Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Doa Malam Sebelum Tidur Kristen Protestan Berdasarkan Matius 19:22

Doa Malam Sebelum Tidur Kristen Protestan Berdasarkan Matius 1922 Doa Malam Sebelum Tidur Kristen Protestan Berdasarkan Matius 1922

Matius 19:22 (TB) Ketika orang muda itu mendengar perkataan itu, pergilah  ia dengan sedih, sebab banyak hartanya.

Renungan Singkat; Matius 18:22 Panggilan yang radikal

Sebelum saya menuliskan doa, berdasarkan ayat di atas. Saya mengajak Anda merenungkannya dan secara singkat. Saya mengundang Anda untuk memikirkan makna indah di dalam firman yang Allah beritahukan kepada kita melalui Alkitab.

Yesus mengundang kita dengan undangan yang radikal. Melalui panggilan-Nya kepada anak muda kaya, “jual hartamu dan berilah kepada orang miskin dan ikutlah aku.” Yesus juga pernah menjelaskan bahwa kita tidak bisa mengabdi kepada dua tuan. 

Kita tidak dapat berkata bahwa kita cinta Yesus namun di sisi lain kita masih mencintai apa yang ada di dalam dunia. Sudah pasti kita akan mengasihi yang satu dan mengabaikan yang satu. Dan kita pasti mengasihi apa yang ada di dunia, yang terlihat jelas dan menguntungkan kita saat  ini juga.

Melalui renungan ini, saya mengajak, mari bersama-sama untuk melihat apa yang saat ini kita cintai? Dan itu benar-benar menjadikan kita  tidak mengenal Yesus? menjadikan kita tidak pernah benar-benar membaca Alkitab kita dan merenungkan secara mendalam. Membuat kita tidak berdoa dan merusak relasi kita dengan sesama. 

Pada dasarnya rasa cinta pada sesuatu yang ada di dunia, akan menghadirkan ketidakpuasan. Bahkan keangkuhan dan kehidupan yang benar-benar tanpa damai sejahtera yang sejati. apa yang kita cintai dan itu bukan Pribadi Tuhan yang telah disalibkan dan bangkit. Maka selamanya kita hidup dalam Kesia-siaan yang setan berikan.

Maka dari itu, marilah kita lihat diri kita secara jujur mengakui. Betapa kita gagal mengasihi Yesus dan betapa kita saat ini harus merenungkan kembali Injil. Allah yang datang memanggil manusia, melalui Yesus yang disalibkan untuk menebus dosa kita. Di mana kebenaran dan kekudusan hanya berasal dari Yesus yang ditimpakan semua dosa dan hukuman dosa kita.

Panggilan yang sama Yesus beritahukan kepada Anda dan saya, siapa yang ingin menjadi murid-Nya, sangkal diri, pikul Salib dan ikutlah Dia. Semua ini adalah kasih karunia, jika direnungkan kita yang layak binasa dan tanpa Yesus bukan hanya penderitaan daging kita terima. Tapi selama-lamanya kehilangan kemuliaan Tuhan mati dalam dosa dan menerima murka Allah.

Sebaiknya kita sadar, bahwa di dalam Yesus, kita dapat menyangkal diri kita, Roh Kudus memampukan kita dan kasih kita semakin hari semakin tertuju pada Yesus dan sesama kita. Mari kita berdoa, mari bersama-sama kita bergumul dan marilah kita datang kepada Allah melalui doa yang berdasarka Alkitab. 

Di mana Allah ingin kita memberikan keseluruhan cinta kita pada-Nya dan melalui firman ini, kiranya kita bersama-sama memikirkan kembali, bagian-bagian di dalam hidup kita yang belum menjadi milik Tuhan dan masih kita gunakan dengan sia-sia. 

Sekaranglah saatnya kita mengakui hal itu dan meminta rahmat Tuhan, untuk memampukan kita memberikan keseluruhan hidup, setiap hari, setiap saat bergumul. Mari kita berdoa.


Doa berdasarkan Matius 19:22 Mohon kesalehan hidup

Hanya karena kasih karunia, kini kami dapat datang kepada-Mu Tuhan, membawa pergumulan kami dan menyerahkan hidup kami kepada-Mu. Engkau mengasihi kami dengan kasih yang kekal, maka saat ini kami dengan berani meminta pengampunan dari-Mu.

Jika kami dulu datang, dengan kebutaan kami dan merasa bahwa kami orang benar. kini kami datang datang hati yang hancur. Benar-benar sadar, bahwa kami orang berdosa. Tolong kami ya Tuhan, sucikan kami. Sampai selama-lamanya kami membutuhkan anugerah-Mu.

