Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menangkap Bersama Yesus

Menangkap Bersama Yesus Lukas 51-11 Oleh Lowell Johnson

Menangkap Bersama Yesus Lukas 5:1-11 Oleh Lowell Johnson

Lukas 5:1-11 TB

Pada suatu kali Yesus berdiri di pantai danau Genesaret, sedang orang banyak mengerumuni Dia hendak mendengarkan firman Allah. Ia melihat dua perahu di tepi pantai. Nelayan-nelayannya telah turun dan sedang membasuh jalanya. Ia naik ke dalam salah satu perahu itu, yaitu perahu Simon, dan menyuruh dia supaya menolakkan perahunya sedikit jauh dari pantai. Lalu Ia duduk dan mengajar orang banyak dari atas perahu. Setelah selesai berbicara, Ia berkata kepada Simon: ”Bertolaklah ke tempat yang dalam dan tebarkanlah jalamu untuk menangkap ikan.” Simon menjawab: ”Guru, telah sepanjang malam kami bekerja keras dan kami tidak menangkap apa-apa, tetapi karena Engkau menyuruhnya, aku akan menebarkan jala juga.” Dan setelah mereka melakukannya, mereka menangkap sejumlah besar ikan, sehingga jala mereka mulai koyak. Lalu mereka memberi isyarat kepada teman-temannya di perahu yang lain supaya mereka datang membantunya. Dan mereka itu datang, lalu mereka bersama-sama mengisi kedua perahu itu dengan ikan hingga hampir tenggelam. Ketika Simon Petrus melihat hal itu ia pun tersungkur di depan Yesus dan berkata: ”Tuhan, pergilah dari padaku, karena aku ini seorang berdosa.” Sebab ia dan semua orang yang bersama-sama dengan dia takjub oleh karena banyaknya ikan yang mereka tangkap; demikian juga Yakobus dan Yohanes, anak-anak Zebedeus, yang menjadi teman Simon. Kata Yesus kepada Simon: ”Jangan takut, mulai dari sekarang engkau akan menjala manusia.” Dan sesudah mereka menghela perahu-perahunya ke darat, mereka pun meninggalkan segala sesuatu, lalu mengikut Yesus.

Nelayan memiliki reputasi sebagai pembohong terkenal.

  • Di tempat pangkas rambut ada plakat bertuliskan, “Satu-satunya saat seorang nelayan mengatakan yang sebenarnya adalah ketika dia menyebut nelayan lain sebagai pembohong.”
  • Itu mungkin tidak berlebihan. Seorang nelayan mengatakan dia menangkap ikan yang sangat besar sehingga ketika dia memotretnya, beratnya sebelas pon!
  • Harus saya akui, saya bukan seorang nelayan. Sebagian besar waktu saya pergi memancing, saya hanya menenggelamkan segerombolan cacing, mendonorkan darah ke nyamuk dan pulang dengan tangan kosong.
  • Kisah ikan yang benar: Peter, memancing bersama Yesus, menebarkan jalanya satu kali dan menangkap hampir empat ton ikan.

Saya ingin Anda mengingat sebuah prinsip Alkitab yang penting: Ada sebuah perumpamaan dalam setiap mujizat yang dilakukan Yesus, dan ada mujizat dalam setiap perumpamaan yang Yesus ceritakan.

Dalam mujizat ini, Yesus memanggil Petrus untuk menjadi penjala manusia.

Baca Ayatnya.

Ini adalah yang pertama dari lima mukjizat yang tercatat yang dilakukan Kristus yang melibatkan Laut Galilea.

  • •Laut Galilea disebut dengan tiga nama dalam Perjanjian Baru. Itu disebut Danau Genesaret, Laut Tiberias ( Yohanes 21:1 ), dan Laut Galilea.
  • •Laut ini berukuran sekitar 13 mil kali 7 mil dan Sungai Yordan mengalir melewatinya.

