Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Itu Keselamatan Dari Tuhan?


Iman Kristen didasarkan pada pekerjaan Allah yang sempurna di dalam Sejarah kehidupan umat manusia. Bukan manusia yang menghampiri Allah dan menyembah Dia, melainkan Dialah yang datang kepada manusia, menyatakan diri-Nya dan mengikat janji dengan manusia. Sehingga manusia dapat memiliki Persekutuan dengan Dia dan menyembah menyembah Dia.

Itu mengapa alkitab bukanlah buku keberhasilan moralitas seorang manusia, melainkan buku tentang sejuta kegagalan manusia, pemberontakan manusia yang tidak pernah habis. Alkitab adalah buku yang menyatakan, keberhasilan Allah menyatakan kasih setia-Nya, kuasa-Nya, dan kemuliaan-Nya sehingga ketika manusia menyadari kasih Allah yang sejati, pencipta langit dan bumi. Manusia bertobat dan menyerahkan seluruh hidupnya pada kehendak kasih karunia dan rencana Allah. 

Meskipun seiring berjalannya waktu. Alkitab memberitahukan kepada kita kegagalan para tokoh Alkitab mengikut TUHAN namun kesetiaan Allah pada manusia tidak dapat dibatalkan hanya karena kegagalan manusia. Inilah keselamatan yang dari Tuhan, keselamatan yang bukan bergantung pada keberhasilan moralitas dan etika manusia. Namun pada kasih karunia Allah, Dia setia menepati janji-Nya.

Untuk lebih jauh mengerti apa itu keselamatan yang dari Tuhan, mari kita membaca dan merenungkan tulisan Paulus kepada jemaat di Efesus. Paulus menjelaskan bahwa manusia pada dasarnya mati karena mengikut jalan dunia ini, karena manusia taat pada keinginan penguasa angkasa yang membawa manusia masuk ke dalam dan berjalan di jalan kebinasaan kekal. (Efesus 2:1-2)

Kematian inilah yang memisahkan manusia dari Allah yang hidup, manusia tersesat berdasarkan pengetahuan dan hikmatnya sendiri. Sehingga dari kebenaran ini kita bersama-sama menyimpulkan bahwa manusia tidak dapat menyelamatkan diri sendiri, orang mati tidak dapat menyelamatkan dirinya dari kematian. Karena itu setiap manusia yang lahir ke dalam dunia ini membutuhkan keselamatan yang dari TUHAN.

Setelah kita mengerti bahwa kita benar-benar orang berdosa mati di dalam dosa, kita tidak luput dari murka Allah yang kekal. Sekarang kita akan dengan mudah mengerti mengapa kita benar-benar membutuhkan keselamatan yang dari Tuhan. Dan bagaimana Allah bekerja memberikan keselamatan itu kepada kita.

Paulus menyimpulkan dengan sangat indah, bagaimana Allah bekerja memberikan keselamatan kepada kita. Dan inilah keselamatan yang dari Tuhan. Berdasarkan Efesus 2:4-9

Allah yang kaya dengan rahmat, oleh karena kasih-Nya yang besar, yang dilimpahkan-Nya kepada kita, telah menghidupkan kita bersama-sama dengan Kristus, sekalipun kita telah mati oleh kesalahan-kesalahan kita – oleh kasih karunia kamu diselamatkan – dan di dalam Kristus Yesus Ia telah membangkitkan kita juga dan memberikan tempat bersama-sama dengan Dia di sorga, supaya pada masa yang akan datang Ia menunjukkan kepada kita kekayaan kasih karunia-Nya yang melimpah-limpah sesuai dengan kebaikan-Nya terhadap kita dalam Kristus Yesus. Sebab karena kasih karunia kamu diselamatkan oleh iman; itu bukan hasil usahamu, tetapi pemberian Allah, itu bukan hasil pekerjaanmu: jangan ada orang yang memegahkan diri.

Kiranya setiap kita terus merenungkan kebenaran ini, bahwa keselamatan kita bukan berdasarkan pekerjaan kita melainkan pekerjaan Allah melalui Yesus Kristus. Amin.