Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Renungan Doa Pagi Kristen Berdasarkan Hosea 8:1-14 Pengajaran yang Asing Bagi Daging

Renungan Doa Pagi Kristen Berdasarkan Hosea 8:1-14 Pengajaran yang Asing Bagi Daging

Renungan Hosea 8:11-12 Pengajaran yang Asing Bagi Daging

Hosea 8:11-12 (FAYH) Efraim Telah mendirikan mezbah, tetapi bukan untuk menyembah Aku! Mezbah-mezbah iyu adalah mezbah-mezbah dosa! Sekalipun Aku memberikan kepadanya sepuluh ribu hukum, ia akan berkata bahwa hukum-hukum itu bukanlah untuk dia. 

12 (TB) Sekalipun Kutuliskan baginya banyak pengajaran-Ku, itu akan dianggap mereka sebagai sesuatu yang asing.

Kita bekerja, kita berjuang, kita melakukan banyak hal, untuk mendirikan mezbah kehidupan yang lebih baik. Masa depan anak-anak kita jauh lebih penting, sehingga mereka harus bersekolah, nilai bagus harus mereka dapatkan. Mereka harus memiliki keahlian. Tetapi kita mengabaikan yang paling penting yaitu pengenalan akan Allah. Yaa kita mengabaikan hal itu, karena sukses, kehidupan yang mapan telah menjadi tuhan kita dan menjadi tuhan mereka.

Beberapa dari kita lagi, menginginkan seorang anak yang mendiri dan mampu menghasilkan uang untuk kehidupannya. Kita semua  suka kemandirian, membangun kehidupan yang baik, di masa-masa dunia yang terlihat baik-baik saja tanpa adanya perperangan yang membuat frustasi.

  • Tetapi benarkah kehidupan yang sukses, mendiri, memiliki pasangan hidup dan anak-anak yang lucu tujuan kita?
  • Apakah semua pencapian yang kita dapatkan, benar-benar memberikan kepuasan yang sejati bagi diri kita dan keluarga kita?

Saya ingin Anda jujur kepada diri Anda sendiri! Untuk menjawab pertanyaan saya di atas.

Karena berhala di masa sekarang, tidak lagi berbentuk patung yang di mana Anda sujud menyembah dan lalu memberikan sesaji di sana. Maka kita harus melihat lebih jelas, mazbah berhala kita di masa modern saat ini. 

Mezbah di mana Efraim mempersembahkan korban kepada para berhala. Sekarang telah berubah, di masa modern mezbah ini adalah tempat di mana Anda saat ini menghabiskan waktu Anda, kehidupan Anda dan segala hal tentang Anda, diambil oleh kegiatan tersebut. Apa pun itu.

Jika hp Anda menyita waktu Anda, maka itulah Mezbah Anda, yang Anda dirikan dan di mana hampir seluruh kehidupan Anda diberikan ke hp Anda dan segala hal yang ia tawarkan melalui internet yang lancar. Sehingga ketika Anda bermain hp, itu bukan hanya soal kebiasaan, tetapi juga penyembahan berhala modern.

Mungkin Anda mengira, bahwa saya telah terlepas dari berhala. Tidak saudaraku, ketika saya menulis dan itu terpisah dari bagaimana tulisan saya adalah bentuk dari ibadah saya kepada Allah, penyembahan saya kepada Allah dan tulisan sebagai bentuk kekaguman saya terhadap Dia yang berkuasa. Maka saya sedang menyembah berhala.

Karena saya begitu gampang melupakan, bahwa Kristus harus menjadi yang utama. Allah harus dimuliakan melalui setiap kegiatan saya. Walau pun itu, ketika saya bermain hp sekali pun, sehingga benda kecil yang ada digemgaman saya, tidak menjadi pusat perhatian saya, tidak menjadi mezbah penyembahan berhala saya dan saya benar-benar terfokus kepada Kristus, semua ini dimulai dari kedalaman diri yang telah dipenuhi Injil, di mana Roh Kudus bertahta di sana.

Kita harus melihat kedalaman diri kita, melihat mezbah-mezbah kehidupan di mana kita mempersembahkan diri kita, kita menghabiskan waktu, uang kita dan segala sumber daya kita, maka di sanalah kita melaksanakan penyembahan berhala. Dan itu bukan untuk melaksanakan rancangan kekal Allah di dalam  Kristus bagi kemuliaan-Nya. Allah murka terhadap hal demikian baiklah kita bertobat.

Selanjutnya untuk melihat mezbah berhala di dalam diri kita dan kegiatan tersebut adalah penyembahan berhala. Ketika apa yang kita kerjakan, menjadikan kita merasa asing dengan pengajaran Alkitab, dengan hukum-hukum Allah, dengan doktrin yang sejati, dengan teologi yang menguduskan dan dengan kotbah yang menegur dosa dan memberitakan Injil Kristus. 

Sehingga jika ditanya kepada orang Kristen masa kini, bahkan anak-anak yang masih muda, bahkan anak Teologi. Apa itu Injil? Mereka bahkan bingun menjawabnya. Semua ini terjadi, karena berhala modern berbentuk sangat baik, bahkan dalam bentuk sangat rohani. 

Ketika semua pengajaran Kristus yang adalah diri-Nya sendiri menjadi asing bagi kita, kita harus melihat diri kita, kita harus mengoreksi, jangan-jangan selama ini kita sedang melakukan penyembahan berhala modern. 

Entah itu melalui pelayanan kita di gereja, entah itu karena kita kagum kepada pendeta kita lebih dari pada kekaguman kita kepada Kristus, sehingga yang kita pikirkan bukan Kristus tetapi kemuliaan pendeta kita. entah itu gereja kita yang megah dan mewah dan kita tidak mengenal Kristus melalui gereja itu, tidak mengenal Dia dengan benar. 

