Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Renungan Kristen Terbaru 2024

Renungan Kristen Terbaru 2024

1. Kasih Karunia yang Menyertai

1 Tesalonika 1:1 (TB) Dari Paulus, Silwanus dan Timotius kepada jemaat orang-orang Tesalonika yang di dalam Allah Bapa dan di dalam Tuhan Yesus Kristus. Kasih karunia dan damai sejahtera menyertai kamu.

Tidak peduli dengan apa saja persoalan Anda sekarang, tidak peduli dengan apa yang sedang Anda rasakan. Dan tidak peduli dengan segala masalah yang Anda hadapi. Saya tidak ingin semua persoalan dunia yang tidak untuk kemajuan Injil menghalangi saya memberitakan Injil kepada Anda melalui renungan yang saya tulis.

Saya mengajak Anda untuk menyadari bahwa Anda membutuhkan Injil, musuh terbesar Anda adalah perbudakan dosa yang ingin Anda binasa. Sehingga Anda melupakan Kristus dan mentuhankan kenyamanan, kesukaan yang sia-sia, dan segala hal yang Anda anggap baik ketika kehidupan Anda tanpa pergumulan.

Paulus kembali mengajarkan kita, melalui suratnya kepada jemaat Tesalonika. Ia mengawali suratnya dengan peneguhan bahwa mereka jemaat Tesalonika ada di dalam Allah Bapa. Hal ini bisa terjadi ketika mereka percaya kepada Kristus, memikirkan Kristus, dan terus menikmati Injil dalam kehidupan mereka hari lepas hari.

Mereka tidak fokus pada masalah hidup yang tidak untuk kemajuan Injil. Mereka fokus pada kehidupan, yang dipenuhi kasih karunia Kristus. Kehidupan yang menikmati setiap damai sejahtera dari Kristus dan hidup hanya untuk menjadi pemberita Kristus, bagi kehidupan. Orang-orang yang telah mengerti akar dari segala kebutuhan yaitu Kristus, akan selalu aktif untuk penyelesaian masalah dengan mata yang berpusat pada Kristus.

Baiklah Anda dan saya, memiliki hati Kristus, mematikan hati dan pikiran yang sia-sia. Semua hal yang tidak untuk kemajuan Injil dan pemuridan baiklah itu dibuang jauh-jauh dari pikiran. Ada sukacita sorga, ketika Injil menjadi gaya hidup. Ketika Injil yang memberikan damai  sejahtera, itu tertanam kuat di hati.

Sehingga sama seperti Paulus, Silwanus, dan Timotius hidup hanya untuk pemberita Injil. Apapun pekerjaan Anda dan saya baiklah kasih karunia, sukacita di dalam Injil penuh atas diri kita dan kita berjuang setiap hari untuk ini dan membawanya kepada sesama kita sebagai wujud kasih kita seperti kasih kepada diri sendiri Roh Kudus memampukan. AMIN

2. Sukacita atas petumbuhan iman

1 Tesalonika 1:2-4 (TB) Kami selalu mengucap syukur kepada Allah karena kamu semua dan menyebut kamu dalam doa kami. Sebab kami selalu mengingat pekerjaan imanmu, usaha kasihmu dan ketekunan pengharapanmu kepada Tuhan kita Yesus Kristus di hadapan Allah dan Bapa kita. Dan kami tahu hai saudara-saudara yang dikasihi Allah, bahwa Ia telah memilih kamu.

Surat Paulus kepada jemaat Tesalonika, merupakan surat yang sangat mesra antara pelayan Kristus yaitu Paulus dan kawan-kawannya dan yang dilayani yaitu jemaat Tesalonika. Bagaimana tidak, jemaat ini merupakan jemaat yang bertumbuh dalam iman mereka kepada Kristus. Kitab Tesalonika merupakan, salah satu surat Paulus yang ia tulis tanpa adanya permasalahan di dalam jemaat penerima surat.

Surat ini merupakan peneguhan kepada jemaat Tesalonika untuk lebih lagi hidup dalam iman dan pengharapan kepada Allah di dalam Kristus. Saudaraku tidak ada yang lebih menyukakan selain hal ini, jika saja saya dapat mengetahui bahwa ketika Anda membaca tulisan saya, Anda dapat bertumbuh dalam pengenalan akan Kristus. Hal itu akan sangat membuat saya bersukacita, tetapi baiklah saya sendiri bertumbuh melalui apa yang saya tulis dan Anda kiranya bertumbuh. Karena inilah kehendak Allah atas kehidupan Anda dan saya.

