Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Doa Syafaat Kristen Bagi Gereja Berdasarkan 1 Korintus 2:10; Renungan Singkat Tentang Roh Kudus

Doa Syafaat Kristen Bagi Gereja Berdasarkan 1 Korintus 2 10; Renungan Singkat Tentang Roh Kudus

Renungan tentang Roh Kudus Pribadi Maha Tahu Bagi Gereja Kristus

1 Korintus 2:10 TB Karena kepada kita Allah telah menyatakannya oleh Roh, sebab Roh menyelidiki segala sesuatu, bahkan hal-hal yang tersembunyi dalam diri Allah.

Apa yang sedang Allah kerjakan, semua ini tentang kemuliaan dan keindahan-Nya yang haruslah menjadi cerita utama atas kehidupan manusia, kehidupan Anda dan saya. Ketika kita ada di dalam Kristus, kita menyerahkan kehidupan kita kepada-Nya, mempercayakan hidup kita kepada-Nya dan Dialah yang menjadi pemilik kehidupan. Maka pada saat itulah, kita dapat mengerti bahwa Kristus adalah Tuhan atas semua alam semesta.

Kita hidup berdasarkan pengharapan di mana harapan kita adalah kebodohan bagi dunia. Bagaimana tidak, kita sedang berharap pada manusia yang telah disalibkan. Bahwa ada banyak asumsi tentang apakah Ia bangkit atau pun tidak. Maka dari itu, kita perlu keyakinan yang utuh dan sejati, kita tidak sekedar membutuhkan hikmat manusia yang lamah dan fana dan pada akhirnya manusia akan mati.

Kita membutuhkan kuasa yang jauh lebih besar, kuasa yang ada di luar jangkauan jasmani kita. Sebagai penggenapan dari nats berikut. “Tetapi seperti ada tertulis: “Apa yang tidak pernah dilihat oleh mata, dan tidak pernah didengar oleh telinga, dan yang tidak pernah timbul di dalam hati manusia: semua yang disediakan Allah untuk mereka yang mengasihi Dia.” 1 Korintus 2:9. Dia adalah Roh Kudus.

Kita memiliki Roh Kudus, supaya kita tahu, bahwa Kristus adalah karunia terbesar dari Allah bagi umat manusia. Di dalam Dia ada kehidupan, yang lapar dipuaskan, yang haus mendapatkan kelegaan.

Allah sendiri mau menjadi manusia, Ia menjadi dosa karena dosa-dosa Anda dan saya, Ia mati terhitung sebagai seorang penjahat. Pada waktu itulah semua dosa kita, hukuman dosa ditimpakan kepada Kristus di atas kayu salib. Dia adalah janji yang tidak terpikirkan oleh manusia, Dia adalah kabar yang tidak pernah didengar oleh telinga. Dan Dia tidak akan pernah ada di dalam hati manusia. Tanpa adanya Roh Kudus.

Maka Roh Kudus yang ada di dalam hati manusia, menyelidiki, memangkas, mengajar, mengubahkan, memberikan berbagai pengertian yang sejati dan murni tentang kehadiran Allah. Roh Kudus tahu ketika adanya berhala di dalam hati, ketika manusia menjadikan dirinya adalah tuhan dan berhikmat. Maka Roh Kudus dengan lembut merendahkan kita dan memberikan pengertian kembali akan Injil. Sehingga kita bertobat.

Bahwa kita pendosa layak binasa, hanya oleh kasih karunia yang teramat besar itulah kita selamat dan layak menerima semua kebaikan, kemuliaan, kebenaran, kekudusan dan keindahan Kristus. Dan kita memuliakan Dia, bersukacita di dalam Dia dan akhirnya merasakan bagaimana Dia memberikan pengertian yang sejati untuk semakin mengasihi Allah saja dan menginginkan Dia saja untuk memuliakan Dia setiap waktu.

Di dalam Kristus, Gereja dapat bertumbuh untuk semakin serupa dengan Yesus ketika Roh Kudus menjadi yang utama dalam Gereja, ketika Kristus pusat dari Gereja. Dan kesatuan umat Allah memiliki satu tujuan yaitu memberitakan kasih Allah kepada Dunia, kepada masyarakat sekitar. Bukan menjadi hakim, bukan kebencian pada pendosa, dan benar-benar kasih yang mendidik dan mendisiplinkan dan memberikan kehidupan yang bermakna bagi sekitar.

Melalui renungan dan doa syafaat saya kali ini, saya berdoa untuk Gereja, bukan agar Anda mendapatkan berkat fana. Bukan agar Anda mendapatkan banyak pengetahuan, banyak keahlian dan hidup bagi diri sendiri. Tetapi saya berdoa agar Gereja menjadi bodoh, menjadi sangat sadar betapa lemahnya dirinya, betapa tidak bergunanya Gereja dengan segala kekayaannya ketika dunia tidak dijangkau dengan Injil. Karena kehadiran Gereja di dalam dunia, Gereja yang demikian adalah Gereja yang mandul.

Baca Juga: Renungan Kristen untuk malam hari

Saya akan berdoa agar Gereja bangun dari tidur, untuk sungguh-sungguh kembali kepada kuasa Roh Kudus, sehingga Gereja menjadi semestinya sesuai kehendak Allah. Gereja menjadi berkat bagi masyarakat dan dunia. Mari berdoa bersama-sama dengan saya. Untuk Gereja yang kembali kepada Kristus, untuk Gereja yang dipenuhi kuasa Roh Kudus dan memberitakan Injil, memuridkan dan di atas semua itu ada kasih Kristus yang memuaskan setiap Gereja. Sehingga kasih sejatilah yang Gereja berikan kepada dunia.

