Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Yesus Versi Tiongkok (Gereja Tuhan yang Maha Kuasa)

Yesus versi Tiongkok

oleh Ethan Christoper

Intagram: https://www.instagram.com/ethanch1/

Sekte/gerakan menyimpang dengan iming-iming Yesus Palsu yang lahir di China. Yaitu, Gereja Tuhan yang Maha Kuasa atau disingkat GTYMK merupakan gerakan menyimpang dalam Kekristenan yang membawa ajaran kedatangan Yesus yang kedua kali ke bumi. Pokok kedatangan Yesus yang kedua kali tersebut untuk kembali ke bumi dengan mengambil rupa seorang wanita beretnis Tionghoa. Walaupun dalam etnis Tionghoa, ajaran baru yang telah dicap Sekte ini telah mendunia. Gerakan ini berisi banyak implikasi Teologis yang begitu sesat untuk ajaran Kristen pada umumnya, seperti contoh perihal Tritunggal, Kristologi, Roh Kudus, Eskatologi/akhir jaman, Keselamatan, dan Implikasi Alkitab. 

Sejarah

Gereja Tuhan yang Maha Kuasa atau disingkat GTYMK merupakan gerakan yang berasal dari RRC pada tahun 1991. Gerakan ini menghasilkan beberapa statement Teologis yang sangat menyimpang bagi ajaran fundamental Kristen. Ajaran fundamental Kristen pada umumnya seperti Tritunggal yang pada sejatinya seluruh umat “Kristen”.

Gerakan ini pertama kali dibawa oleh seorang Wanita yang bernama Yang Xiangbin, dibantu dengan suaminya Zhao Weishan yang mengklaim bahwa Yang Xiangbin adalah sang Ilahi. Yang Xiangbin dan suaminya Zhao Weishan memulai perjalanannya dan menetap di Amerika pada tahun 2000. Mereka mengawasi gerakan ini dari kota New York City, Amerika. Gerakan ini cukup berkembang, dan maraknya banyak orang yang pada akhirnya percaya bahwa Yang Xiangbi merupakan “Kristus Akhir Zaman” dan “Tuhan yang Maha Kuasa”. Yang Xiangbin dipercaya bahwa Allah memakai Yang Xiangbin sebagai Kristus yang datang kedua kali ke Dunia untuk menyelesaikan misinya. 

Yang ada dalam Aliran ini

Pastinya dalam aliran ini, sangat menentang kepada Alkitab. Jika Dinamis, mereka menganggap bahwa Alkitab tidak sepenuhnya inspirasi Allah. Jika Mekanis, Alkitab sepenuhnya Inspirasi Allah, baik dari penulis hingga kisahnya.  Namun, dengan kejinya Aliran ini tidaklah sama sekali menganggap Alkitab sebagai Inspirasi Allah. Mereka menganggap bahwa Alkitab hanyalah sebuah dokumen yang telah “Kadaluarsa”, sehingga kedatangan Yang Xiangbin dianggap sebagai pembaharuan dari Kitab tersebut. dalam situs https://id.easternlightning.org/ atau dikenal Situs Kilat dari Timur, mereka berkata “Itu hanya sebuah rekaman bersejarah tentang karya Allah, dan kesaksian bagi kedua tahap karya Allah yang sudah lewat, dan tidak memberi pengertian tentang pekerjaan Allah”.  

Perbandingan Teologis

Sekte tetaplah Sekte, bahwa Aliran ini sama sekali melawan dari Alkitab. Alkitab dicopot dari sebagai Inspirasi Allah, sehingga Alkitab bukanlah lagi murni. Meskipun begitu, mari melihat lagi aliran ini dari perspektif lainya dan hal tersebut bisa dibuktikan dari beberapa topik sistematika dari teologi pada umumnya. Sistematika teologi yang dimaksud seperti Tritunggal, Kristologi, Roh Kudus, Eskatologi/akhir jaman, Keselamatan, dan Implikasi Alkitab.

Keselamatan

Karya keselamatan Kristus yang dipahami dan sesuai Alkitab adalah, bahwa Yesus mati untuk menebus dosa manusia, serta menyelamatkan umatnya yang tepilih dan percaya kepada Yesus itu sendiri. Lalu statement yang lainnya adalah, bahwa Karya Keselamatan Yesus sepenuhnya telah baik dan benar, serta membawa manusia yang percaya akan selamat sesudah kematiannya. 

Namun, di ajaran yang satu ini, lain sekali bahwa mereka menyatakan Fermale Christ adalah keselamatan sesungguhnya. GTYMK mempunyai statement berdasarkan sejarahnya, bahwa Yang Xiangbin diklaim sangat Ilahi dan mampu menyelamatkan, serta menyempurnakan Karya Keselamatan Yesus yang ada di Alkitab. 