Tidak ada pengharapan yang lebih lagi, diluar Injil Yesus Kristus, tidak ada kesukaan yang lebih dari pada orang-orang yang bertobat dan secara radikal menyerahkan diri mereka kepada kehendak Kristus. Inilah yang menjadi sukacita Paulus, saya ikut bersukacita karena hal ini.

Semua pertumbuhan, semua sukacita ini, semua kesukaan ini, tidak lepas dari penderitaan yang Kristus telah kerjakan bagi Anda dan saya. Inilah pusat dari pemberitaan Paulus. Yaitu Injil Yesus Kristus. Baiklah kita tidak terlena oleh kecantikan dunia ini, tetapi kita benar-benar jatuh hati pada keindahan karya salib Yesus Kristus.

Salib memberikan kepada kita gambaran utuh dari kesetiaan Allah, kemuliaan-Nya dan kebesaran keadilan dan kekudusan-Nya. Pada saat yang sama salib membawa  Anda dan saya bertobat untuk melihat betapa buruknya kita, betapa bejatnya kita, betapa tidak layaknya kita. Baiklah kita berlutut dan berdoa dengan ketakutan dan kekaguman kepada Kristus.

Kita dimampukan untuk bertekun di dalam Yesus untuk kemajuaan pemberitaan Injil. Kita selalu memiliki iman yang benar untuk kemuliaan Allah. Kita dimampukan untuk benar-benar mengerti dan menikmati sukacita yang ada di dalam Kristus dan tidak berdasarkan keadaan dunia yang fana tetapi berdasarkan kasih karunia yang ada di dalam Kristus. Roh Kudus memampukan kita semua. AMIN

3. Di Mana Injil disampaikan, Roh Kudus bekerja

1 Tesalonika 1:5-6 (TB) Sebab Injil yang kami beritakan bukan disampaikan kepada kamu dengan kata-kata saja, tetapi juga dengan kekuatan oleh Roh Kudus dan dengan suatu kepastian yang kokoh. Memang kamu tahu, bagaimana kami bekerja di antara kamu oleh karena kamu. Dan kamu telah menjadi penurut kami dan penurut Tuhan; dalam penindasan yang berat kamu telah menerima firman itu dengan sukacita yang dikerjakan ole Roh Kudus.

Salah satu alasan saya selalu menuliskan Injil, merenungkan Injil dan memberitakan Injil ketika bertemu dengan kawan seiman dan yang tidak seiman. Karena saya percaya dan yakin bahwa ketika Injil yang disampaikan. Roh Kudus dengan penuh kuasa akan membawa Injil itu ke dalam hati setiap orang yang mendengarnya.

Tidak ada yang lebih baik dari pada Injil, mungkin setiap hal praktis yang kita ketahui dari apa yang kita pelajari itu baik. Tetapi hati yang tidak tunduk kepada Kristus oleh karena Injil. Maka semua hal praktis yang kita terapkan sia-sia. Kita tidak akan benar-benar bisa menikmati kekekalan yang hati kita rindukan, yang jiwa kita inginkan.

Paulus sangat mengerti bahwa jemaat Tesalonika, ketika tanpa Kristus adalah orang mati. Ketika saya hidup berdasarkan motivasi, inspirasi dan saya berusaha menerapkan hal-hal praktis, saya berhasil karenanya, saya dapat sukses karenanya. Saya dapat berpura-pura menyimpan teriakan jiwa saya yang merindukan hal yang lebih tinggi yaitu Kristus. Oleh karena segala kesuksesan fana, semuanya dapat terlihat baik-baik saja tetapi saya dalam kematian kekal.

Saya tidak di dalam Kristus, saya tetaplah mayat yang diperbudak oleh dosa. Maka dari itu saya bersukacita ketika mendapati diri saya telah menerima Injil dan diberikan kekuatan untuk percaya dan terus berproses mengerti Injil secara utuh sampai saya bertemu Sang Injil di kekekalan nanti, mungkin 60  tahun lagi.

Bagaimana dengan Anda, masihkah Anda cinta pada apa yang ada di dalam dunia. Masihkah Anda mengabaikan Kristus dan pemberitaan Injil dan terus hidup berdasarkan perbuatan praktis untuk kepuasan fana yang bukan untuk itu Anda sebenarnya diciptakan. Saya membawa Anda pada pengertian dalam akan pribadi Kristus, melalui surat Paulus, kita mendapatkan gambaran dari sukacita yang  ada di dalam Kristus walau dalam penganiayaan.