Doa Syafaat berdasarkan 1 Korintus Bagi Gereja.

Bagi Gereja

Kristus yang telah menjadi penubus, sehingga Gereja hari ini ada, namun pada realitanya tidak semua Gereja ada benar-benar berpusat pada Injil yang murni dan sejati; tidak semua Gereja dan pemimpin Gereja merelakan jemaat mereka bertumbuh dan keluar untuk menjangkau dunia. 

Tuhan, Engkau adalah Sang Hikmat, Engkau tahu kecacatan kami saat ini sebagai perkumpulan orang yang mengaku percaya kepada-Mu. Ampuni kami, sucikan kami, tolong kami berikan kami pengertian bahwa segala hal yang ada di dalam diri kami sangat-sangat tidak berguna ketika kami tidak menjangkau dunia bagi Kristus Tuhan kami.

Tuhan, sadarkan kami bahwa Kristus adalah Tuhan atas alam semesta, sehingga Yesus tidak akan pernah dibatasi oleh apa pun juga. Yesus tidak akan pernah dapat dihalangi oleh apa pun juga. Tetapi kebebalan hati kami, kasih kami yang dingin, kami yang mementingkan diri sendiri. Hal itu sangat berpengaruh sehingga Injil kasih Kristus tidak sampai kepada dunia yang lemah, lesu dan kesakitan akibat dosa.

Kami yang merasa kami berhikmat dan lebih suka melakukan hal-hal yang bukan pada pemberitaan Injil. Tuhan ampuni kami, sucikan kami dan berikanlah kami kekuatan untuk bangkit dan kembali kepada visi Kristus, perintah Kristus dan janji Kristus akan penyertaan yang nyata dan sejati ketika kami sebagai Gereja datang dengan penuh keyakin, memperjuangkan kasih untuk mengasihi dunia dengan cara memberitakan Kristus kepada Dunia. Memakai setiap sumber daya Gereja untuk memberitakan Injil.

Kami sebagai Gereja, tertidur pulas, karena semua sumber daya kami yang nyaman, karena kami salah mengerti. Bahwa semua sumber daya kami adalah tentang kami, yang hanya duduk diam, yang hanya bernyayi dan kami berkata, kami sedang memuliakan Allah. Kami sebenarnya sedang membohongi diri sendiri. Tuhan ampuni kami yang sesat dan tidak mengindahkan rancangan-Mu melalui Injil yang murni dan sejati.

Tuhan, tolong kami agar kami sadar betapa kami ada dalam kedangkalan untuk memuliakan Engkau, kami enggan untuk menikmati kasih karunia yang lebih besar lagi, kami takut untuk menjangkau karena kami tidak percaya pada penyertaan-Mu. 

Tuhan, pertama-tama aku berdoa untuk pemimpin Gereja yang sejati tetapi saat ini tertidur. Agar bangun dan tidak salah fokus, agar mereka dapat berdiri di atas pengajaran yang benar dan kembali ke Alkitab dan melihat visi Kristus di Alkitab dengan jelas, dengan benar dan berdasarkan penyingkapan kuasa Roh Kudus yang mengajarkan kepada mereka Injil yang murni dan sejati. Dan Injil menjadi hidup dalam kehidupan sehari-hari. 

Tolong kami agar kami sebagai pemimpin Gereja tidak menjadi manusia Agamawi yang bertopeng, tetapi kami hidup dalam masyarakat, sebagaimana adanya kami sebagai pendosa yang terus menjaga diri untuk memuliakan Kristus dan memberitakan Dia saja.

Bawalah kami yang bodoh ini, untuk bersujud di bawah kaki salib Kristus, sehingga kami disadarkan. Betapa hikmat dan kelepasan ada di sana dan kami berkobar-kobar kembali untuk menjadi seseorang yang memberitakan-Mu, melayani-Mu untuk membawa jiwa-jiwa kepada Allah dan di dalam Kristus orang-orang berpenyerahan, medapatkan kasih yang sejati. Untuk kembali menjadi surat yang terbuka bagi dunia.

Aku berdoa bagi jemaat Tuhan, untuk menemukan kebenaran sejati di Alkitab, bahwa perubahan watak untuk mengikut Yesus adalah mutlak harus terjadi. Biarlah jemaat Kristus, ini sadar bahwa tujuan hidup mereka adalah menjadi sama seperti Kristus, dalam kasih, rela berkorban dan memberitakan Injil bahwa menjadikan murid. 

Tuhan, aku bersungguh-sungguh berdoa, agar setiap persoalan di dalam Gereja, seperti orang-orang yang masih cabul, agar mereka bertobat, orang-orang sombong rohani dan cinta dunia. Mereka bertobat dan biarlah Gereja kembali kepada visi yang utama, yaitu karunia Roh Kudus tentang kasih, karena kasih yang terbesar adalah Kristus dan baiklah kami sebagai Kristus-kristus kecil menjadi terang bagi dunia, melakukan yang Yesus lakukan dan membenci dan tidak melakukan yang Yesus tidak lakukan. 

Baca Juga:

Segala kemuliaan, hormat dan kekaguman hati ini hanya bagi Allah saja, bagi Kristus yang disalibkan. Dan bagi Roh Kudus yang dengan lemah lembut menuntun sih Gereja yang keras kepala ini untuk kembali kepada visi Kristus atas Gereja. Di dalam nama Yesus. Amin.

Posting Komentar untuk "Doa Syafaat Kristen Bagi Gereja Berdasarkan 1 Korintus 2:10; Renungan Singkat Tentang Roh Kudus"

 Klik Gambar di Bawah Untuk Memberikan Persembahan

 

Klik gambar untuk mendapatkan sumber 
daya renungan berpusat pada Injil