Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ayat Alkitab Tentang Kesabaran Renungan Saat Teduh Singkat

Kebaikan dan kebenaran yang berasal dari Kristus, memungkinkan dan terus mengajak dan terus menguatkan Anda dan saya untuk dapat menjadi orang-orang yang sabar. Saudaraku, kesabaran/panjang sabar adalah sifat Allah, sehingga setiap janji yang Ia firmankan, tergenapi.

Puncak dari janji Alkitab adalah berita Injil Yesus Kristus, Dia yang disalibkan itu, Dia yang memanggil anak-anak Tuhan untuk beranak cucu secara rohani. Tidak ada yang lebih menyegarkan dan lebih menyenangkan dari hal ini, bahwa Allah turut bekerja untuk mendatangkan kebaikan.

Kesabaran tidaklah mudah, ini bertentangan dengan natur kita yang maunya sendiri, natur kita yang menginginkan hal-hal yang instan. Natur kita yang seringkali melawan Tuhan dan tidak tunduk pada rancangan-Nya. 

Ayat Alkitab tentang kesabaran yang saya sajikan disertai renungan singkat yang memberitakan mengapa harus bersabar, dasar dari kesabaran yang adalah Injil Yesus Kristus. selamat membaca dan selamat merenungkan. 

Saya berdoa, kiranya setiap Injil yang saya tuliskan membawa Anda pada pertobatan dan semakin mencintai Yesus saja sebagai Tuhan dan juruselamat Anda dan satu-satunya pribadi berharga di hati dan pikiran Anda. Amin.

Ayat Alkitab Tentang Kesabaran Renungan Saat Teduh Singkat

1. Sama seperti Tuhan memperlakukan kita

Kolose 3:13 (TB) Sebarlah kamu seorang terhadap yang lain, dan ampunilah seorang terhadap yang  lain apa bila seorang menaruh dendam terhadap yang lain, sama seperti Tuhan mengampuni kamu, kamu perbuatlah demikian.

“Kebaikan dan kebenaran kita, semua itu berdasarkan Injil, kabar baik ini memperbaharui hati, membentuk ulang yang rusak dan memberikan kehangatan kasih. Pada saat inilah kita yang egois, kita yang pendendam akan menjadi penuh kasih dan pengampunan. Semua ini atas dasar kasih karunia dan cara pandang yang benar, yang hanya mengarah kepad salib Kristus.”

2. Kuasa kebaran

Amsal 25:15 (TB) Dengan kesabaran seorang penguasa dapat diyakinkan dan lidah lembut mematahkan tulang.

“Akan selalu ada rasa sakit dibalik kesabaran, inilah realitanya. Akan selalu ada duka dibalik kesabaran dan akan selalu ada kerusakkan yang mendalam dibaliknya. Tetapi tahukan ketika kesabaran disertai kuasa dari Sang Ilahi, ini adalah kesabaran yang penuh hikmat, kesabaran di jalan Tuhan adalah kesabaran yang menyelamatkan, kesabaran yang memikul salib, adalah kesabaran yang ada dalam kuasa Kristus yang telah membebaskan pendosa dari kutuk dosa yang mematikan.”

3. Buah kesabaran

Amsal 19:11 (TB) Akal budi membuat seseorang panjang sabar dan orang itu dipuji karena memaafkan pelanggaran.

“Hikmat sejati adalah Kristus, hanya akal budi yang telah disentuh oleh keindahan dari firman Allah, oleh kasih karunia Yesus Kristuslah. Maka ia mendapatkan satu alasan dan pengharapan yang pasti ketika harus memaafkan dan bersabar. Pondasi dari memaafkan sesama adalah kejujuran pada diri sendiri bahwa saya adalah orang berdosa dan setiap pendosa yang pada dasarnya sama seperti saya, maka ia berhak menerima kasih karunia, kalau-kalau ia juga akan ditangkap oleh kasih Kristus dan bertobat.”

4. Jalan kesabaran

Amsal 16:32 (TB) Orang yang sabar melebihi seorang pahlawan, orang yang menguasai dirinya, melebihi seorang yang merebut kota.

“Berjalan di jalan degan pelita terang, memberikan kekuatan untuk bersabar dalam setiap keadaan, melihat kepada salib, adalah inti dari kekuatan jiwa yang mampu mengasui diri untuk terus hidup di jalan terang yang bertentangan dengan gelapnya nafsu daging dan kerusakkan akibat dosa. Merebut kehidupan, berlari menuju kota mulia di mana Kristus ada di sana, bersukacita di jalan terang firman TUHAN.”

5. Memadamkan amarah pertengkaran

Amsal 15:18 (TB) Sih pemarah membangkitkan pertengkaran, tetapi orang yang sabar memadamkan perbantahan.

“Kesabaran adalah kekauatan untuk kehidupan dalam kedamaian, namun di dalam kasih karunia, kesabaran adalah berjalanan untuk memberitakan kasih Kristus kepada dunia, pada saat inilah kita dapat menemukan bahwa kesabaran Kristus sangat nyata pada saat menghadapi kita orang-orang yang telah berdosa dan seringkali memberontak terhadap Dia.”