Petrus dan rekan nelayannya – mungkin Yakobus, Yohanes, dan Andreas – telah memancing sepanjang malam dan KJV mengatakan mereka “tidak mengambil apa-apa.” Kata-kata itu berarti, "tidak satu pun." Mereka bahkan tidak memiliki satu ikan pun untuk ditampilkan sepanjang malam memancing. Para nelayan lelah, letih, sedih, dan mungkin dalam suasana hati yang buruk. Lukas menunjukkan bahwa pria-pria itu sekarang sedang ”mencuci jalanya”. Setelah perjalanan memancing, mereka akan membawa jaring 100 kaki mereka ke pantai, mencucinya, memperbaikinya, melipatnya, dan memasukkannya kembali ke dalam perahu agar kering dan dapat digunakan keesokan harinya. Yesus telah mengajar orang-orang. Kerumunan terus bertambah dan Lukas berkata "desak Dia untuk mendengar firman Tuhan." Itu berarti bahwa orang-orang terus semakin dekat dengan Yesus sampai Dia mendapati diri-Nya tertahan di tepi air. 

Saat itulah Yesus melihat dua perahu yang dimiliki Petrus dan rombongannya. Dia bertanya kepada Peter apakah dia bisa meminjam perahunya dan menggunakannya sebagai mimbar apung. Danau bertindak sebagai sound system atau papan suara. Semua bisa mendengar tanpa Yesus meninggikan suara-Nya terlalu banyak. Sekarang Yesus telah selesai mengajar orang banyak, tetapi bukannya kembali ke pantai, Yesus menyuruh Petrus untuk pergi ke air yang dalam. Yesus telah menyelesaikan pengajaran-Nya kepada orang banyak; sekarang Dia akan berurusan dengan Petrus secara pribadi.

Saya ingin Anda melihat pertama-tama:

I. Tugas Lukas 5:4-5

Ingatlah bahwa Petrus dan teman-temannya telah menangkap ikan sepanjang malam dan tidak menangkap apa-apa. Sekarang Tuhan mengirimnya kembali ke tempat yang sama – tempat kegagalan dan ketidaksuburannya.

Terkadang Tuhan mengirim kita kembali ke tempat kegagalan dan ketidakberhasilan kita untuk mengajari kita pelajaran yang Dia ingin kita pelajari.

Ada kebenaran penting di sini: Tuhan sering kali mempersiapkan kita untuk panggilan-Nya dengan mengizinkan kita menanggung kegagalan pribadi. Sampai kita merasakan kebutuhan kita akan Dia, kita tidak akan siap untuk mengikuti Dia.

Mengapa Petrus gagal? Mengapa Tuhan tidak mengizinkan Petrus menangkap ikan pada malam sebelumnya? Ada banyak ikan di laut seperti yang akan kita lihat sebentar lagi.

Petrus gagal karena Tuhan ingin mengajari dia pelajaran yang sangat dibutuhkan: “Tanpa Dia kamu tidak dapat berbuat apa-apa.”

  • Yohanes 15:5 "Di Luar Yesus saya tidak dapat berbuat apa-apa"
  • Filipi 4:13 “Saya dapat melakukan segala sesuatu melalui Kristus yang menguatkan saya.”

Perkataan Yesus kepada Petrus mengandung perintah dan janji.

  • “Launch out into the deep” – perintah.
  • “Tebarkan jala Anda untuk tangkapan (tangkapan ikan yang bagus, hasil tangkapan yang besar) – janji.

Ini bukan seolah-olah Yesus berkata, “Mari kita pergi ke air yang dalam, menebarkan jala, dan kita akan lihat apa yang terjadi.” Yesus menjanjikan bahwa jika Petrus menurut, dia akan menangkap ikan.

Kita dapat belajar beberapa pelajaran berguna dari ini:

1. Tuhan tidak pernah memberikan perintah yang bodoh – karena mereka mungkin terlihat bodoh pada saat itu.

2. Tuhan bermaksud memberkati mereka yang menaati-Nya tanpa ragu-ragu.

3. Mukjizat terbesar Tuhan biasanya membutuhkan kerja sama kita.

Pernahkah Anda melakukan sesuatu yang tidak ingin Anda lakukan – mungkin pekerjaan kotor yang tidak ingin dilakukan siapa pun? Anda mungkin melakukannya karena rasa kewajiban atau tugas atau rasa hormat.

Saya pernah mendengar orang berkata, "Jika hati Anda tidak ada di dalamnya, sebaiknya Anda tidak melakukannya." Itu pemikiran yang salah. Terkadang Anda tidak bisa mempercayai hati Anda. Yeremia 17:9

  • Tuhan akan menghargai kepatuhan Anda jika Anda terus maju dan melakukan apa yang Dia perintahkan untuk Anda lakukan.
  • Kita harus melayani Tuhan dari hati ( Efesus 6:6 ), tetapi ketika hati tidak mau bekerja sama, taatilah Tuhan.