Berikan kepada kami pengertian yang melimpah untuk mengerti kehendak-Mu. Dan ketika kimi mengerti berikan kami kekuatan untuk taat dan berani meninggalkan apa yang kami anggap berharga. Ketika Engkau memintanya dari kami.

Ke dalam tangan penuh cinta dari-Mu, kami menyerahkan seluruh kehidupan kami. Dan ketika kami ditantang oleh-Mu untuk melepaskan apa yang kami kasihi. Mampukan kami dan mampukan kami. Sebab pada dasarnya hati kami sama seperti hati anak muda yang kaya.

Yang mencintai harta kami, mencintai hoby kami dan mencintai segala sesuatu yang itu menjauhkan kami dari hadirat-Mu ya Tuhan. Bawalah kami pada firman-Mu dan secara benar mempelajarinya. Jadikan kami sama seperti Yesus yang telah memberikan diri-Nya secara utuh kepada Allah Bapa bahkan sampai mati disalibkan.

Tuhan ke dalam anugerah-Mu saja, hati dan pikiran kami dibawa. Untuk kami dapat benar-benar semakin mengenal pribadi-Mu yang indah dan menakjubkan. Tanpa pengenalan akan Tuhan yang benar, kami tidak akan mungkin mengasihi-Mu. 

Berikan kami terus kepekaan akan tuntunan Roh Kudus, sehingga kami berjalan di dalam kehendak Allah dan semakin hari semakin membenci setiap dosa. Ya Tuhan, beritahukan kami dosa-dosa kami agar kami malu karena itu dan benar-benar bertobat dari segala dosa yang menyesatkan dan menjadikan kami dari-Mu.

Karena dosalah kami tidak datang kepada-Mu, kami kotor dan najis, kami bobrok dan tidak berguna. Kami  hidup dalam Kesia-siaan belaka. Kami pendosa yang seharusnya binasa, oleh sebab itu tanpa Yesus dengan penuh kesadaran betapa tidak bergunanya hidup kami.

Tuhan berikan kami hikmat untuk melihat mana yang sia-sia dan mana yang bernilai kekal.tolong kami untuk hidup semakin saleh dari hari kehari dan tidak bergantung pada perbuatan baik kami dan menyembongkannya di hadapan-Mu. 

Jika kami lakukan itu, Engkau saja yang mengampuni kami, tegur kami dengan keras di dalam kasih-Mu yang melimpah-limpah.

Sekarang inti dari semua permintaan yang saya renungkan secara pribadi ya Tuhan. Engkau dapat melihat setiap kedalaman hati kami. Hal-hal yang sangat tersembunyi dan itu menjauhkan kami dari kasih-Mu.

Tuhan dengan gentar kami meminta rahmat-Mu. Dengan cahaya Injil, untuk menyinari setiap sudut hidup kami. Permalukan kami karena semua dosa yang tersembunyi itu sehingga kami bertobat. Melihat pada salib sebagai satu-satunya sember harapan kami karena dosa kami sangat mematikan.

Sama seperti anak muda yang cinta hartanya, demikianlah kami harus sadar dan benar-benar melepaskan semua hal yang berharga bagi kami dan mengikut Yesus.

Kami tahu, Engkau memanggil kami dengan panggilan yang sangat radikal dan serius. Untuk menjual semuanya dan mengikuti Engkau. Sekarang seperti anak muda yang dengan jelas Engkau beritahukan untuk menjual hartanya. Beritahukan kami untuk kami dapat menjual apapun dan memberikan hidup kami kepada-Mu.

Tunjukkan dengan jelas, apa yang menjadikan kami tidak benar-benar mencari-Mu. Beritahukan dengan tegas ya Tuhan. Kami milik-Mu, kami ingin benar-benar menjadi milik-Mu dalam kebebasan yang engkau berikan kepada kami orang-orang yang telah Engkau tebus.

Baca Juga:

Jangan biarkan hidup kami sia-sia, mengejal hal fana yang tidak memuliakan-Mu. Jangan biarlah hati dan pikiran kami menikmati hal lain selain kasih-Mu. Bawalah kami lebih dekat lagi kepada-Mu, melalui Firman yang kami renungkan. Biarlah kami semakin mengenal-Mu, mengasihi-Mu dan memberitakan nama-Mu kepada orang-orang yang kami layani.

Tuhan tolong kami, tolong kami, tanpa cahaya Injil kami tersesat dan hidup dalam kesias-siaan. Segala kemuliaan hanaya bagi Allah Tritunggal yang kudus. Di dalam nama Yesus biarkanlah kehendak-Mu saja yang jadi. Amin

Posting Komentar untuk "Doa Malam Sebelum Tidur Kristen Protestan Berdasarkan Matius 19:22"

 Klik Gambar di Bawah Untuk Memberikan Persembahan

 

Klik gambar untuk mendapatkan sumber 
daya renungan berpusat pada Injil