Kristus Sang Air kehidupan, saat ini, sekarang ini mengajak Anda untuk minum Air dari-Nya. Sama seperti undangan kepada wanita Samaria yang adalah pendosa. Begitu juga undangan kepada Anda dan saya yang juga pendosa. Untuk menerima Air itu dengan sukacita. Ooooo Roh Kudus bekerjalah dalam hati kami, biarlah hati kami menerima Air kehidupan ini, dan kami dapat puas karena-Nya. AMIN

4. Sukacita Karena Sistem Nilai yang Kekal

1 Tesalonika 1:7-8 (TB) sehingga kamu telah menjadi teladan untuk semua orang yang percaya di wilayah Makedonia dan Akhaya. Karena dari antara kamu firman Tuhan bergema bukan hanya di Makedonia dan Akhaya saja, tetapi di semua tempat telah tersiar tentang imanmu  kepada Allah, sehingga kami tidak usah mengatakan apa-apa tentang hal itu.

Iman yang bertumbuh dalam penderitaan dan persoalan, merupakan kekuatan yang berasal dari Allah untuk tetap menjadi pemberita firman. Pada ayat sebelumnya Paulus menjelaskan bahwa jemaat Tesalonika telah menerima Firman dengan sukacita, meskipun dalam penindasan.

Merupakan keistimewaan di dalam Kristus, tetap kuat dan tidak akan bisa digoncangkan oleh penderitaan. Justru Injil tersampaikan dalam penderitaan, Kemuliaan Allah semakin nyata. Allah tidak akan diam, Allah akan membalas semua penderitaan yang telah kita alami, oleh siapa kita telah menderita Allah tidak akan diam. Tetapi Allah ingin kita tetap murni ketika kita percaya kepada Kristus, kita tetap mengandalkan Kristus.

Paulus bersukacita, bukan karena jemaat Tesalonika bisa hidup enak, mendapatkan banyak berkat fana, bisa keluar negeri, bisa sukses. Bukan ini pusat dari sukacita Paulus, Paulus bersukacita karena jemaat Tesalonika bersukacita saat jemaat Tesalonika hidup dalam Kristus, hidup untuk sebuah tujuan kekal. Berada di dalam sistem nilai kekal.

Semua ini karena Injil yang telah tertanam di hati, ketika Injil telah tertanam dan berakar, maka buah dari semua itu adalah kesetian untuk mengabarkan Injil itu sendiri, Injil yang telah mengubah kehidupan, dari yang tidak berpengharapan menjadi berpengharapan.

Saudaraku, hal yang sangat penting kita renungkan, kita begitu sering mengucap syukur ketika kita mendapatkan hal-hal yang kita inginkan. Untuk memuaskan keinginan kita, kita merindukan segala hal yang dunia ini tawarkan.

Ini semua kesalahan besar, hati kita belum benar-benar mengerti Injil, kita tidak terpikat oleh keindahan Kristus, kita masih buta dan tuli dan mau diperbudak oleh dunia dan segala kerinduannya yang tidak ada habisnya.

Bagaimana tidak keindahan Kristus sangatlah mempengaruhi, jika saja Anda mengerti betapa tidak ada artinya kehidupan Anda tanpa Kristus. Tanpa cita-cita-Nya, tanpa tujuan-Nya, tanpa karya penebusan yang telah Ia kerjakan. Anda dan saya adalah manusia binasa yang tidak sadar, betapa menyedihkan kehidupan yang terlihat indah dengan segala dustanya.

Harapan saya, Anda yang dengan setia membaca setiap renungan yang telah saya tulis. Anda yang sudah dengan setiap memberikan diri Anda untuk membaca tulisan saya yang ada di blog ini, Anda terus diperbaharui, Anda terus dapat mengerti betapa lebarnya, dan luasnya kasih karunia yang ada di dalam Kristus yang dapat Anda nikmati.

Maupun Anda yang baru saya membaca setiap tulisan saya, dan Anda tidak kembali lagi, saya tetap memiliki harapan yang sama. Anda terus hidup dalam pengertian yang dalam akan Injil. Iman Anda dapat dinikmati banyak orang dan Anda terus menikmati kasih karunia yang ada di dalam Kristus.

Kiranya kehidupan Anda berada di dalam sistem nilai kekal dari Kristus sehingga apa yang menjadi tujuan hidup Anda adalah melakukan kehendak Kristus sampai akhir napas Anda, Roh Kudus memampukan kita semua, AMIN.

