Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Efesus 1:6 Dikaruniakan-Nya kepada kita Di Dalam Dia yang Dikasihi-Nya

Efesus 1:6 Dikaruniakan-Nya kepada kita Di Dalam Dia yang Dikasihi-Nya

Efesus 1:6 (TB) supaya terpujilah kasih karunia-Nya yang mulia, yang dikaruniakan-Nya kepada kita di dalam Dia, yang dikasihi-Nya.

Betapa besarnya hak kita! Hak yang mencakup bukan hanya atas pembenaran di hadapan Allah, tapi istilah "dikaruniakan" dalam bahasa Yunaninya berarti lebih dari itu. Kita telah menjadi obyek kepuasan ilahi, bahkan kenikmatan ilahi. 

Betapa menakjubkan bahwa kita, ulat, fana, pendosa adanya, dapat menjadi obyek kasih ilahi! Tetapi hanyalah "di dalam Dia yang dikasihi-Nya." Beberapa orang Kristen merasa dikaruniakan dalam pengertian atau pengalaman mereka sendiri. 

Saat semangat mereka terangkat, dan harapan mereka besar, mereka berpikir bahwa Allah telah menerima mereka, karena mereka merasa sangat ditinggikan, sangat berpikiran surgawi, sangat terangkat di atas bumi! Tetapi ketika jiwa mereka berpaut dengan debu, mereka termakan ketakutan bahwa mereka tidak lagi diterima. 

Kalau saja mereka dapat melihat bahwa kesukaan yang membubung tidak meninggikan mereka, dan keremukan hati tidak menjatuhkan mereka dalam pandangan Bapa mereka; melainkan bahwa mereka tetap diterima oleh Satu yang tidak pernah berubah, dalam Satu yang selalu dikasihi Allah, selalu sempurna, selalu tanpa cacat atau kerut atau yang serupa itu (Efesus 5:27); betapa mereka akan lebih berbahagia, dan betapa mereka dapat lebih memuliakan Sang Juruselamat! Maka bersukacitalah dalam ini, hai orang percaya: engkau diterima "di dalam Dia yang dikasihi-Nya." 

Engkau melihat ke dalam dan berkata, "Tidak ada yang dapat diterima di sini!" Tetapi pandanglah kepada Kristus, dan lihatlah bukankah segala sesuatu diterima di sana. Dosamu menyusahkanmu; tetapi Allah telah membuang dosamu ke belakang punggung-Nya, dan engkau diterima oleh Yang Benar. 

Engkau harus bertarung melawan kebusukan, dan bergelut dengan godaan, tetapi engkau telah diterima dalam Dia yang telah mengalahkan kuasa kejahatan. Setan menggoda engkau; kuatkanlah hatimu, setan tidak dapat menghancurkan engkau, karena engkau telah diterima di dalam Dia yang telah menghancurkan kepala Iblis. 

Dengan keyakinan penuh ketahuilah agungnya kedudukanmu. Bahkan jiwa-jiwa yang dimuliakan tidak lebih diterima daripada engkau. Mereka hanya diterima di dalam surga "di dalam Dia yang dikasihi-Nya," dan sedemikian pula engkau bahkan pada saat ini telah diterima di dalam Kristus.

____________________

Dalam versi KJV yang dipakai oleh Spurgeon, ayat hari ini terbaca, “[...] wherein he hath made us accepted in the beloved,” secara kasar “[...] di mana dia telah membuat kita diterima di dalam Dia yang dikasihi-Nya.”

RENUNGAN PAGI (diterjemahkan dari Morning and Evening: Daily Readings, Charles H. Spurgeon).

Isi renungan ini bebas untuk disalin dan disebarluaskan.