Tritunggal

Tritunggal yang ada pada ajaran Kristen pada umumnya adalah, bahwa Alkitab mempercayai manifestasi Allah dalam 3 Wujud yang pada dasarnya masih dalam satu hakikat. Ada banyak ayat Alkitab yang memaparkan akan ketigaan dalam satu perwujudan Allah, seperti contoh yang paling utama terdapat dalam Matius 28:19 yang berbunyi:

“Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus, dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu.”

Pada hakikatnya, Karakteristik ini khusus untuk setiap Pribadi dalam Tritunggal Maha Kudus, kita dapat mengatakan Bapa adalah Allah, Anak adalah Allah, Roh Kudus adalah Allah, tetapi Bapa bukan Putra dan Putra bukan Roh Kudus, setiap Pribadi adalah istimewa.  Jelas sekali istilah Bapa, Anak, dan Roh Kudus menjadi pegangan kita dalam memahami perwujudan Allah, sehingga patutlah Tritunggal sebagai ajaran Fundamental wajib dipahami oleh seluruh orang percaya.

Hal ini berbanding terbalik dari aliran “Yesus versi Tiongkok”, bahwa Tritunggal mutlak tidak ada di Alkitab dan merupakan gagasan Konvensional manusia. Modalisme merupakan salah satu sistem pengajaran yang terlihat didalam Sekte ini, bahwa ketiga pribadi tersebut adalah pribadi yang tidak ada hakikatnya sama sekali/Modalisme. Ini sama halnya pengimplikasian Kristen sebagai Politeisme dan ini mutlak salah. 

Kristologi

Pemahaman akan Kristus yang segenap umat percaya ketahui adalah, bahwa Kristus adalah sungguh Allah, dibuktikan dari Yohanes 1:1: “Pada mulanya adalah Firman. Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah.”

Yesus mutlak merupakan perwujudan dari Allah itu sendiri, sehingga secara otentik bahwa Maria dikandung dari Roh Kudus. Kemudian, jelas sekali bahwa kita percaya inkarnasi Kristus merupakan pokok bagaimana Yesus itu sendirilah yang awal dan yang akhir (Wah. 22:13), dan Kristus adalah nubuat yang dimaksud dalam Perjanjian Lama itu sendiri mulai dari kelahiran, hingga kematian dan berakhir pada kebangkitan yang sempurna. 

Berbanding terbalik, dalam pemikiran aliran yang satu ini, Kematian Yesus tidaklah sesuatu yang sempurna, karena mengingat ajaran GTYMK yang menegaskan tubuh jiwa yang sepenuhnya jatuh kedalam dosa, sehingga kematian Yesus dianggap sebagai sia-sia dan tidaklah sepenuhnya sempurna. Kemudian aliran ini mengklaim statement bahwa Yesus hanyalah jelmaan biasa dan penggenapan sesungguhnya terjadi pada zaman ini dengan nama serta wujud yang berbeda, yaitu Tuhan yang Mahakuasa dengan berjenis kelamin Perempuan. 

Roh Kudus

Mari melhat bahwa pekerjaan Roh Kudus masih ada melingkupi segenap Gereja, dan gereja masih mengerjakan tugasnya untuk membimbing orang percaya kedalam kebenaran. Sepatutnya bahwa pekerjaan Roh Kudus masih bekerja sampai sekarang dan menyeluruh terhadap umat Kristen yang telah diberi anugrah untuk menerima Kristus itu sendiri. Pekerjaan Roh Kudus yang tak henti-henti melingkupi seluruh Orang Percaya tersebut telah dikehendaki oleh Allahl, sehingga ia bisa menyelesaikan pekerjaan dan pergumulannya dengan tuntutan Roh Kudus.

Namun, berbeda dengan ajaran yang satu ini bahwa, GTYMK memusatkan pekerjaan Roh Kudus bahwa pekerjaannya hanya dianugrahkan kepada orang yang percaya kepada Tuhan yang Mahakuasa tersebut, serta mengklaim bahwa pekerjaan yang dilakukan oleh Gereja jaman sekarang tidaklah lagi dibantu dan dibimbing oleh Roh Kudus. 

Eskatologi

GTYMK telah beberapa kali memprediksi akan tanda Akhir Jaman, seperti contoh tahun 2012 yang lalu. Tetapi, prediksi tesebut gagal. Meskipun begitu, mereka tetap bersikeras mengklaim bahwa kedatangan Yesus secara diam-diam telah terwujudkan dan Yesus telah berganti rupa menjadi seorang wanita di Tiongkok. Simpelnya adalah, mereka menyatakan cukup percaya kepada Gereja Tuhan yang Maha Kuasa merupakan kunci utama. 

Hal tersebut demikianlah salah, bagaimana kita memahami Yesus yang akan datang kedua kali seperti pencuri/tidak ada yang bisa memprediksi kedatangan Yesus. Kemudian dalam Lukas 21:27 menyatakan bahwa seluruh orang akan melihat Yesus dan bisa menyaksikan kedatangan Yesus yang kedua ke dunia untuk menyelamatkan orang-orang percaya. 