5. Keselamatan dari murka yang akan datang

1 Tesalonika 1: 9-10 (TB) Sebab mereka sendiri berceritera tentang kami, bagaimana kamu berbalik dari berhala-berhala kepada Allah untuk melayani Allah yang hidup dan yang benar, dan untuk menantikan kedatangan Anak-Nya dari sorga, yang telah dibangkitkan-Nya dari antara orang mati, yaitu Yesus, yang menyelamatkan kita dari murka yang akan datang.

Jika Anda merasa ada berita yang lebih penting dari pada Injil, Anda sesat, Anda lebih baik tidak usah mengaku sebagai orang percaya. Bagaimana mungkin Injil tidak menjadi pusat kehidupan dan seruan kehidupan Anda setiap hari lalu Anda mengaku percaya Kristus.

Saudaraku saya juga orang yang sesat, bahkan sampai hari dimana saya menulis renungan ini, saya memikirkan satu hal yang ada di dalam surat Paulus ini. Yaitu tidak lagi mencintai berhala-berhala, saya ingin benar-benar berbalik dari berhala dan melihat secara jelas keindahan Kristus. Baiklah Anda dan saya menggumulkan hal ini secara serius dan serius lagi.

Kita begitu sering mencintai berhala diri kita, kita bisa berkata, “saya mengasihi Yesus pada saat yang sama kita mencitai kefanaan dan kenikmatannya.  Saya hanya ingin Anda melihat hati Anda, jika Anda marah membaca renungan saya ini, saya bersykur karena Anda telah memperlihatkan kepada diri Anda betapa besarnya berhala diri Anda sendiri, kiranya Anda bertobat!

Begitu juga dengan saya, sejujurnya saya juga marah kepada diri saya, mengapa harus memberitakan kebenaran yang menyakitkan ini, namun ketundukkan kepada Kristus, seruan pertobatan yang seperti Yesus sampaikan. Haruslah saya sampaikan melalui setiap tulisan saya, dengan cara membawa setiap dosa di hati Anda dan saya. Kepermukaan dan kita mengakui semuanya, atau kita melawan dan jatuh dalam kebinasaan

Berbalik sama seperti jemaat Tesalonika, kita meninggalkan semua berhala kita, lalu apa saja berhala itu. Apa pun itu, yang Anda anggap lebih berharga dari Kristus, maka Anda harus bertobat dan berhenti memuliakan hal itu, tidak peduli itu keluarga Anda, pelayanan Anda, benda paling mahal, pekerjaan Anda dan diri Anda sendiri. Anda dan saya harus benar-benar mati atas semua itu, kita harus mengakui semua kecacatan hati kita.

Saya ingin Anda melihat kasih karunia yang melimpah itu, saya rindu kita bersama bertumbuh dan berpenyerahan secara radikal kepada Kristus dan tunduk pada otoritasnya. Inilah satu-satu cara untuk menikmati kekekalan dalam dunia yang fana saat ini, sehingga Anda dan saya dengan sukacita memberitakan kekekalan ini, dan banyak orang melihat buah dari pertobatan kita.

Marilah kita berjuang, untuk tidak dibodohi terus menerus, menerima dusta sih ular tua. Dengan gampang memberikan diri kita kepada dosa. Diperbudak olehnya dan ia menginjak-injak diri kita bahkan kepala kita sehingga kita tidak berdaya.

Jangan salah paham saudaraku, dosa yang saya maksud bukanlah hal-hal yang bersifat Kriminal seperti pembunuhan dan jenis kejahatan yang Nampak jelas. bukan hanya ini, Ini berbicara tentang kejahatan yang ada natur kita, kejahatan yang merupakan kecenderungan kita, kejahatan yang tertanam di hati kita. Tidak peduli kita orang paling agamawi sekalipun dan melayani dengan semangat yang berapi-api, kita harus jujur kepada diri sendiri bahwa kita harus bertobat.

Marilah lihat kepada Kristus, pertobatan kita bukanlah pertobatan buta. Pertobatan kita sama seperti pertobatan jemaat Tesalonika, mereka mengerti Injil, mereka memiliki pengharapan yang jelas akan Injil dalam penderitaan mereka.

Bacalah Alkitab Anda untuk lebih jelas mengerti kebenaran ini, berdoalah secara serius agar Anda mengerti. Ini merupakan pertobatan yang mengarahkan hati kepada Yesus Kristus yang sudah menumpahkan darah-Nya sehingga Anda dan saya terlepas dari murka Allah yang akan datang. Roh Kudus memampukan Anda melihat kebenaran ini dengan mata rohani Anda. AMIN

Posting Komentar untuk "Renungan Kristen Terbaru 2024"