II. Argumen Lukas 5:5-9

Saya telah mendengar banyak khotbah tentang ayat-ayat ini yang membuat Petrus menjadi pahlawan. "Tuhan, kami telah memancing sepanjang malam dan tidak menangkap apa-apa, tetapi atas kata-kata Anda - hanya karena Anda menyuruh saya - saya akan setia dan melakukan apa yang Anda minta untuk saya lakukan." Tapi bukan itu yang terjadi di sini, dan Simon bukanlah pahlawan – apa pun kecuali.

Lihat kembali apa yang Yesus perintahkan kepada Petrus untuk dilakukan: “Tebarkan jalamu” (jamak). Peter berkata, "Aku akan menurunkan JARING."

Petrus mengatakan ini dengan jijik dan sedikit sarkasme: “Saya akan melakukannya, tetapi saya tidak mau. Saya akan patuh, tetapi saya akan melakukannya dengan cara termurah dan termudah yang saya bisa. Jangan mengira aku akan membuka semua jaring yang baru saja kucuci ini. Saya bukan karena toh tidak akan terjadi apa-apa.

Petrus mengatakan ini dengan jijik dan sedikit sarkasme: “Saya akan melakukannya, tetapi saya tidak mau. Saya akan patuh, tetapi saya akan melakukannya dengan cara termurah dan termudah yang saya bisa. Jangan mengira aku akan membuka semua jaring yang baru saja kucuci ini. Saya bukan karena toh tidak akan terjadi apa-apa.

Kata “tuan” dalam ayat 5 bukanlah kata yang biasa digunakan Guru untuk memanggil Yesus sebagai Guru agung; yang memiliki otoritas. Itu adalah kata untuk "kapten kapal" dan sekali lagi diucapkan dengan nada jijik.

Petrus berkata: “Dengar, saya ahli dalam perahu dan memancing. Anda seorang tukang kayu. Apa yang diketahui seorang tukang kayu tentang memancing? Tentang sebanyak yang diketahui seorang nelayan tentang pertukangan!”

  • Ini Waktu yang salah – yang terbaik adalah memancing di malam hari.
  • Itu Tempat yang salah – Anda tidak memancing di air yang dalam, Anda memancing di air yang dangkal.

Inilah poin yang paling menyedihkan dari semuanya: Petrus akan menebarkan hanya satu jaring untuk membuktikan kepada Yesus bahwa dia salah.

  •  "Hanya untuk menegaskan maksud saya, saya akan menurunkan jaring SATU."
  • "Hanya untuk menghiburmu, Tuhan, aku akan menebarkan jaring."
  •  “Maaf, Tuhan, tetapi tidak ada gunanya membuang semua jaring.”

Apa yang akan dilakukan Petrus?

Perhatikan Lukas 5:6-9

Ngomong-ngomong, Tuhan bisa bekerja di tengah keraguan kita, jika kita tetap menaati-Nya.

Petrus mulai menarik jala kembali ke perahu seperti yang dilakukannya sepanjang malam. Tiba-tiba jaring berhenti. Mungkin pikiran pertamanya adalah, “Oh, bagus! Sekarang saya tergantung di atas batu!”

  • Tapi kemudian dia merasakan gerakan ikan berpindah melalui jaring ke tangannya. Selalu ada rasa harapan yang terlibat dalam memancing. Bahkan jika Anda sedang memancing dengan kail, biasanya ada waktu antara saat Anda menangkap ikan dan saat Anda melihat ikannya.
  • Seberapa besar? Jenis apakah itu? Selalu ada unsur kejutan.
  • Peter terus menarik sampai dia bisa melihat ikan – ratusan jumlahnya – ribuan! Jaringnya berada di bawah tekanan seperti itu sampai mulai putus. Dia membutuhkan bantuan. Dengan cepat dia memanggil James dan John dan Andrew. Bersama-sama mereka mengangkut tangkapan besar itu ke dalam dua perahu dan perahu itu hampir tenggelam.
  • Rata-rata perahu nelayan pada hari itu berukuran lebar tujuh setengah kaki dan panjang dua puluh tujuh kaki.