Penyebaran

Penyebaran GTYMK sangat luas, terutama pada situs-situs Online, serta pembukaan Chanel Youtube yang telah diakses oleh jutaan umat. Tetapi tidak juga dalam situs-situs Online, bahkan mereka juga menyamar menjadi Kristen dan diam-diam merekrut anggota. Dari sini patut diketahui bahwa Sekte ini aktif dalam berbagai Media sosial seperti Youtube, Instagram, Facebook, hingga Telepon asing yang sudah diterjemahkan kedalam 28 Bahasa. 

Pusat website mereka bisa diakses di https://id.easternlightning.org/, https://id.kingdomsalvation.org/, https://id.godfootsteps.org/. ada 3Website yang berkembang dengan domain yang berbeda, sehingga memudahkan sekte ini beroperasi untuk merekrut jemaat dan mengambil keuntungan semata. Kemudian, sekte ini juga telah membuat Aplikasi yang bisa diakses lewat Google Play, dengan link  https://play.google.com/store/apps/details?id=org.godfootsteps.thechurchofalmightygod. Satu media sosial yang banyak dipakai oleh seluruh umat di dunia ini adalah, Instagram. GTYMK juga beroprasi di Instagram dengan link https://www.instagram.com/kingdomsalvation.id/. 

Bisa dikelompokkan cara GTYMK mencari pengikut baru dengan 5 strategi yang telah dirumuskan.  Strategi tersebut sebagai berikut:

1. Penginjilan Berkeliling, dimana mereka berkeliling untuk mencari dan merekrut jemaat dari tempat tinggal mereka masing-masing. 

2. Menyamar menjadi Kristen, mereka masuk ke Gereja (lebih dominan ke gereja yang tidak/belum resmi) dan kemudian mereka menjadi teman baik dan merekrut calon jemaat mereka tersebut. 

3. Bersaksi, mereka berkeliling dan memberi kesaksian kepada orang lain akan paham dari Sekte ini. 

4. Pemaksaan, adapun dari aliran ini yang juga membuat sebuah pengaruh kasar, seperti pemaksaan, penyucian otak, narkoba, seks bebas, dan berujung pada pengancaman pembunuhan

5. Media Sosial, seperti yang telah dipahami sebelumnya, sekte ini juga eksis di berbagai media sosial dengan konten yang humanis. 

Kasus Pengancaman & Pembunuhan

Kasus pengancaman pembunuhan yang terjadi yang dilakukan oleh Sekte ini telah terjadi. 

“ Lima orang dewasa didakwa atas pembunuhan dalam serangan pada 28 Mei 2014 … Mereka semua adalah anggota Gereja Tuhan Yang Maha Kuasa, menurut pernyataan kepolisian Zhaoyuan. … Setelah penangkapan tahun lalu, televisi pemerintah mewawancarai salah satu tersangka di sel penjara, dimana ia mengakui pembunuhan namun tidak menyesalinya sama sekali.“

Berita ini dikutip dari berita CNN dengan link https://edition.cnn.com/2014/06/06/world/asia/china-eastern-lightning-killing/index.html, dan bisa terlihat kefanatikan orang-orang tersebut dalam merekrut anggotanya. 

Sekali lagi bisa disimak bahwa, Sekte ini memanglah Sekte, menyimpang dari ajaran yang tidak wajar, serta mematikan. Gerakan ini sangatlah berbahaya, serta patutlah para pembaca mengetahui info ini serta berhati-hati dalam menganut ajaran yang beredar pada jaman ini. 

Kita perlu memahami apa yang menjadi pegangan kita dalam mengimani sang Kristus itu sendiri. Perlu pemahaman kritis bagaimana seorang pengikut Kristus memahami Kristus yang benar. Doktrin bukanlah semata-mata menjadi pemecah belah Kekristenan, karena Doktrin itu sendiri dihasilkan dari penalaran dan persepsi manusia. Namun satu hal yang perlu diketahui bahwa ajaran yang benar adalah ajaran yang berlandaskan Alkitab yang sebagai Inspirasi Allah, dan mengakui bahwa Yesus itulah sang Juruslamat yang Mutlak, bukan manusia. 

Daftar Pustaka

  • Got Questions. “Siapakah kelompok di balik Gereja Tuhan yang MahaKuasa?.” www.gotquestions.org/Indonesia/Gereja-Tuhan-yang-MahaKuasa.html (diakses 22 Juli 2021)
  • Siburian, Togardo. Tota Scriptura: Firman Allah Bagi Kita .Bandung: CV. Feniks Muda Sejahtera, 2021.
  • Katekisasi GOKI, “Tritunggal”(diadakan pada 17/07-21).
  • Penelitian oleh Departemen KOM Rayon 3.

Posting Komentar untuk " Yesus Versi Tiongkok (Gereja Tuhan yang Maha Kuasa)"