Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Filemon 1:2 Jemaat Di Rumahmu

Filemon 1 2 Jemaat Di Rumahmu

Filemon 1:2 (TB) dan kepada Apfia saudara perempuan kita dan kepada Arkhipus, teman seperjuangan kita dan kepada jemaat di rumahmu 

"Jemaat di rumahmu." (Filemon 1:2) [1] Apakah ada Gereja di rumah ini? Apakah orang tua, anak-anak, teman-teman, para pembantu, semua merupakan anggotanya? atau beberapa masih belum bertobat? Mari kita diam sejenak dan balik pertanyaan tadi—Apakah saya anggota Gereja rumah ini? 

Betapa hati ayah melompat dengan suka cita, dan mata ibu mengalirkan air mata kudus jika yang tertua sampai termuda semuanya diselamatkan! Mari kita berdoa untuk rahmat yang besar ini hingga Tuhan memberikannya kepada kita. 

Mungkin objek pengharapan Filemon yang paling diinginkannya adalah agar seisi rumahnya diselamatkan; tapi hal itu pada awalnya tidak diberikan kepadanya secara utuh. Dia memiliki hamba yang jahat, Onesimus, yang setelah bersalah kepada Filemon, lari dari pekerjaannya. Doa tuannya mengikutinya, dan akhirnya, sesuai kehendak Allah, Onesimus dipimpin untuk mendengar Paulus berkhotbah; hatinya tersentuh, dan dia kembali ke Filemon, dan bukan hanya untuk menjadi hamba yang setia, tapi sebagai saudara tercinta, menambahkan seorang anggota lagi kepada Gereja di rumah Filemon. 

Apakah ada seorang pembantu yang belum bertobat atau anak yang tidak hadir pagi ini? Mari membuat permohonan khusus agar, saat mereka kembali pulang ke rumah, hati semua orang bersuka dengan kabar baik tentang apa yang sudah diperbuat oleh kasih karunia! Adakah yang hadir pagi ini? Hendaklah dia turut mengambil bagian dalam permohonan yang sungguh-sungguh ini.

Jika ada Gereja semacam itu di rumah kita, mari kita mengaturnya dengan baik, dan membiasakan semua perilaku terjadi seperti di depan penglihatan Allah. Mari kita bergerak dalam urusan kehidupan sehari-hari dengan kesucian, ketekunan, kebaikan, dan integritas yang sudah dipelajari. 

Lebih banyak yang dituntut dari sebuah Gereja daripada rumah tangga biasa; oleh karena itu, ibadah keluarga harus lebih sungguh dan murni; kasih internal harus lebih hangat dan tak terputus, dan perilaku eksternal harus lebih disucikan dan menyerupai Kristus. 

Kita tidak perlu khawatir bahwa sedikitnya jumlah kita akan membuat kita tidak terdaftar dalam daftar Gereja, karena gereja keluarga sudah didaftarkan Roh Kudus dalam kitab kenangan yang diinspirasikan-Nya. 

Sebagai salah satu Gereja mari kita sekarang mendekat kepada Sang Kepala Gereja universal yang esa, dan marilah kita memohon kepada-Nya untuk memberi kita kasih karunia untuk bercahaya di hadapan orang-orang bagi kemuliaan nama-Nya.

____________________

[1] Versi Bahasa Inggris untuk jemaat adalah church, yaitu gereja.

RENUNGAN PAGI (diterjemahkan dari Morning and Evening: Daily Readings, Charles H. Spurgeon).

Isi renungan ini bebas untuk disalin dan disebarluaskan.