesetiaan, kasih dan damai bersama-sama dengan mereka yang berseru kepada Tuhan dengan hati yang murni.

Kita telah belajar, tentang bahwa kita adalah perabot yang dipakai untuk pekerjaan yang mulia, pekerjaan yang bernilai kekal. Bahwa kita telah hidup di dalam Injil Yesus Kristus, telah diberikan kehidupan yang baru, kehidupan yang bernilai kekal dan kehidupan yang benar-benar untuk menikmati persekutuan dengan Allah dan memberikan Allah sebagai tujuan utama dari kehidupan ini.

Ini merupakan respon kita terhadap kasih yang sejati dari Allah melalui Yesus Kristus yang kita percayai. Kristus yang telah menebus kita dari kutuk dosa, Yesus yang telah membebaskan kita dari kematian kekal, Yesus yang telah memberikan diri-Nya menjadi dosa dan menjadi kutuk. Disalibkan, menjadi sangat hina, agar kita yang hina ketika percaya kepada-Nya dimuliakan karena kemuliaan Yesus ditaruh di dalam kita dan kita bertobat karenanya.

Di mana hati kita yang telah diubahkan oleh kuasa Roh Kudus sehingga dapat percaya pada pemberitaan Injil. Kita dapat melihat kebutuhan akan kasih karunia, bahwa kita tidak dapat menyelamatkan diri kita sendiri. 

Bahwa dosa sangat-sangat nyata bagi kehidupan kita, dosa memperbudak dan kita benci fakta dari dosa yang adalah definisi dari keberadaan kita di muka bumi. Sehingga hanya karena kasih karunia saja, kita dapat dilepaskan dari kengerian akan dosa, kita dibebaskan dari fakta perbudakan sehingga kita bukan lagi budak dosa melainkan hamba Kristus yang Dia kasihi.

Oleh karena kebenaran Injil inilah, di dalam kehidupan yang baru, kita menjadi perabot rumah yang dipakai untuk kemuliaan. Dan kita dipanggil untuk menjauhi kejahatan seperti yang Paulus tuliskan kepada Timotius, yaitu menjauhi nafsu orang mudah, ini adalah jenis nafsu yang membakar setiap orang. Tidak peduli berapa pun umur Anda, Anda dapat kapan saja dibakar oleh nafsu orang muda ini.

Menjauhi, artinya berlari dan ini berlari dari sebuah nafsu yang sangat-sangat mengacaukan dan ini semua berdasarkan keinginan daging. Dan bertentangan dengan kebenaran Firman Tuhan. sebagai Hamba Kristus dan bukan lagi hamba setan budak dari dosa, kita harus benar-benar memastikan diri kita kuat di dalam firman dan dapat memenangkan perperangan ini. 

Hanya karena kasih karunia saja, kita dapat dilepaskan dari kuasa nafsu orang mud aini, hanya karena kuasa salib kita dapat melepaskan diri dari nafsu ini. Di ini semuanya meliputi kehidupan yang berpusat pada diri sendiri, seperti seks yang tidak sehat, keserakahan, menonjolkan diri, dan segala keinginan yang di mana diri sendiri ingin dipuaskan dan dimuliakan. Jauhi semua ini barlarilah pada salib Kristus dan bergumulah untuk mematikan semua dosa ini.

Bahwa kita bukan lagi berjuang untuk diri sendiri dan dengan kekuatan sendiri, melainkan untuk menunjukkan Kristus melalui hidup kita sebagai hamba Tuhan. Sehingga kita harus benar-benar berlari dari kesesatan yaitu nafsu orang muda ini. Dan setiap har membawa diri kita kepada Injil, bahwa kita harus selalu bertobat ketika melihat fakta bahwa setiap saat kita dapat jatuh ke dalam dosa dan diperbudak oleh dosa.

Ketika kita telah ada di dalam kasih Allah, kita hidup untuk Allah, kita menjadi hamba Allah di dalam kasih karunia Tuhan Yesus Kristus. 

Selanjutnya, ketika kita menjauhi kejahatan, nafsu orang muda. Kita semakin mendekat, sehingga karakter Kristus, yaitu keadilan, kesetiaan, kasih dan damai. Ada di dalam kita, ini tidak secara otomatis ada, ini adalah pergumulan kita untuk mengalahkan kedagingan kita. Dengan cara semakin dekat pada Kristus, semakin berserah pada kehendak Yesus, dan hidup untuk semakin serupa dengan Dia.

Kita akan menjadi seperti yang kita sembah, yang kita kagumi, ketika kita benar-benar menyembah Yesus mengagumi Yesus dan ingin selalu mengikut jejak-Nya. Untuk menyerahkan diri pada Dia, taat pada Dia dan Roh Kudus di dalam kita memampukan kita. Maka kita akan menjadi semakin serupa dengan Dia, seperti kasih-Nya, keadilan-Nya, dan damai sejahtera yang berasal dari-Nya. Maka mendekatlah pada Kristus, bersama dengan Di akita dimampukan mematikan dosa. 

Doa; Tuhan, terpujilah Engkau sampai selama-lamanya. Hanya Engkaulah yang layak dipuji, layak untuk dimuliakan, dan layak untuk disembah. Dari sekarang dan selama-lamanya kami ingin selalu menyembah-Mu, bersekutu dengan-Mu karena kami adalah umat tebusan-Mu. Jadi Tuhan, permintaan kami berdasarkan 2 Timotius 2:22 dan ayat-ayat sebelumnya.

Kami memohon pertolongan-Mu, untuk memampukan kami menjadi seorang hamba Kristus yang mau melayani. Apa pun pekerjaan kami, bawalah kami untuk semakin kuat dalam kasih karunia. Biarlah kami selalu penuh dengan kasih Kristus, mampu merenungkan Injil dan bertobat karena kami setiap hari berdosa dihadapan-Mu. Hanya oleh kasih karunia saya kami telah diselamatkan, maka di dalam kasih ini, kami ingin Kristus dikenal, Kristus disembah dan orang-orang dapat benar-benar mengenal Kristus melalui kehidupan kami. kami dapat memuridkan dan terus menjadi murid Kristus. 

Maka kami sangat membutuhkan kehidupan yang terus menjauhi kejahatan, kami semakin menjauh dari nafsu orang muda. Kami hidup untuk mengejar karakter Kristus, yaitu kasih, keadilan, dan damai sejahtera. Tolong kami, mampukan kami untuk menjadi semakin serupa Kristus saja, karena ini sangat penting bagi kami sekarang, ketika kami telah menjadi hamba Kristus. Soli Deo Gloria. Di dalam nama Yesus kami berdoa. Amin.

Posting Komentar untuk "Renungan 2 Timotius 2:22 Jauhilah Nafsu Orang Muda"

 Klik Gambar di Bawah Untuk Memberikan Persembahan

 

Klik gambar untuk mendapatkan sumber 
daya renungan berpusat pada Injil