Masing-masing bisa menampung lebih dari dua ton ikan. Itu berarti tangkapannya sekitar empat ton – dengan satu tetes satu jaring!

Tanggapan Petrus mengejutkan. Saya akan mengharapkan Peter untuk mengatakan sesuatu seperti. “Wow, Tuhan, ini luar biasa. Lihat semua ikan ini! Saya ingin Anda berada di perahu saya setiap kali saya pergi memancing.”

Sebaliknya, Petrus berlutut di tumpukan ikan berlendir dan berkata, "Pergilah dariku, Tuhan, karena aku orang berdosa."

Dalam Lukas 5:5 Petrus menyebut Yesus sebagai kapten kapal. Dalam Lukas 5:8 dia menyebut Yesus “tuan”, yang berarti “bos.”

Petrus bertobat! Mengapa? Dia melakukan apa yang diminta Yesus untuk dia lakukan dan hasilnya lebih besar daripada yang dapat dia bayangkan – kecuali bahwa Petrus tahu bahwa hatinya tidak benar dan dia tahu bahwa Yesus juga mengetahuinya.

Dia melakukan apa yang Yesus minta dia lakukan, tetapi dia melakukannya dengan motif yang salah dan hati yang salah.

Petrus berkata, “Pergilah dariku, Tuhan.” Tetapi saya dapat memberi tahu Anda bahwa Petrus bersyukur bahwa Yesus tidak meninggalkannya. Itu akan menghancurkan Peter jika Tuhan telah pergi darinya.

AKU AKU AKU. Analogi Lukas 5:9-10

Peter telah menangkap ikan hidup dan menyaksikan mereka mati. Sekarang, dia akan menangkap orang mati secara rohani dan melihat mereka menjadi hidup!

Ayat itu benar-benar berbunyi, "Kamu akan menangkap manusia hidup-hidup!"

  • Pada Hari Pentakosta dalam Kisah Para Rasul 2 , Petrus melemparkan jaring Injil dan menarik 3.000 orang dari segala ras dan bahasa.
  • Dalam Kisah Para Rasul 10 , Petrus pergi ke rumah Kornelius dan memperkenalkan orang bukan Yahudi kepada Kristus.

Betapa dia menjadi penjala manusia!

IV. Kesetiaan Lukas 5:11

Perhatikan: “Mereka meninggalkan semuanya dan mengikuti Yesus.” Itu berarti Peter dan yang lainnya mengabaikan rekor tangkapan ikan. Berapa harga yang akan mereka turunkan di pasar pertama?

  • Dia meninggalkan perahunya, jalanya, mata pencahariannya, dan mengikuti Yesus ke masa depan yang tidak diketahui.
  • Bagi Petrus itu berarti meninggalkan kehidupan lama. Melepaskan semua yang akan menghalangi perjalanannya dengan Kristus.

Dan dia mengikuti Yesus: Kata “mengikuti” berarti “berjalan di jalan yang sama.” Itulah yang dilakukan seorang murid – dia berjalan di jalan yang sama dengan Yesus.

Dia berada di "Jalan Yesus" dan mengikutinya kemanapun itu mengarah. Tidak ada jaminan, tidak ada kesepakatan, tidak ada janji khusus. Dia hanya berjalan di jalan itu setiap hari, mengikuti jejak Tuhannya.

Jangan takut untuk mengikuti Yesus. Anda hanya akan menyesal bahwa Anda menunggu begitu lama untuk melakukannya. Jika Anda membiarkan diri Anda ditangkap oleh Yesus, Anda tidak akan pernah menyesalinya. Setan juga seorang nelayan. Dia menyebarkan jalanya ke mana-mana.

  • Saat kita terpikat oleh Yesus, kita hidup dan menjadi lebih hidup dari sebelumnya.
  • Jika Anda terpikat oleh Setan, ada rasa sakit, penderitaan, kematian yang kekal.
  • Yesus ingin menyelamatkan Anda dari jaring Setan. 2 Timotius 2:26

Saat kita menangkap ikan, mereka berjuang untuk melepaskan diri. Saya telah melihat bahwa ketika Tuhan mencoba untuk memikat kita. Jangan berjuang. Biarkan Dia menangkapmu. Dia ingin kita menjadi penjala manusia. Allah menangkap mereka; Dia membersihkan mereka.

Posting Komentar untuk "Menangkap Bersama Yesus"