Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Renungan Ezra 7:10 Bertekad Untuk Mempelajari Firman TUHAN

Renungan Ezra 7:10 Bertekad Untuk Mempelajari Firman TUHAN

Ayat Alkitab Ezra 7:10

Judul Renungan: Bertekad Untuk Mempelajari Firman TUHAN

Ezra 7:10 (TB) "Sebab Ezra telah bertekad untuk meneliti Taurat TUHAN dan melakukannya serta mengajar ketetapan dan peraturan di antara Israel."

Ezra 7:10 (BIMK) Ezra telah mencurahkan segala perhatiannya kepada penyelidikan Hukum TUHAN, untuk melakukannya serta mengajarkan segala ketentuan dan peraturannya kepada bangsa Israel.

Ezra 7:10 (FAYH) Hal ini disebabkan Ezra telah bertekad untuk mempelajari dan menaati hukum-hukum TUHAN serta mengajarkan hukum-hukum itu kepada bangsa Israel.

Baiklah kita sebagai pengajar (orang-orang yang telah percaya kepada Yesus), dengan tekun meneliti mempelajari Firman Allah lalu dengan tekun melakukannya. Merendahkan diri dan dipenuhi kasih karunia. Baiklah kita sebagai seorang yang telah mengaku percaya meneliti Firman agar kita semakin bertumbuh dan menjadi terang di dalam dunia ini, memberitakan Kristus. Tujuan kita mempelajari firman Tuhan adalah Kristus, kehidupan yang semakin menjadi serupa dengan Kristus.

Tertanam dengan jelas di kepala saya penjelasan dari George Muller (1805-1898). Tentang Bagaimana Alkitab yang dipelajari dengan tekun, mengubahkan sikap hati. Alkitab merupakan berkat terbesar Kekristenan membawa kita untuk semakin berpusat pada Kristus;  

“Kekuatan kehidupan rohani kita sebanding dengan tempat yang diambil oleh Alkitab dalam kehidupan dan pikiran kita. Saya sungguh-sungguh menyatakan ini dari pengalaman lima puluh empat tahun. Tiga tahun pertama setelah pertobatan saya mengabaikan Firman Tuhan. Sejak saya mulai mempelajarinya dengan rajin, berkatnya luar biasa. Saya telah membaca Alkitab sudah ratusan kali, dan selalu dengan sukacita yang bertambah-tambah setiap kali sepertinya buku baru bagi saya. Sungguh luar biasa berkat dari penelaahan Alkitab yang tekun dan tekun setiap hari.“Saya memandang sebagai hari yang hilang, ketika saya tidak memiliki waktu yang baik atas Firman Tuhan.” ~ George Muller (1805-1898)

Kita perlu memiliki tekad yang kuat untuk mempelajari Alkitab, secara rutin membacanya dan mencatat setiap penemuan yang ada di dalam Alkitab. Dengan setiap saat meneliti Firman, memperkenalkan kita pada sifat-sifat Allah, kita dipuaskan oleh kemuliaan Allah yang memberikan sukacita sejati. 

Firman merupakan pelita bagi jalan kita, garam bagi kehidupan yang sudah mulai hambar dan Firman mendidik kita sehingga kita hidup dalam kebenaran dan menemukan Sang Kebenaran yaitu Yesus Kristus. Saudaraku bacalah Alkitab Anda, jangan biarkan berdebu dan tanpa coretan sedikitpun di Alkitab Anda. Melalui Alkitab yang kita baca dan renungkan kita semakin bertumbuh ke arah Kristus, kita semakin mengerti betapa kehidupan kita hari ini hanya oleh kasih karunia.

Menemukan kebenaran sejati, dari kehidupan Yesus Kristus, segala hikmat Allah yang ada di dalam Kristus. Hanya kita dapatkan ketika kita mempelajari Alkitab. Memberikan diri menjadi hamba Kristus, berarti siap untuk semakin mengenal Dia. Tidak ada cara lain untuk semakin bertumbuh di dalam Yesus, selain mempelajari Alkitab setiap hari bahkan merenungkannya setiap saat. Anda akan menemukan berkat terbesar dari Alkitab yang memberitakan Injil kepada Anda setiap hari. Anda akan memiliki hati yang berkobar-kobar ketika Alkitab Anda benar-benar Anda pelajari.

Firman itu akan mengajarkan kita, akan jalan-jalan yang harus ditempuh sesuai dengan rancangan Allah bagi kita. Firman akan membawa kita kepada kesalahan kita, sehingga bertobat. Dan oleh Roh Kudus kita dimampukan untuk memperbaiki diri karena Firman yang menegur. Firman mendidik kita, di dalam Kristus, kita semakin mencintai Kebenaran dan menikmati kemuliaan Yesus untuk memberitakan Dia di dalam dunia yang sedang tersesat saat sekarang ini. AMIN