6. Kesabaran dan kesalahan

Pengkhotbah 10 : 4 (TB) Jika amarah penguasa menimpa engkau, janganlah meninggalkan tempatmu, karena kesabaran mencegah kesalahan-kesalahan.

“Langkahkan kaki, dalam kehendak yang dikekang oleh kekang yang ringan dari Kristus, kesabaran adalah menantikan kehendak Allah, untuk perjalan baru. Tidak pekerjaan di dunia pada dasarnya adalah milik Allah, ketika seseorang berkata ia seorang Kristen, pengikut Kristus, maka pada saat inilah hidupnya harus selalu menantikan Allah dan rancangan-Nya. Karena langkah dan hikmat manusia akan selalu berlari kepada kebinasaan, jika bukan Tuhan yang mengarahkannya, jalanlah dalam keyakinan kasih karunia dan hiduplah terus di dalam Kristus San penebus.”

7. Menerima firman

1 Tesalonika 2 : 13 (TB) Dan karena itulah kami tidak putus-putusnya mengucap syukur juga kepada Allah, sebab kamu telah menerima firman Allah yang kami beritakan itu bukan sebagai perkataan manusia, tetapi memang sungguh-sungguh demikian – sebagai firman Allah,  yang bekerja juga di dalam kamu yang percaya.

Baca Juga: Renungan harian untuk bulan September 2021

“Ketika firman meresap ke dalam hati dan pikiran, firman itu akan hidup oleh karea kuasa Roh Kudus, orang-orang percaya dimampukan untuk terus menerus bersabar. Ini adalah kesabaran di dalam kasih karunia, kesabaran yang dianugerahkan karena iman kepada Yesus Kristus.”

8. Amarah dan kebodohan

Amsal 20:3 (TB) Terhormatlah seseorang, jika ia menjauhi perbantahan, tetapi setiap orang bodoh membiarkan amarahnya meledak

Berbantah-bantah sudah pasti mempertahankan kemuliaan diri, namun di dalam Yesus, ketika orang percaya dipanggil untuk mengikuti-Nya. Maka sangkallah diri, tidak ada kebenaran di dalam diri yang perlu dipertahankan. Maka yang dilihat hanyalah kasih karunia yang ada karena salib, salib Yesus Kristus, realita ini memberikan pengertian yang utuh, mengapa Kekristenan saya harus bersabar dan tidak meledak dalam amarah yang membawa saya kepada dosa yang pasti tidak memberitakan Kristus kasih karunia-Nya.

9. Panjang sabar

Pengkhobah 7:8 (TB) Akhir suatu hal lebih baik dari pada awalnya. Panjang sabar lebih baik dari pada tinggi hati.

“Panjang sabar adalah sifat Allah, di mana Ia tetap bersabar menantikan pertobatan, merubah manusia yang fana untuk menerima kekekalan di dalam Dia. Hanya melalui kebenaran dan kekudusan Kristus, maka pendosa yang binasa diselamatkan, dijadikan milik Allah sampai pada saatnya bersukacita secara penuh di dalam Kristus, ini adalah pengharapan Kekristenan kita.”

10. Memikirkan kebaikan TUHAN

Mazmur 116:7 (TB) Kembalilah tenang, hai jiwaku, sebab Tuhan telah berbuat baik kepadamu.

Baca Juga:

“memikirkan Injil, Yesus yang telah disalibkan, Ia yang mengantikan diri manusia berdosa untuk ditimpakan kepada-Nya segala hukuman dosa. Yesus diremukkan dan ditindas karena dosa, ini adalah murka kekal Allah Bapa. Sehingga manusia berdosa yang percaya kepada Yesus, beroleh pengharapan sejati yaitu pengampunan dosa, dimampukan untuk bertobat, percaya kepada-Nya dan diubahkan terus menerus untuk semakin serupa dengan Kristus. Inilah Injil, tentang Kristus baiklah kabar ini menenangkan jiwa orang-orang percaya, bahwa mereka aman di dalam gengaman tangan Tuhan yang berkuasa penuh atas kehidupan.

PENUTUP

Alasan utama dari kesabaran Kristen, bukan agar hidup lebih baik, bukan agar kaya, bukan agar Anda dikasihi sesama. Tetapi atas dasar Kristus telah mengampuni, Kristus telah disalibkan dan bangkit untuk memberikan kehidupan yang baru (2 Korintus 5:17). Kasih karunia memberikan kepada Anda berlimpah-limpah pengertian akan Injil yang murni dan memuliakan Allah saja. Amin.

Posting Komentar untuk "Ayat Alkitab Tentang Kesabaran Renungan Saat Teduh Singkat"

 Klik Gambar di Bawah Untuk Memberikan Persembahan

 

Klik gambar untuk mendapatkan sumber 
daya renungan berpusat pada Injil