Ketika semua pengajaran Kristus yang adalah diri-Nya sendiri menjadi asing bagi kita, kita harus melihat diri kita, kita harus mengoreksi, jangan-jangan selama ini kita sedang melakukan penyembahan berhala modern. 

Semua hal yang benar-benar membuat kita merasa asing terhadap ajaran yang sehat dan membuat kita enggan untuk membaca Alkitab pribadi, berdoa pribadi secara rutin dan semakin cinta pada Kristus dan membuat kita tidak mengerti apa itu Injil yang sejati. Maka Anda harus sadar, ada berhala di dalam hati Anda, Anda harus bertobat!

Saudaraku, Yesus yang telah disalibkan itu, memberikan kepada kita pengharapan akan kehidupan yang baru. Kita telah percaya kepada Dia, jadi kita ada di bawah pengajaran Dia, didikan Dia, dan visi-Nya menjadi milik kita untuk dikerjakan, renungkan ini dan kehidupan kita menjadi milik-Nya. 

Baca Juga: Doa pagi berdasarkan Hosea 7

Ketika Yesus mencurahkan darah-Nya, menguduskan kita, membenarkan pendosa. Kita membenci berhala di dalam diri. Karena kita sadar semua itu menjadikan kita tidak mengenal Kristus secara benar.

Saudaraku, di pagi ini saya mengajak Anda melalui renungan ini, berdasarkan Hosea 8, mari kita berdoa untuk kelepasan hati, untuk kepekaan diri akan berhala dan membuang semua berhala itu dan menginginkan Kristus saja dalam keseharian kita dan hidup untuk melakukan kehendak-Nya setiap hari. 

Untuk menutup renungan, injinkan saya menasehati Anda seperti yang Paulus katakan di 1 Korintus 10:31 (TB) Aku menjawab: Jika engkau makan atau jika engkau minum, atau jika engkau melakukan sesuatu yang lain, lakukanlah semuanya itu untuk kemuliaan Allah. Memastikan diri sendiri tidak sedang melakukan penyembahan berhala ketika mengagumi dan melakukan sesuatu. 


Doa Pagi Kristen Berdasarkan Hosea 8:1-14

Aku di dalam segala kelemahan, hanya ingin memuliakan Engkau, ketika merenungkan murka-Mu yang kekal. Tetapi juga kasih-Mu yang kekal, maka layaklah Engkau menerima sujud, syukur dan sembahku. Di dalam Kristus, semua murka-Mu dipadamkan.

Betapa berdosanya aku, karena Kristus menunjukkannya di atas kayu salib, betapa aku harus disalibkan bersama Yesus setiap hari dan setiap saat. Bahwa Kristus haruslah menjadi pusat dari kehidupanku. Tuhan, sucikan aku yang berdosa ini, kuduskan aku yang layak binasa ini, berikan aku kehidupan yang benar-benar baru dan keinginan yang benar seperti keinginan Yesus saja.

Aku berdoa untuk seluruh kehidupan dan kerinduanku. Berhala terdalam di dalam diriku, Kau yang melihat semua itu. Permalukan aku dihadapan Engkau yang kudus, tegur aku secara keras ketika aku melupakan Engkau dan menyembah berhala modern. Tuhan dagingku menginginkan banyak hal, dagingku begitu kuat, ingin memperbudak jiwaku.

Tetapi aku percaya, Kristus jauh lebih berkuasa untuk meremukkan kuasa daging yang membuat aku tidak berdoa. Membuat aku enggan untuk membaca Alkitab dan mempelajarinya. Membuat aku memberontak dan tidak tunduk pada otoritas. Tuhan, mampukan aku untuk mengalahkan kecenderungan ini.

Sekarang, aku datang sebagai orang yang telah dikuduskan bersama Kristus, membuwa setiap jiwa yang ada di dalam hatiku. Nama-nama saudaraku, yang tidak tertulis di dalam do aini, tetapi Engkau mengetahui mereka. Aku berdoa untuk pelayanan mereka, baiklah mereka terus menjadi seseorang yang setia melayani, menjangkau jiwa dan baiklah  mereka juga bertumbuh dengan cara mereka membuang semua berhala di dalam diri mereka.

Tuhan, aku berdoa untuk keluargaku, mereka yang tidak mengerti akan bahayanya berhala modern, maka aku bedoa. Untuk kesegaran Rohani, untuk kehidupan yang semakin hari mencintai firman. Tuhan Roh Kudus-Mulah harapanku yang dapat memberitakan Injil kepada keluargaku ketika aku jauh seperti saat  sekarang ini.

Baca Juga

Aku berdoa untuk dia yang mengasihimu, Engkau saja yang menumbuhkan Dia, Engkau saja yang mengoreksi Dia dan membukakan setiap berhala dirinya dan Dia juga menjadi seseorang yang bertobat, mengasihi jiwa-jiwa dan benar-benar hidup di dalam Engkau dan terus bertumbuh.

Aku berdoa untuk mereka yang aku layani, Roh Kudus, biarlah Engkau bertahta di dalam hati mereka. Biarlah Engkau yang membukakan berhala di dalam hati mereka dan mereka diubahkan dan menjadi seseorang yang benar-benar mengasihi-Mu dan melakukan kehendak-Mu. Di dalam nama Yesus. Amin.

Posting Komentar untuk "Renungan Doa Pagi Kristen Berdasarkan Hosea 8:1-14 Pengajaran yang Asing Bagi Daging"

 Klik Gambar di Bawah Untuk Memberikan Persembahan

 

Klik gambar untuk mendapatkan sumber 
daya renungan berpusat pada Injil