Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Renungan Mazmur 37:11 Rendah Hati Mewarisi Negeri

Renungan Mazmur 37:11 Rendah Hati Mewarisi Negeri

Ayat Alkitab Mazmur 37:11

Judul Renungan; Rendah Hati Mewarisi Negeri

Mazmur 37:11 (TB) Tetapi orang-orang yang rendah hati akan mewarisi negeri dan bergembira karena kesejahteraan yang berlimpah-limpah.

Apakah kerendahan hati itu? Saya bertanya-tanya tentang kerendahan hati dan apakah saya memiliki kerendahan hati. Kabar buruknya Allah membenci orang-orang yang tinggi hati, kabar lebih buruknya lagi, Anda dan sayalah orang-orang yang tinggi hati tersebut. Kita adalah orang-orang berdosa yang terjebak dalam segala pemberontakan. Hati kita begitu jahat, jika kita mau mengakuinya.

Tidak ada yang dapat diharapkan dari diri kita sendiri, kita mengira dengan melakukan sedikit kebaikan akan menutup banyaknya kejahatan. Namun fakta yang menyedihkannya juga, bahwa ketika Anda dan saya melakukan sedikit kebaikan tersebut, kita mengira kita telah benar dan hal itulah yang menjadikan kita benar-benar tidak memiliki kerendahan hati. Dengan kata lain kita menjadi tinggi hati. Kebenaran ini menunjukkan betapa Allah kita musuhi, kita tidak menyukai kebenaran Allah, karena kita suka kebenaran diri kita sendiri. Ini adalah tinggi hati.

Daud dengan sangat baik, memberitakan kepada Anda dan saya, buah dari kerendahan hati, ini bukan sekedar kata-kata motivasi yang mengajak kita di kehidupan modern untuk rendah hati. Kita memang harus rendah hati, tetapi bagaimana caranya menjadi seorang yang rendah hati, karena pada dasarnya Anda dan saya adalah orang-orang yang sombong. 

Pertanyaan inilah yang harus dijawab. Mengapa kita perlu rendah hati, bukan semata-mata agar kita mewarisi negeri dan bergembira seperti keinginan duniawi kita. Pada faktanya kerendahan hati berjalan lurus dengan kematian. inilah yang menjadi inti dari pengajaran Kekristenan yang sejati dan Alkitabiah. 

Jika Anda ingin hidup maka Anda harus mati. Jika Anda ingin memiliki kerendahan hati, maka Anda harus mati. Dan segala sesuatu yang baik untuk Anda miliki bukan didapatkan ketika Anda dan saya masih hidup dalam segala kekuatan diri sendiri, dalam segala ke-aku-an kita, melainkan ketika aku telah mati dan hidup dalam kehidupan yang baru berdasarkan kuasa kasih karunia Tuhan.

Jadi bukan Anda dan saya yang rendah hati, melainkan Yesus yang telah merendahkan diri-Nya bahkan mati di atas kayu salib. Agar kita yang percaya kepada-Nya dimatikan bersama dengan Dia dan dihidupkan kembali bersama dengan Dia. kita memiliki hati yang baru, cara berpikir yang baru berdasarkan kasih Yesus, kerendahan Yesus dan kesempurnaan Yesus. 

Kerendahan hati adalah ketika kita melihat betapa kita orang-orang berdosa yang layak binasa. Pada saat yang sama salib Yesus Kristus sangat berharga, sehingga kita bertobat dari dosa dan berlutut di hadapan salib itu, di sanalah semua beban dosa, semua beban tinggi hati diangkat. 

Sehingga meskipun kita dikenal sebagai orang bodoh, itu bukanlah masalah karena memang demikian faktanya. Namun Yesus sangat berharga dan Dia ada di dalam kita. Inilah kerendahan hati, ketika Yesus ada di hati, ketika kita direndahkan itu bukanlah masalah bagi kita, ketika kita tidak diakui itu bukanlah masalah bagi kita, sebab Yesus pun lebih dulu menerima semua itu. 

Menerima warisan kekal

Warisan utama yang Anda dan saya dapatkan adalah iman sebagai pemberian yang sempurna dari Allah, iman kepada Yesus merupakan kasih karunia. Melalui iman kepada Yesuslah kita mendapatkan tempat di mana kita dapat melayani orang-orang bagi Yesus.

Bahwa iman yang sejati, pasti membuahkan kerendahan hati, kita merendahkan hati kita di hadapan Allah dan manusia. Untuk menjangkau manusia bagi Allah sendiri, di mana Anda saat ini berada itulah negeri yang Allah berikan kepada Anda, untuk Anda memberitakan Injil, bersukacita karena Injil, dan terus hidup dalam pertobatan. Karena Injil memberitahukan kepada Anda dengan jelas betapa Anda layak dimurkai tetapi telah dikasihi di dalam kasih Yesus.

Semua teologi Anda haruslah berpusat pada salib Kristus, sebab hanya dengan salib itu saja dosa diampuni. Anda direndahkan sehingga memperoleh kerendahan hati dan mewarisi negeri di mana Anda dapat melayani orang lain, apa pun pekerjaan Anda saat ini. Bukankah ini kabar baik untuk Anda dan saya, ketika kita ada di dalam Yesus, merupakan sukacita dapat melihat orang-orang datang kepada Yesus dan menikmati keindahan Yesus melalui kehidupan kita yang menunjukkan keunggulan Kristus. 

Jadi sekarang, apakah Anda dapat mengerti bahwa warisan Anda adalah Injil Yesus Kristus, Injil yang menjadi pusat dari iman Kristen Anda. Yang dapat Anda wariskan kepada keluarga Anda, orang-orang yang Anda layani. Kerendahan hati, merupakan jalan untuk orang-orang disekitar Anda dapat menerima kasih Yesus, menerima warisan kekal, kehidupan kekal, yang semua itu hanya ketika Anda memiliki Yesus dan mereka yang mengenal Anda pada akhirnya memiliki Yesus melalui kehidupan Anda. ini sangat indah, ini mengesankan, inilah yang harus Anda dan saya kerjakan, mengerjakan negeri warisan kita, untuk kemajuan Injil saja. Soli Deo Gloria. Amin.