Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Renungan 1 Raja-raja 19:20 Mengikuti Dia

Renungan 1 Raja-raja 19:20 Mengikuti Dia

Ayat Alkitab 1 Raja-raja 19:20

Judul Renungan; Mengikuti Dia 

I Raja-raja 19:20 (TB) Lalu Elisa meninggalkan lembu itu dan berlari mengikuti Elia, katanya: “Biarkanlah aku mencium ayahku dan ibuku dahulu, lalu aku mengikuti engkau.” Jawabnya kepadanya: “Baiklah, pulang dahulu, dan ingatlah apa yang telah kuperbuat kepadamu.”

“Mencoba untuk mengikut Yesus penuh waktu atau setengah hati tidaklah mungkin. Hubungan yang ingin dijalin-Nya menuntut keseluruhan hati Anda. Dan para penggemar tahu bahwa syarat-syarat ini tidak bisa ditawar-tawar lagi. Jadi sebelum Anda berkata, “saya ingin menjadi pengikut,” pastikan Anda tahu berapa besar harga yang harus dibayar.” ~ Keyle Idleman dalam bukunya ‘not a fan’

Anda dan saya, ketika percaya kepada Yesus dan bertobat dari dosa, pada dasarnya dipanggil untuk benar-benar mengikut Yesus. Kita menyerahkan kehidupan kita untuk Dia, karena hidup yang baru memang untuk-Nya dan bagi Dialah segala usaha dan ambisi kita, kita bekerja bersama dengan Dia menuruti perintah-Nya. Dan semua ini dapat kita lihat dari kehidupan Elisa, ketika ia dipanggil untuk menjadi murid Elia.

Elisa kemudian menyembelih lembu, yang untuknya bekerja dan meninggalkan pekerjaannya dan mengikut Elia dalam pelayanannya (I Raja-raja 19:21). Mengikuti Yesus, adalah pengorbanan tanpa akhir, yang terus memandang pengorbanan yang sempurna dari Yesus Kristus. Kita mengikuti Dia dan mendapatkan pengharapan ketika melihat pada salib-Nya. Mengikuti Yesus adalah memberikan kehidupan kita yang kecil bagi rancangan Allah yang besar dan tak terkira itu. 

Mengikuti Yesus, merupakan kepercayaan bahwa Yesus layak menerima seluruh kehidupan Anda dan saya. kita dilayakkan untuk mengikuti Dia dan melakukan rancangan-Nya bagi kemuliaan Allah. mengikuti Yesus berarti mengakui dosa, bertobat dan meninggalkan semua kecenderungan berdosa. Kita mungkin dapat jatuh dalam dosa, namun kita memiliki kuasa untuk tidak tinggal diam di dalam dosa.

Mengikuti Yesus dan melayani seperti yang Ia lakukan dalam pelayanan. Merupakan tindakan yang radikal. Ini adalah kehidupan yang mati bersama-sama dengan Dia. Dan melangkah terus bersama-sama dengan Dia dalam susah mau pun senang. Melakukan apa yang Ia lakukan dan membenci apa yang Ia benci. Kasih Yesus tertuju pada jiwa-jiwa. Pengajaran yang berpusat pada Allah Bapa dan diri-Nya sendiri sebagai model dari apa yang Ia ajarkan. Sebab Dia sendiri Sang Kebenaran. 

Kristus layak menerima semua potensi kita, sebab semua itu dari Dia, marilah kita dengan penuh semangat. Menerima panggilan-Nya. Apa pun pekerjaan kita, kita dipanggil untuk memenuhi amanat-Nya. Yaitu mengabarkan Injil dengan kasih yang berasal dari-Nya, kasih yang berasal dari salib Yesus kristus.

Mengikut Yesus, bertobat dan menyadari betapa besarnya dosa-dosa diri. Atau selamanya kita menjadi orang-orang yang mengaku percaya. Padahal tidak pernah samasekali menginginkan Kristus, kita percaya tanpa menjadi pengikut Dia, kita percaya bahwa Dia Tuhan dan Juruselamat. Tetapi kita tidak pernah menyangkal diri dan memikul salib setiap hari. 

Marilah kita melihat kedalaman diri, marilah kita berdoa untuk mata rohani yang mampu menembus diri sendiri yang berdosa. Dan bertobat, berserah dan melangkahkan kaki kita bersama-sama dengan Yesus, melakukan apa yang Yesus lakukan. Bersama Yesus kita meninggalkan semua hal yang berharga dahulu dan menganggap semua itu sampah dan Yesus satu-satunya yang berharga.

Kasih karunia-Mu, memenuhi aku membawa aku kepada kebenaran yang sejati. Memberikan aku kekuatan untuk melangkahkan kaki bersama-sama dengan Kristus, menikmati kasih karunia, melaksanakan kehendak-Nya dan terus-menerus. Memampukan aku meninggalkan semua hal tentang aku dan mengarahkan hati dan pikiran kepada Kristus dan salib-Nya. Amin.

Posting Komentar untuk "Renungan 1 Raja-raja 19:20 Mengikuti Dia"